Motivasi Diri Dalam Menyikapi Takdir Dan Nasib

Kita tidak dapat mengubah arah angin, tetapi kita bisa mengubah bentangan layar supaya perahu tetap melaju ke arah pelabuhan harapan.

Takdir adalah sesuatu yang tidak bisa kita ubah. Misalnya, saya seorang laki-laki yang dilahirkan di Jombang dan termasuk dalam kewarganegaraan Indonesia. Bapak dan Ibu saya berasal dari suku Jawa dan memiliki silsilah keturunan dari wangsa Singo Wono. Semua hal tersebut merupakan takdir yang sudah terjadi dan tidak bisa saya ubah. Identitas tersebut merupakan modal awal untuk memotivasi diri agar lebih bersemangat dalam hidup ini.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan ketika menyikapi takdir dan nasib hidup saat ini? Apakah kita hanya bisa berpangku tangan mendapati kondisi tidak menyenangkan saat ini? Atau Anda memilih berjuang dengan kekuatan sendiri dan tidak menyandarkan nasib pada bantuan orang lain? Masing-masing pilihan mengandung konsekuensi dan tanggungjawab yang berbeda. Berdiam diri memang tidak mengandung resiko gagal. Namun berjuang dengan motivasi tinggi selamanya tidak akan merugi.

Motivasi Hidup Dari Penduduk Transmigran

Gambar Ilustrasi Motivasi Hidup Dari Penduduk Transmigran

Motivasi Diri Untuk Memperbaiki Nasib

Manusia pada umumnya sering terkaburkan oleh pengertian takdir dan nasib sehingga mempengaruhi motivasi diri. Secara sederhana saya dapat menuliskan bahwa takdir tidak dapat diubah, sedangkan nasib manusia bisa diperbaiki. Orang-orang yang pesimis dan tidak memiliki motivasi diri dalam memandang hidup dan kehidupan, akan menyerahkan nasib mereka pada lingkaran kehidupan. Ada kalanya mereka terjebak pada prinsip nrimo ing pandum sehingga kondisi hidupnya begitu-begitu saja, tidak ada perubahan.

Bagi orang-orang yang memiliki semangat dan motivasi dalam hidup, mereka meyakini bahwa nasib manusia dapat diperbaiki. Nasib dapat diubah dan harus diupayakan karena Tuhan tidak akan mengubah nasib manusia bila manusia tersebut tidak berusaha mengubahnya. Bila sekarang Anda sedang bernasib buruk, sekarang adalah saat yang paling tepat untuk berjuang keras dan berupaya mendapatkan nasib yang jauh lebih baik. Jika bukan Anda sendiri yang berusaha, lalu siapa lagi? Bangkitkan motivasi diri Anda, baik motivasi diri internal maupun motivasi diri eksternal.

Takdir baik dan buruk telah dituliskan oleh Tuhan sejak manusia dalam kandungan. Hal tersebut merupakan salah satu rukun iman yang harus diyakini oleh setiap manusia. Sedangkan nasib Anda di masa depan merupakan satu pilihan yang dihasilkan dari langkah-langkah positif yang Anda bangun sejak sekarang. Let’s create our future! Semoga artikel motivasi diri kali ini bisa berguna untuk Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

6 thoughts on “Motivasi Diri Dalam Menyikapi Takdir Dan Nasib

  1. Saya sangat terinspirasi dengan quote di awal tulisan. Bagaimana pun arah angin, kita bisa tetep maju ke depan, sebesar apapun masalah yang melanda, ktia tetap bisa maju meraih mimpi kita.. Nice banget :D

  2. ada takdir yang mutlak tidak bisa di ubah misalnya saya lahir laki-laki itu mutlak. Tapi ada takdir yang bisa berubah sesuai dengan usaha misalkan sewaktu lahir saya miskin tidak punya apa-apa, tidak bisa apa-apa hanya bisa menangis. Setelah bisar jadi punya dan bisa karena belajar

Leave a Reply