Cara Mempertahankan Motivasi Diri Supaya Awet Semangat Sepanjang Tahun

semangat...
semangat…

Bagi kebanyakan blogger pemula, mereka mengalami kondisi motivasi diri yang menggebu-gebu di awal ngeblog. Seolah-olah tiada hari tanpa membicarakan blogging. Tapi lama-lama semangat tersebut bisa menghilang karena rutinitas pekerjaan, hambatan ngeblog dan kegagalan bisnis online yang dihadapi. Lalu, bagaimana cara mempertahankan motivasi diri agar selalu bersemangat ngeblog sepanjang tahun?

Totalitas semangat belum waktunya dikumandangkan sepenuhnya, kita harus tahu kapan ambil posisi maju kapan melangkah mundur. Oleh karena itu, kita perlu menyisihkan energi untuk langkah selanjutnya dan jangan dihabiskan di depan. Menepuk air didulang muka sendiri sebaiknya dipantangkan. Hindari perseteruan dan tingkatkan derap kebersamaan maka hambatan bisa terkikis dan kelancaran bisnis online terwujudkan.

Pengamatan demi memperoleh obyektifitas terhadap segala kesempatan sangat dibutuhkan oleh setiap blogger dan pebisnis online. Hal tersebut berguna untuk memperoleh celah dalam situasi yang memburamkan prospek bagaikan mencari jarum dalam tumpukan jerami. Menentukan sebuah niche bisnis online yang tepat diantara ribuan niche tentu bukan perkara mudah.

Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Kendati pengamatan terhadap kesempatan bukan lagi demi sebatang jarum, paling tidak, untuk menjaga stabilitas semangat agar tidak mudah berkurang hingga menimbulkan kemalasan ataupun sebaliknya, agar tidak berlebihan hingga terkesan membabi buta. Kerja keras dan kerja cerdas harus benar-benar dijalankan agar energi tidak terbuang sia-sia.

Perlu dipahami dengan benar bahwa kemalasan kini bertentangan dengan tuntutan era informasi. Sedangkan sikap membabi buta selain akan menguburkan fokus kepedulian, dapat pula melahirkan perasaan jenuh dalam bentuk kepasrahan atau bahkan stress. Hal ini sama halnya dengan menebar ribuan backlink dalam dummy blog yang berakibat banned dari Google.

Kerja keras dan disiplin diri merupakan kebutuhan bisnis online saat ini, sama seperti jenis bisnis lain di dunia. Kerja keras harus disikapi dengan kewajaran. Hal ini bukan perkara mudah mengingat karakter blogger dan pebisnis online pemula memiliki vitalitas semangat yang tergolong sangat prima. Bahkan bisa cenderung over confidence.

Kalau semangat yang menggelora itu tidak ditata sebagaimana mestinya, maka motivasi diri akan terkuras habis manakala berada dalam situasi dengan semangat yang berkobar. Itulah sebabnya mengapa era bisnis online beberapa tahun lalu mengalami kegagalan secara massal. Penyebabnya? Salah satunya adalah karena ketidakmampuan menjaga stabilitas motivasi diri.

Semoga artikel ini bisa memberi tambahan motivasi bagi Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Cara Mempertahankan Motivasi Diri Supaya Awet Semangat Sepanjang Tahun”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *