Motivasi Belajar Menghadapi Ujian Akhir Sekolah

gambar kampus universitas hasyim asyari tebuireng jombang
gambar kampus universitas hasyim asyari tebuireng jombang

Bagaimanakah cara memotivasi diri untuk menghadapai ujian akhir semester? Apakah yang perlu pelajar lakukan agar mendapat nilai bagus di sekolah? Ujian akhir sekolah adalah masa penentuan keberhasilan belajar siswa. Siswa perlu mendapat dukungan motivasi belajar dan memahami tips sukses ujian akhir sekolah agar lebih percaya diri mengerjakan soal.

Salah satu keponakan saya terlihat super sibuk selama beberapa minggu terakhir ini. Dia berada di kelas 6 sekolah dasar dan sebentar lagi akan menjalani ujian akhir sekolah. Saya menangkap adanya kegelisahan dalam perilaku sehari-hari. Saya menemani dia belajar selama beberapa hari terakhir ini. Menurut saya, pengetahun belajarnya sudah mencapai 90 persen. Sisanya tinggal dipelajari ulang dalam beberapa hari ini.

Lalu, mengapa seorang siswa SD justru gelisah menjelang hari-hari penting dalam 6 tahun masa mereka belajar? Saya menilai hal ini berhubungan dengan aspek motivasi belajar. Penguasaan materi belajar bisa mereka dapatkan dari guru di sekolah. Tetapi pengetahuan mengelola emosi dan menumbuhkan motivasi diri saat belajar justru sering terlewatkan dari perhatian pengajar. Padahal pengelolaan emosi berperan penting untuk menghadapi detik-detik penting jelang UAS.

Bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar menghadapi ujian akhir sekolah? Menurut saya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh siswa dalam membangun motivasi belajar.

1. Restu dari orang tua. Ridho orang tua adalah ridho Tuhan. Dengan meminta doa restu dari orang tua maka secara emosional siswa lebih tenang dan yakin dalam mengerjakan soal ujian. Dalam agama Islam, siswa dan orang tua siswa disarankan berpuasa sunnah agar niat mulia lulus UAS bisa terkabul.

2. Belajar materi pelajaran dengan rajin. Penguasaan materi belajar biasanya telah dimulai jauh hari sejak tahun ajaran baru kelas 6 SD atau kelas 9 SLTP. Pada beberapa bulan jelang pelaksanaan UAS frekuensi akan lebih ditingkatkan. Pahami kisi-kisi soal UAS melalui informasi yang tersedia melalui beragam media informasi.

3. Memahami tips sukses ujian akhir sekolah. Tips sukses UAS menyangkut beberapa hal. Mulai dari metode Smart Solution, metode kumon, cara memilih pensil 2B, cara mengarsir lembar jawaban, dan lain-lain. Pengetahuan tips sukses ujian akhir sekolah bisa dipelajari melalui latihan.

4. Berdoa kepada Tuhan. Yang terakhir, jangan melupakan peran serta Tuhan sebagai pintu terakhir pengharapan. Sehebat apapun usaha yang siswa lakukan hendaknya selalu melibatkan Tuhan dalam bekerja. Usaha dan kerja keras pada akhirnya harus disertai kepasrahan diri dengan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Motivasi belajar siswa seringkali mengalami grafik naik dan turun. Oleh karena itu, orang tua dan pengajar hendaknya telaten membantu siswa menemukan motivasi belajar mereka. Kedekatan emosional antara orang tua dan siswa bisa mengurangi timbulnya miskomunikasi yang tidak perlu. Mudah-mudah tips sukses ujian akhir sekolah ini bisa membantu siswa menemukan motivasi belajarĀ mereka.

Ada yang mau menambahkan tips sukses ujian akhir sekolah?

2 thoughts on “Motivasi Belajar Menghadapi Ujian Akhir Sekolah

Leave a Reply