Motivasi Hidup: Kebebasan Positif Dan Kebebasan Negatif

Beberapa tahun yang lalu, seorang filsuf politikus terkemuka, Isaiah Berlin, membuat suatu perbedaan yang jelas antara kebebasan positif dan kebebasan negatif. Keduanya mempengaruhi motivasi hidup seseorang dalam lingkungan tertentu. Kebebasan negatif adalah adalah bebas dari hambatan, kebebasan dan diperintah oleh orang lain. Kebebasan positif adalah tersedianya kesempatan untuk menjadi penentu atas kehidupan Anda sendiri dan untuk membuatnya bermakna dan signifikan.

Kerapkali kedua jenis kebebasan ini dapat berjalan beriringan. Jika hambatan yang dihadapi dalam mencapai kebebasan itu cukup kaku, maka motivasi hidup seseorang tidak akan sanggup mencapai kebebasan yang sebenarnya. Namun kedua jenis kebebasan ini tidak selalu berjalan berdampingan. Ada kalanya kebebasan positif dan kebebasan negatif bekerja saling bertentangan sehingga bersifat destruktif terhadap motivasi hidup.

Blue-Wallpaper-HD-Two-Flowers-at-Field-Nature-Wallpaper.jpg
Motivasi Hidup: Kebebasan Positif Dan Kebebasan Negatif

Di dalam buku Amartya Sen yang berjudul Development As Freedom, ia membedakan nilai penting pilihan untuk mencapai motivasi hidup, di dalam dan dari dirinya sendiri, dari peran fungsional yang dimainkan oleh pilihan dalam kehidupan kita. Ia mengatakan bahwa daripada mengeramatkan kebebasan memilih, kita seharusnya bertanya kepada diri sendiri apakah kebebasan tersebut mengembangkan kita atau justru menjerumuskan kita. Ibarat seekor anak ayam yang dilepas dari induknya, bisa saja dengan kebebasan yang didapatkan malah membuatnya masuk dalam kandang macan.

Kebebasan merupakan hal yang esensial bagi harga diri, partisipasi publik, mobilitas masyarakat, pertumbuhan potensi, mengembangkan kompetensi dan motivasi hidup seseorang. Setiap orang terlahir dengan beragam bentuk kebebasan hidup untuk menentukan identitas diri dalam meraih mimpi dan harapan hidup. Sebaik-baik kebebasan hidup adalah kebebasan positif yang bisa memberi beragam manfaat bagi pemiliknya. Semoga artikel kali ini bisa memberi manfaat untuk menumbuhkan motivasi hidup teman-teman blogger.

Enjoy Blogging, Enjoy Writing!

12 Replies to “Motivasi Hidup: Kebebasan Positif Dan Kebebasan Negatif”

  1. Saya semakin percaya kalau hidup ini adalah tentang pilihan. Dan setiap pilihan, punya konsekuensinya sendiri. Kita harus siap untuk itu. Di dunia ini tidak ada kebebasan. Kita semua adalah follower. Minimal, follower bagi hawa nafsu 😀

  2. Namanya kebebasan, pasti ada dua sisi. Mau diarahkan kemana? Positif atau negatif? Kebebasan secara positif bisa jadi memanfaatkan waktu luang untuk pengembangan diri ke arah yang lebih baik. Tapi sepertinya hal ini kurang populer dibanding kebebasan negatif. Dari mulai merokok di tempat umum hingga perbuatan maksiat paling parah bisa dilakukan.

    Tapi setidaknya kita semua harus terus termotivasi untuk memanfaatkan kebebasan ke arah yang positif2 saja, setuju? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *