Cara Mengembangkan Bakat Diri Untuk Berprestasi Lebih Tinggi

Guru Gentleman Adalah Pendidik yang Mampu Memenuhi Janji
Guru Gentleman Adalah Pendidik yang Mampu Memenuhi Janji

Apakah pengertian prestasi? Bagimana cara mengembangkan bakat diri seseorang sehingga mampu berprestasi lebih tinggi?

Prestasi adalah hasil yang dicapai seseorang dari apa yang telah dikerjakan atau yang sudah diusahakan. Prestasi tersebut merupakan wujud nyata optimalisasi pengembangan potensi diri. Sudah pasti prestasi dapat diperoleh setelah seseorang mengerahkan daya upaya baik mencakup intelektual, emosional, spiritual, dan ketahanan diri dalam berbagai bidang kehidupan.

Beberapa upaya manusia untuk meraih prestasi dilakukan antara lain melalui melatih diri sejak dini. Misalnya melakukan pencarian bibit-bibit berbakat sejak usia dini, mendidik dan melatih anak-anak secara bertahap serta terprogram dengan baik, secara periodik mengadakan evaluasi dan pemberian umpan balik, melakukan uji coba melalui kompetisi dari yang level reguler sampai dengan profesional, dan berkompetisi secara profesional dalam jangka waktu tertentu.

Menurut Medali MGMP Kabupaten Jombang, contoh potensi diri dalam meraih prestasi antara lain dapat dilihat dalam pernyataan bahwa sesungguhnya bangsa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya, yaitu bangsa yang memiliki kebudayaan tinggi. Rasa bangga memiliki budaya unggul adalah suntikan motivasi diri yang tidak ternilai harganya.

Sudah banyak karya budaya anak bangsa Indonesia yang terkenal, menjadi kekayaan dan aset bangsa. Contoh hasil karya bangsa Indonesia yang mendapat apresiasi dunia adalah Candi Prambanan di Yogyakarta, Candi Borobudur di Jawa Tengah, karya seni batik, ukiran, lukisan, anyaman dan lain-lain. Semua hasil budaya tersebut merupakan contoh prestasi gemilang yang sudah dihasilkan oleh anak bangsa dan menjadi terkenal di dunia.

Selain itu, kita harus banyak belajar dari keberhasilan orang-orang ternama yang sukses dalam mencapai prestasi tinggi. Mereka mempunyai keberanian dan kebesaran hati dan pantang menyerah, mereka akan selalu mencoba dan mencoba hingga mencapai keberhasilan. Inilah yang patut kita teladani dan budayakan dalam diri kita masing-masing untuk meraih kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *