Kata-kata Bijak Dari Ilmuwan Terkenal Albert Einstein

PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter
PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter

Kata-kata bijak dari Albert Einstein adalah adalah salah satu petuah yang sarat makna kehidupan. Walaupun kata-kata bijak tersebut agak susah dipahami secara harfiah, namun bila kita bersedia merenungkan dengan mendalam maka kita akan mendapatkan pembelajaran hidup yang berharga. Beberapa kata-kata mutiara dari Albert Einstein saya rangkum di bawah ini.

Kita dapat menganggap materi sebagai wilayah-wilayah di dalam ruang dimana memiliki medan sangat kuat. Tidak ada tempat, di dalam fisika baru kita, untuk medan dan ruang, medan adalah satu-satunya kenyataan.

Berkali-kali nafsu terhadap pengertian telah menghasilkan ilusi bahwa manusia mampu memahami dunia obyektif secara rasional melalui pemikiran belaka tanpa fondasi-fondasi empiris apa pun – singkatnya, melalui metafisika.

Kita menganggap suatu substansi sebagai sesuatu yang tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dihancurkan.

Syarat ini (relativitas umum) menyingkirkan ruang dan waktu sisa terakhir obyektifitas jasmaniah.

Di dalam usaha keras penyatuan rasional atau hal yang bermacam-macam inilah ia mengalami keberhasilan terbesarnya, meskipun usaha ini jugalah yang menyebabkan ia menanggung resiko menjadi mangsa bagi ilusi-ilusi.

Tak ada perbedaan hakiki antara massa dengan energi. Energi mempunyai massa dan massa menggambarkan energi. Bukannya dua hukum konservasi, yang kita punyai hanya satu, hukum massa-energi.

Kata-kata Mutiara Dari Albert Einstein

Sebuah teori kian mengesankan semakin besar kesederhanaan premis-premisnya, semakin banyak jenis hal yang dicakupnya, dan semakin lebih luas wilayah keberlakuannya.

“Ada” selalu berupa sesuatu yang kita bentuk secara batin, yaitu sesuatu yang kita postulatkan (di dalam pengertian logis). Pembenaran bagi konstruksi-konstruksi tersebut, yang menggambarkan “kenyataan” bagi kita, terletak hanya pada sifatnya yang membuat apa yang diberikan secara inderawi menjadi dapat kita pahami.

Di dalam pemikiran kita, kita menghubungkan signifikansi kepada konsep obyek jasmaniah ini, yang pada derajat yang tinggi bebas dari kesan indera yang semula memunculkannya. Inilah yang kita maksudkan ketika kita menghubungkan obyek jasmaniah kepada “keberadaan nyata”.

Dengan menggunakan konsep dan hubungan batin di antaranya, kita dapat mengorientasikan diri di dalam labirin kesan-kesan indra. Gagasan-gagasan dan hubungan-hubungan ini tampak kepada kita lebih kuat dan tak dapat diubah ketimbang pengalaman indera itu sendiri, wataknya sebagai sesuatu yang lain dari hasil suatu ilusi atau halusinasi tak pernah dapat dijamin sepenuhnya.

Orang seperti kita, yang percaya pada fisika, tahu bahwa pembedaan antara masa lampau, sekarang, dan masa depan hanyalah ilusi bandel yang susah dihilangkan.

Semoga artikel kumpulan kata-kata bijak dari Albert Einstein ini bisa menambah motivasi hidup Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

4 Replies to “Kata-kata Bijak Dari Ilmuwan Terkenal Albert Einstein”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *