Mengapa Mahasiswa Seharusnya Rajin Ngeblog? Ayo Cari Tahu!

Gambar Uang Dinar - Apakah Ekonomi Islam berperan sebagai pilihan sistem ekonomi atau memang telah menjadi solusi masalah keuangan dunia
Gambar Uang Dinar – Apakah Ekonomi Islam berperan sebagai pilihan sistem ekonomi atau memang telah menjadi solusi masalah keuangan dunia

Internet adalah bagian yang tak terpisahkan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan dunia akademisi. Saat ini internet telah menjadi salah satu sumber ilmu bagi pelajar dan mahasiswa. Ketika mahasiswa membutuhkan sebuah referensi, internet menyediakan semuanya. Bahasa sederhananya, internet adalah pasar swalayan yang memberikan diskon 100 persen kepada setiap pengunjungnya. Cari info apapun tinggal ketik kata kunci pencarian di kotak pencarian dan tekan enter maka muncul hasil pencarian.

Namun berdasarkan pengamatan saya tidak banyak mahasiswa yang memiliki rutinitas ngeblog secara rutin. Kecuali mereka yang memang sejak awal memiliki ketertarikan pada dunia blogging, kegiatan ngeblog dianggap sebagai hobi sambil lalu yang menghabiskan waktu dan tenaga. Memang benar aktifitas perkuliahan mahasiswa saat ini makin menyita waktu dengan beragam tugas. Itu adalah satu fakta yang sulit ditolak. Namun potensi internet dalam membangun citra masyarakat sebaiknya tetap diperhatikan.

Apa manfaat ngeblog untuk mahasiswa? Yang pertama, blogging adalah media berbagi pengetahuan. Banyak penelitian tidak terpublikasikan dan berakhir di meja perpustakaan. Itulah salaha satu penyebab mengapa ilmuwan Indonesia kurang dikenal di dunia luar. Faktor publikasi menjadi begitu penting untuk menyebarluaskan hasil penelitian di suatu daerah dan bisa dikembangkan untuk penelitian selanjutnya. Publikasi karya tulis dan artikel ilmiah tentunya menggunakan bahasa Inggris supaya lebih mudah dipahami.

Selanjutnya, blogging adalah media membangun personal branding yang ampuh. Dibanding Facebook, blog pribadi lebih berkesan lebih elegan dan akademis, walaupun blog tersebut gratisan. Facebook dikenal sebagai tempat cuap-cuap tanpa aturan yang mengikat. Siapapun dapat bercanda-tawa dengan lepas disana. Sebaliknya blog pribadi berkesan lebih akademis dan memiliki aturan yang lebih baik. Image atau citra yang tercipta dari aktifitas ngeblog adalah bentuk kepercayaan yang mahal harganya.

Sayangnya, para mahasiswa pada umumnya kurang sabar dalam membangun kepercayaan publik. Mereka ingin hasil instan padahal kepercayaan tidak bisa hadir semalam suntuk. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan kawan-kawan mahasiswa membiasakan diri ngeblog sejak sekarang. Dengan berlatih menulis dan berargumen melalui blog, perkembangan pola pikir mahasiswa dapat selalu ditingkatkan karena bahan diskusi blog akan selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Semoga terinspirasi!

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Mengapa Mahasiswa Seharusnya Rajin Ngeblog? Ayo Cari Tahu!”

  1. sewaktu saya mahasiswa dulu, saya memanfaatkan blog untuk mempublikasi tugas2 yang diberikan oleh dosen dan kemudian saya posting ulang di blog saya.
    terkadang isi blog tersebut berupa rangkuman dari berbagai daftar pustaka.
    eh, tau2 pernah ada dosen yang muji waktu ceramah di kelas,, dan rekomend ke ade tingkat.

    benar mas, saya setuju, literatur2 bahasa indonesia yang terkait mata kuliah apa pun di internet masih sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *