Kapan Harus Santai, Kapan Harus Unjuk Gigi

ciri-ciri wajah stres?
ciri-ciri wajah stres?

Life can be so hard when you too much plan, too much think, and too much act. Pada dasarnya manusia memiliki sifat serakah. Ingin ini, ingin itu. Mau memiliki ini, mau mempunyai yang itu. Tak puas hanya satu, ingin meraih yang lain. And… we can guess what it’s been. Stress tahap akut dan terakumulasi setiap hari.

What should we do? Ujung-ujungnya kita harus meluangkan waktu sejenak dari segala kesibukan. Kemana? Tiap orang punya tempat favorit masing-masing untuk melepas kepenatan. Ada yang suka nongkrong berlama-lama di pusat jajanan rakyat. Ada yang demen berkeliling kota mengunjungi tempat-tempat wisata yang ramai. Namun ada juga orang yang lebih suka diam saja di rumah. Merenungi apa yang terjadi dengan khusyu’.

Pertanyaannya adalah kapan kita harus serius dan kapan kita harus santai. Kalau mau jawaban detail, artikel ini bisa sepanjang rel kereta api. Kalimat pendeknya adalah kita harus serius kalau keadaan sudah kepepet alias darurat. Yaaa, mirip-mirip kalau kita sedang ditagih hutang gitu. Hehehehe. Biasa kan orang yang lagi dalam kondisi dikejar-kejar kewajiban maka prioritas utama adalah bekerja keras.

Begitu juga sebaliknya. Kita bisa sedikit santai kalau memang tenggang waktunya masih bisa kompromi. Artinya, kita nggak perlu jadi petugas pemadam kebakaran yang selalu panik dan cekatan melawan di jago merah. Tapi, ada tapinya nih. Kalau santai jangan kelamaan karena bisa saja keterusan dan nggak tahu waktu. Disinilah fungsi kontrol diri dipakai.

Foto Chef Arnold Juri MasterChef Indonesia Session 3
Foto Chef Arnold Juri MasterChef Indonesia Session 3

Uniknya, tiap orang punya standard yang berbeda-beda dalam menentukan prioritas. Bahkan untuk menentukan satu perbuatan berlabel PENTING pun kita nggak bisa tentukan pastinya. Kalau sudah mengarah kepada kepentingan personal, maka tiap orang harus mengasah kemampuan manajerialnya sehingga tahu apa yang mesti dilakukan dan apa yang harus ditinggalkan.

Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

3 Replies to “Kapan Harus Santai, Kapan Harus Unjuk Gigi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *