Apapun Yang Terjadi, Berjalanlah Tanpa Henti

ayo tetap bersemangat…!

Sejak Nabi Adam diturunkan di dunia, manusia menerima ‘hukuman’ dengan berbagai kesulitan. Tidak ada lagi layanan surga yang serba mudah. Bahkan Adam dan Hawa harus dipisahkan ribuan tahun dan pada jarak yang sangat jauh agar bisa bertemu lagi. Artinya, sejak awal manusia tercipta, kita telah diuji oleh Allah dengan berbagai rintangan, halangan dan cobaan.

Semua cobaan tersebut merupakan sarana untuk melakukan seleksi alam. Siapa-siapa saja manusia yang masih ingat Allah ketika susah dan senang. Dan siapa saja yang melupakan fitrah manusia mengapa ia terlahir di dunia. Apakah fitrah manusia? Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk beribadah kepada Allah. Manusia boleh saja menjadi khalifah di muka bumi. Tapi manusia tetap akan menjadi hamba-Nya.

Dan perjalanan hidup ini tidaklah mudah. Setiap manusia punya jalan hidup yang unik. Tentu saja cara penyelesaiannya unik. Ada manusia yang diuji dengan harta yang melimpah. Ada juga manusia yang diuji dengan wajah yang rupawan dan bentuk tubuh yang tiada cacat sedikitpun. Namun tak jarang, ujian itu datang sebagai sesuatu yang terasa menyakitkan. Manusia menderita penyakit. Kadang kelaparan.

Apapun yang terjadi, teruslah melangkah tanpa henti. Kita tidak akan pernah tahu hikmah apa yang akan diberikan Allah kepada kita. Sesulit apapun halangan saat ini, teruslah berjalan pada koridor yang telah digariskan agama. Hidup kita menjadi bermasalah saat kita melawan fitrah. Hidup kita menjadi tidak menyenangkan manakala kita menyakiti hati banyak orang. Hidup kita akan bahagia, saat kehadiran kita memberi banyak makna.

Semoga artikel ini bisa menambah motivasi hidup Anda. Yakinilah, di dalam setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *