UNHASY (IKAHA) Tebuireng Sekarang Membuka Fakultas Umum

foto kampus unhasy tebuireng jombang
foto kampus unhasy tebuireng jombang

Apa kabar teman-teman blogger Jombang? Apakah kalian pernah jalan-jalan ke daerah Jombang selatan? Kalau kalian memang warga Jombang asli pasti kalian pernah lewat daerah Cukir. Cukir adalah sebuah desa yang makin terkenal sebagai tempat wisata agama di Jombang. Disana ada makam keluarga besar Pondok Pesantren Tebuireng, salah satunya adalah makam Gus Dur. Tapi artikel The Jombang Taste kali ini tidak akan membahas tempat wisata tersebut. Kita akan membahas Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY).

Tahun lalu nama UNHASY belum terlalu ngetop. Masyarakat lebih mengenal UNHASY sebagai IKAHA (Institut Keislaman Hasyim Asy’ari). IKAHA adalah tempat penggodokan guru-guru agama yang berkompeten. Maklumlah, IKAHA adalah salah satu badan amal dari Pondok Pesantren Tebuireng yang menjadi barometer pendidikan salafiyah di Indonesia. Namun sekarang ada yang baru di UNHASY. Sejak Gus Solah menjadi rektor UNHASY, banyak perubahan terjadi. Apa saja itu?

gambar kampus universitas hasyim asyari tebuireng jombang
Lokasi kampus universitas hasyim asyari tebuireng jombang

Sejauh pengamatan saya, perubahan itu dimulai dengan penambahan beberapa program studi pada Fakultas Umum. Kini masyarakat Jombang, dan juga masyarakat Indonesia pada umumnya, bisa mendapatkan pendidikan yang tidak melulu agama di UNHASY Tebuireng. Program studi atau jurusan pada Fakultas Keagamaan dan Fakultas Umum UNHASY secara garis besar dibagi menjadi beberapa program studi, yaitu:

A. Fakultas Syariah

Program Studi Hukum Perdata Islam
Program Studi Ekonomi Islam

B. Fakultas Dakwah
Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam

C. Fakultas Tarbiyah

Program Studi Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Program Studi Pendidikan Guru MI

D. Fakultas Teknik

Program Studi S1 Teknik Mesin
Program Studi S1 Teknik Elektro
Program Studi S1 Teknik Sipil
Program Studi S1 Teknik Industri

E. Fakultas Teknologi Informasi

Program Studi S1 Teknik Informatika
Program Studi S1 Sistem Informasi
Program Studi D3 Manajemen Informatika

F. Fakultas Ekonomi
Program Studi S1 Manajemen
Program Studi S1 Akuntansi
Program Studi S1 Ekonomi Islam

G. Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Ibaratnya nih, melangkah dengan dua kaki akan lebih lancar dan cepat sampai tujuan, serta nggak pincang. Dengan berbekal ilmu agam dan ilmu pengetahuan umum, maka kita diharapkan bisa menjadi orang yang lebih bermanfaat di masyarakat. Kalau Cuma berbekal ilmu agama maka pengetahuan kita akan sempit dan nggak bisa beradaptasi di masyarakat. Sebaliknya, kalau Cuma bermodal ilmu umum, maka akhlaq yang kita miliki akan membuahkan kerusakan di masyarakat.

Satu hal lagi. Pembantu Rektor UNHASY sekarang dijabat oleh Prof. Dr. H. Haris Supratno. Beliau adalah mantan Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Prof. Haris pernah satu kali menceritakan betapa susahnya UNESA mengajukan penambahkan Fakultas Teknik pada perguruan tinggi di Surabaya selatan tersebut. Tapi beliau terheran-heran mengapa UNHASY bisa membuka empat fakultas baru dengan mudah. Wallahu alam.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

15 thoughts on “UNHASY (IKAHA) Tebuireng Sekarang Membuka Fakultas Umum”

  1. Asalamualaikum, bagaimanakah persyaratan utk kuliah diteknik mesin ? adakah asrama dan kegiatan rohis setiap harinya, ? trmksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *