Uji Coba Pembelajaran Online untuk Murid SD Menggunakan Zoom Cloud Meeting

Telekonferensi pembina pramuka dan pelatih pramuka Kwarcab Jombang dengan aplikasi Zoom
Telekonferensi pembina pramuka dan pelatih pramuka Kwarcab Jombang dengan aplikasi Zoom

Zoom Cloud Meeting sering digunakan oleh para pengajar sekolah menengah atas selama berlaku kebijakan pembelajaran di rumah (home learning) di masa pandemi. Aplikasi Zoom dianggap mampu mewakili pembelajaran tatap muka untuk pelajar SMA dan SMK yang tidak mungkin dilakukan pada saat wabah virus corona terjadi. Namun siapa sangka Zoom Cloud Meeting juga bisa diterapkan pada metode pembelajaran dalam jaringan (daring) untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Mampukah mereka melakukannya?

Anda jangan terburu under-estimate terhadap kemampuan murid SD jaman sekarang. Secara fisik, pengalaman berjejaring, dan jenjang pendidikan memang mereka masih di bawah kakak-kakak SMK dan SMA. Tapi soal kemampuan beradaptasi terhadap teknologi informasi, mereka tidak bisa dikesampingkan. Lingkungan hidup anak-anak telah dikelilingi oleh beragam piranti elektronik mumpuni. Wajar jika kids jaman now mudah menyerap pembaruan metode pembelajaran berbasis internet.

Penulis telah melakukan dua kali uji coba pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Zoom untuk murid-murid SD. Uji coba pertama dilakukan pada Kamis, 25 Juni 2020 dan diikuti oleh 22 orang siswa SDN Latsari. Uji coba kedua penulis lakukan hari ini Sabtu, 27 Juni 2020 atas dasar kesuksesan uji coba pertama. Para peserta video konferensi mengaku lebih senang belajar dengan video interaksi Zoom daripada harus berkirim video tugas belajar. Alhasil, belajar membaca Al-Quran lewat Zoom hari ini diikuti oleh 32 orang siswa SDN Latsari.

Anak-anak merasakan kebosanan yang hebat pada pekan ini. Mereka telah mengalami masa libur sangat panjang selama tiga bulan terakhir. Jika dicukupkan sampai tanggal 13 Juli 2020 mendatang, genap empat bulan sudah para pelajar di Indonesia tidak melakukan kegiatan tatap muka di sekolah. Kerinduan mereka untuk berinteraksi dengan guru dan sesama teman sekelas jelas terpendam telah lama. Kehadiran video dan audia pada Zoom Cloud Meeting dapat mengurangi kebosana mereka menjadi physical-distancing selama pandemi.

Information overload. Conceptual image of male and female figures with an array of television images that are breaking over them in a wave. This image may represent the concept of information overload, where too much information is provided and it becomes difficult to select what is needed.
Perusahaan keuangan berbasis teknologi kini makin memudahkan transaksi manusia modern.

Persyaratan Belajar Online

Sebelum melakukan pembelajaran secara online menggunakan video Zoom Cloud Meeting, guru harus menginformasikan jadwal meeting kepada grup siswa maupun grup wali murid. Setidaknya butuh waktu paling lambat 24 jam untuk memberitahu wali murid SD terkait jadwal meeting Zoom. Kenapa? Supaya orang tua dan wali murid turut mendukung pembelajaran online ini. Walaupun tidak paham teknologi informasi, setidaknya orang tua dapat mengingatkan anak terkait jadwal belajar daring.

Guru harus membuat peraturan sebelum kegiatan pembelajaran online dengan Zoom dilakukan. Apa saja peraturan yang perlu dibuat. Penulis memberlakukan tiga peraturan utama dalam pembelajaran Zoom.

Pertama, semua siswa harus mematikan suara (mute) selama pembelajaran berlangsung, kecuali siswa yang ditunjuk guru. Ini penting dilakukan untuk menciptakan suasana kondusif selama guru menjelaskan materi dalam video pembelajaran. Jika semua peserta dibiarkan bersuara maka guru akan kesulitan menjelaskan materi dan mengganggu konsentrasi belajar siswa lain.

Kedua, guru dan murid menggunakan pakaian yang rapi dan menutup aurat selama video konferensi berlangsung. Meskipun pembelajaran via Zoom Cloud Meeting dilakukan secara jarak jauh, setiap peserta kegiatan harus tetap berpakaian santun dan berperilaku sopan. Nilai adab perilaku tetap diterapkan dalam kebijakan belajar di masa pandemi secara jarak jauh.

Ketiga, murid dilarang mencoret, mewarnai, merusak, maupun menggangu media gambar yang digunakan saat guru melakukan sharing atau berbagi media. Guru selaku host dapat memberikan teguran kepada peserta video konferensi yang mengganggu kelancaran aktifitas belajar melalui Zoom Cloud Meeting.

5 Rekomendasi Smartphone Dual Kamera Terbaik - Gambar diambil dari TheTechy.com
Meniru kinerja lensa mata… 5 Rekomendasi Smartphone Dual Kamera Terbaik – Gambar diambil dari TheTechy.com

5 Fungsi Zoom Class

Apa saja fitur komunikasi video konferensi Zoom yang bisa digunakan oleh guru, pengajar, pendidik, maupun tutor bimbingan belajar di masa pandemi? Berdasarkan pengalaman penulis selama mengikuti video konferensi Zoom untuk sejumlah dialog pramuka dan uji coba dengan para siswa, setidaknya terdapat 5 (lima) fungsi aplikasi Zoom sebagai media belajar secara online.

1. Absensi Kehadiran Siswa

Guru bertindak sebagai host dalam pembelajaran online menggunakan aplikasi Zoom (Zoom Class). Siswa adalah atendee atau peserta konferensi. Kehadiran siswa dalam Zoom Class dapat dipantau dari daftar nama di participants list. Guru dapat menyapa siswa melalui pesan suara maupun percakapan (chat) di menu pada bagian bawah aplikasi Zoom Cloud Meeting.

2. Belajar Public Speaking

Guru dan murid dapat saling belajar berbicara di depan publik atau public speaking yang baik dan benar. Berbicara tatap muka dengan berbicara melalui video call memiliki karakter tersendiri. Saat Anda berbicara dengan video konferensi, Anda perlu mengatur kalimat saat berbicara, menentukan kecepatan berbicara agar mudah dipahami lawan bicara, bahkan sekaligus mengukur tinggi rendahnya suara Anda.

3. Latihan Olah Vokal

Belajar menggunakan Zoom sama artinya melatih vokal Anda menjadi lebih baik. Anda belajar nada, irama, artikulasi, dan tempo berbicara secara alami. Anda dapat mengukur sendiri kemampuan Anda karena seolah Anda berkata dengan diri sendiri. Anda tidak akan mudah berkata dan menyela pembicaraan orang lain karena setiap meeting memiliki aturan.

4. Berbagi Media Pembelajaran

Seorang guru yang menggunakan Zoom Cloud Meeting dapat berbagi media pembelajaran berupa gambar maupun file materi pembelajaran dalam bentuk pdf. Asyiknya lagi, Zoom Cloud Meeting dilengkapi dengan virtual white board yang dapat berfungsi sebagai papan tulis dan bisa Anda coret untuk menjelaskan sebuah materi.

5. Kuis Interaktif Kelas

Bagian terakhir dari fungsi Zoom Cloud Meeting dalam video pembelajaran adalah Anda dapat menggunakannya untuk kuis interaktif. Pilihlah gambar dan bagikan kepada murid-murid. Suruh mereka menebak nama gambar itu. Akan lebih seru lagi kalau Anda minta mereka menunjukkan benda yang Anda minta dalam kuis. Pasti rame.

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Uji Coba Pembelajaran Online untuk Murid SD Menggunakan Zoom Cloud Meeting”

  1. Guru kreatif selalu cari cara utk menyenangkan murid2nya. Walaupun ia tidak bisa tetapi berusaha untuk mempelajarinya. Kereeen.

  2. Sering yang bagus sekali Pak. Semoga langkah Ini bisa memberikan solusi pembelajaran di rumah bagi anak-anak selamatan demi ini berlangsung di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *