Ketahui 5 Faktor Penentu Keberhasilanmu Dalam Berprestasi

Economy activities - from Pinterest
Economy activities – from Pinterest

Pada dasarnya setiap orang mempunyai potensi untuk berprestasi dalam bidang apa saja. Potensi yang kita miliki itu perlu dikelola agar dapat memberi manfaat bagi kemajuan bangsa dan negara. Kemajuan dan keunggulan bangsa adalah tanggung jawab seluruh rakyat, tanggung jawab adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh seseorang atau kelompok untuk menyelesaikan tugas yang dibebankan dengan cara dan hasil yang baik.

Menurut Medali MGMP Kabupaten Jombang, sebagai warga negara yang baik, kita wajib berpartisipasi dalam berbagai aktivitas sesuai dengan kemampuan dan bidang masing-masing. Anda tidak akan tahu betapa hidup Anda telah menginspirasi banyak orang sampai hasil karya Anda benar-benar memberikan manfaat untuk orang lain.

Berbagai aktivitas yang dapat mewujudkan prestasi diri seseorang adalah melakukan pelatihan dan pembinaan potensi sejak dini, melakukan pelatihan dan pembinaan potensi diri secara terprogram dengan baik, melakukan evaluasi diri secara periodik (berkala) serta dengan mempertimbangkan saran dari orang lain, mengikuti uji coba berupa kompetisi mulai dari level yang rendah sampai yang tinggi, berkompetisi secara profesional dalam waktu tertentu.

Menurut Medali MGMP Kabupaten Jombang, ada beberapa faktor untuk menentukan besar kecilnya peluang untuk meraih prestasi, antara lain kualitas diri, dukungan masyarakat, strategi jitu, sarana dan prasarana, serta nasib dan keberuntungan.

Pertama, kualitas diri. Kualitas diri meliputi kualitas fisik dan mental, sangat menentukan keberhasilan seseorang dalam meraih prestasi. Kualitas fisik dapat berupa kondisi kesehatan atau kebugaran jasmani yang membuat seseorang mampu bekerja keras dalam menjalankan tugas. Kualitas mental dapat berupa kemampuan intelektual, kemampuan mengendalikan emosi, kesiapan dalam bekerja sama dengan orang lain serta ketrampilan mengerjakan tugas dengan baik.

Kedua, dukungan masyarakat. Dukungan masyarakat baik materiil maupun spiritual merupakan modal yang sangat besar untuk menciptakan prestasi. Kegiatan apapun tidak akan terwujud dengan baik tanpa dukungan masyarakat. Namun ada kalanya dengan minimnya dukungan masyarakat pun seseorang justru dapat berprestasi lebih baik. Alasan balas dendam terhadap kesusahan hidup adalah motivasi dibalik bersemangatnya seseorang untuk mencapai prestasi lebih baik.

Ketiga, strategi jitu. Dalam melakukan kegiatan, peluang untuk sukses akan lebih besar jika kita menggunakan strategi atau cara yang jitu. Sebaliknya jika strateginya biasa saja tanpa ada variasi peluang untuk sukses akan lebih kecil. Strategi seharusnya sudah disusun pada saat proses perencanaan dengan pertimbangan kekuatan dan kelemahan lawan.

Keempat, sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana merupakan pendukung yang sangat menentukan kesuksesan. Kegiatan apapun akan sulit terlaksana tanpa didukung oleh sarana prasarana yang baik. Sebaliknya dengan sarana prasarana yang memadai peluang mendapatkan keberhasilan tentu akan lebih besar.

Kelima, faktor keberuntungan. Faktor keberuntungan dan nasib baik juga harus diperhitungkan setelah kita mengusahakan faktor-faktor sebelumnya manusia boleh membuat perencanaan dengan sangat baik, tetapi hanya Tuhan YME-lah yang menentukan keberhasilan manusia. Oleh karena itu setiap daya upaya harus disertai dengan doa dan memohon kepada-NYA.

Kita juga harus memiliki sikap yang positif terhadap setiap peluang untuk berprestasi. Bersikap positif artinya bersifat optimis dan yakin pada setiap peluang untuk berprestasi tanpa ragu-ragu mengambil keputusan. Sikap ini harus senantiasa ditanamkan dalam diri setiap orang agar mereka lebih percaya diri untuk mencapai prestasi.

Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *