Inilah 3 Langkah Mengembangkan Potensi Anak Bangsa

Janganlah kita merasa kalah sebelum bertanding, tetapi cobalah mengikuti pertandingan dengan percaya diri. Apapun hasilnya, itulah kebanggaan diri yang harus disyukuri dengan lapang dada.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita dapat bersikap positif yaitu percaya diri, suka berbenah diri, tidak menyombongkan prestasi, tidak merasa rendah diri, cepat menyesuaikan diri, tidak lupa diri jika dipuji dan selalu optimis. Menurut Medali MGMP Kabupaten Jombang, terdapat tiga cara yang dapat ditempuh untuk mengembangkan potensi anak bangsa, yaitu meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan kualitas kesehatan, dan meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Pertama, meningkatkan mutu pendidikan. Pendidikan merupakan pintu gerbang kemajuan sebuah bangsa. Pendidikan yang bermutu mampu mencetak manusia yang kreatif, inovatif, dan memiliki semangat juang. Peningkatan mutu pendidikan adalah jalan untuk mencetak manusia yang mampu bersaing di era globalisasi. Pendidikan adalah motor penggerak perubahan bangsa. Keterpurukan sebuah bangsa seringkali bermula dari rendahnya tingkat pendidikan masyarakatnya.

Dewasa ini pemerintah Indonesia sudah melakukan berbagai hal untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia antara lain mencanangkan wajib belajar 12 tahun, menciptakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan nasional maupun global, meningkatkan mutu guru melalui pelatihan, penataran, dan seminar, memberikan beasiswa bagi siswa dari keluarga tidak mampu, dan membuka program belajar jarak jauh (Universitas Terbuka).

Kedua, meningkatkan kualitas kesehatan. Kualitas manusia juga ditentukan oleh kadar kesehatannya. Bagaimana seorang dapat berprestasi jika ia sakit-sakitan? Sehingga kesehatan berperan penting bagi diri sendiri dan bangsa. Peribahasa mengatakan di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Kesehatan menjadi kebutuhan vital bagi manusia agar lebih produktif dalam beraktifitas sehari-hari.

Beberapa usaha pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia adalah meningkatkan kebersihan lingkungan tempat tinggal dan pengadaan air bersih, meningkatkan pengetahuan warga tentang kebersihan dan kesehatan, meningkatkan perbaikan gizi warga dengan memberikan penyuluhan, meningkatkan pelayanan kesehatan dengan menambah fasilitas puskesmas, klinik dan rumah sakit, dan membebaskan biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit bagi keluarga yang tidak mampu.

Ketiga, meningkatkan persatuan dan kesatuan. Semangat atau tekad kita sebagai bangsa untuk berprestasi tidak akan tercapai jika kita tidak bersatu. Potensi dan energi kita akan terbuang hanya untuk mengatasi kondisi internal kita. Kita tidak mempunyai waktu untuk memikirkan persaingan dengan negara lain.

Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan bangsa menjadi sangat penting. Untuk mengupayakan hal itu pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama. Persatuan tidak akan tercapai hanya oleh kerja pemerintah saja, masyarakat sendiri harus ambil bagian di dalamnya. Misalnya dengan mengembangkan sikap toleransi dan saling pengertian.

Pemerintah juga diharapkan untuk adil dan tanggap tehadap kebutuhan masyarakat. Pembangunan harus dilakukan secara merata sampai ke daerah-daerah. Terlebih dalam kehidupan modern saat ini semuanya harus dimengerti dan transparan kepada masyarakat. Semua itu tiada lain untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia agar tidak terpecah belah.

Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *