Cerita Motivasi: Cara Mudah dan Asyik Belajar Fisika

buka puasa di paud ar-rahman juli 2014 (44)
suasana belajar dengan senang dan gembira

Belajar seharusnya bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan bagi pengajar dan peserta didik, dimanapun dan kapanpun pelaksanaannya. Namun ada kalanya pengajar memiliki sejumlah kendalan dalam proses penyampaian materi pelajaran di dalam kelas. Kali ini saya membagikan cerita motivasi dari Nanang Roeswandono, salah satu pengajar Fisika di sebuah SMP di Jawa Timur. Cerita beliau merupakan sebuah studi kasus yang sangat inspiratif dan layak direnungkan bersama. Berikut ini ceritanya…

Siang itu selasa, susasana di kelas yang saya huni bersama 38 anak didikku di kelas 8A terasa panas, pengap, sesak rasanya dada ini dirasakan maklum saja aku hari ini mengajar pada jam terahir. Demikinan juga dengan dengan kondisi anak-anak, mereka sepertinya kehabisan energy dan semangat untuk mengikuti pelajaran fisika. Pada hari itu saya sedang menerangkan materi tentang “Getaran dan gelombang” yaitu pengertian gelombang dan macam-macam getaran. Seperti biasa aku mengeluarkan laptop dan sebagian anak-anak membantu mempersiapkan LCD yang ada di kelas.

Mulailah saya membuka pelajaran dengan gaya khas saya, akrab dan bersahabat. Namun itu masih belum dapat mencairkan suasana, tampak beberapa anak menguap dan meletakan kepala di atas bangkunya. Saya mulai menyampaikan SK, dan KD serta tujuan dengan sajianmelalui power point. Saya merasa kalau saat ini anak-anak belum bisa menangkap arti getaran macam-macam getaran. Tak sengaja pandangan saya tertuju pada aktivitas diluar kelas yaitu lapangan basket. Dalam pikiran saya ingin mengajak keluar untuk bermain bola basket,siapa tahu mereka sangat antusias dan bersemangat, ini saya lakukan agar anak senang bergairah.

Pada malam harinya saya mencoba melakukan refleksi tentang kegiatan-kegiatan yang telah saya lakukan sebelumnya. Saya telah mempersiapkan perangkat pembelajaran yang sudah saya revisi sekaligus untuk memberikan yang terbaik pada siswa.

Tiba saatnya saya pagi ini, kamis masuk di kelas 8 A. segala sesuatunya telah saya siapkan silabus, RPP, materi ajar, perangkat evaluasi dan beberapa metode serta pendekatan yang gampang, asyik serta menyenangkan atau gasing. Termasuk bola basket.

Cerita Motivasi: Cara Mudah dan Asyik Belajar Fisika
Cerita Motivasi: Cara Mudah dan Asyik Belajar Fisika

Setelah jam pertama berbunyi, seiring dengan itu semua siswa berdo’a bersama dengan guru pengajar. Karena saya ada jam pertama maka saya ajak siswa untuk mengikuti do’a secara khimad. Setelah berdo’a saya melanjutkan pelajaran yang dua hari lalu sudah saya beri materi getaran. Dengan membawa buku fisika anak-anak saya ajak bermain bola basket, semua anak saya ajak keluar kelas untuk bermain bola sama. Dalam permainan bola basket saya tidak membatasi dalam regu atau kelompok, anak biar bebas bermain basket.

Setelah lima menit semua anak dapat giliran bola untuk memasukan bola di ring, saya kemudian membimbing dan memberi contoh cara memasukan bola di ring basket. Langkah demi langkah saya praktikan dengan urutan sebagai berikut :

Langkah langkah yang saya lakukan pada pembelajaran di luar kelas hari ini meliputi,

  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran
  2. Membuka pembelajaran dengan persepsi berupa brainstorming ke beberapa siswa sebagai pemahaman awal pada materi getaran dan gelombang
  3. Pada kegiatan intinya siswa saya beri aturan belajar dan aturan bermain bola basket
  4. Setelah kegiatan inti saya member evaluasi berupa paper tes
  5. Pada akhir sesi siswa akan saya ajak melakukan refleksi

Pertama bola dipegang di bawa lari dan dipantulpantulkan di lantai sehingga terjadi sentuhan antara bola dengan lantai sentuhan tersebut akan memantul secara berulang-ulang, siswa mengamati terjadinya pantulan secara continue dan bolak balik, sehingga siswa paham tentang arah bola yang terpantul tersebut.

Setelah sebagian siswa mengamati dari pemahaman tadi siswa saya ajak untuk bersama-sama menghitung jumlah pantulan bola, misal salah satu anak dapat memantulkan bola dalam 10 detik terdapat 5 pantulan, maka dapat dipastikan kalau bola melakukan getaran selama 5 pantul, siswa sangat antusias dan bersemangat semua ingin bermain bola dan semuanya ingin melakukan praktek bola basket. Ini yang membuat saya bias bernafas lega. Sehingga pembelajaran fisika menjadi menyenangkan , inovatif, dan kreatif.

Hampir dua jam pelajaran telah berlalu, pada sesi akhir saya ingin mendapat ketuntasan kompetensi, dengan mengadakan tanya jawab, dari beberapa soal yang saya berikan ternyata hamper semua bisa dijawab oleh siswa dengan baik dan benar. Maka dengan senang hati saya mengakhiri pembelajaran fisika ala Gasing “ Gampang, Asyik dan menyenangkan.” Semoga terinspirasi!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

4 thoughts on “Cerita Motivasi: Cara Mudah dan Asyik Belajar Fisika”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *