Motivasi Sukses Dari Ilmuwan Fisika Niels Bohr dan Max Planck

Motivasi sukses bisa kita dapatkan dari pengalaman dan kerja keras para ilmuwan Fisika. Mereka melakukan penelitian dengan tekun untuk memberi kontribusi bagi perkembangan kehidupan masyarakat dunia.

Max Planck, seorang fisikawan Jerman telah menghasilkan petunjuk-petunjuk paling awal Fisika kuantum dengan rumus radiasi. Max Planck adalah orang pertama yang memperkenalkan prinsip kuantum ke dalam Fisika. Suatu motivasi sukses dan deduksi teoritis yang lengkap dari rumus tersebut menunjukkan gagasan-gagasan klasik atom cacat dan memberi fondasi bagi karya Bohr dan para koleganya di bagian lain Eropa dan Amerika Serikat.

Diantara motivasi sukses dan kisah sukses para ilmuwan Fisika tersebut, Fisikawan Denmark Niels Bohr memainkan peran sentral di dalam penemuan maupun pengembangan teori kuantum. Prinsip persesuaiannya menunjukkan jalan untuk menghubungkan hukum-hukum kuantum yang baru secara runtut dengan hukum-hukum Fisika klasik yang telah mapan. Kisah sukses penemuan Fisika pada era sebelumnya menjadi motivasi sukses dan inspirasi untuk mengembangkan ilmu Fisika pada era selanjutnya.

Karakorum View at Mongolia - Around the World - 50 Favorite Photos - Colin Krause's Photos
Karakorum View at Mongolia - Around the World - 50 Favorite Photos - Colin Krause's Photos

Prinsip saling melengkapi dari Niels Bohr memungkinkan para Fisikawan untuk memahami paradoks-paradoks seperti fakta bahwa partikel-partikel subatomik mempunyai sifat gelombang maupun partikel. Hanya dibanding Albert Einstein ia nomor dua di kalangan Fisikawan abad ke-20, ilmuwan Denmark itu berpartisipasi di dalam perdebatan ilmiah yang berlangsung lama dengan Einstein mengenai signifikansi teori kuantum.

Albert Einstein menolak untuk menerima pendapat bahwa alam itu pada dasarnya bersifat acak dan merencanakan ‘eksperimen-eksperimen pikiran’ untuk mendukung peribahasanya bahwa ‘Tuhan tidak bermain dadu dengan alam semesta’, sebagaimana tampak disiratkan penafsiran Bohr atas teori kuantum. Motivasi sukses ini membuktikan bahwa ilmu pengetahuan modern membawa manusia pada kesadaran yang lebih tinggi akan kuasa Tuhan.

Munsyari Village - Around the World - 50 Favorite Photos - Colin Krause's Photos
Munsyari Village - Around the World - 50 Favorite Photos - Colin Krause's Photos

Di dalam setiap contoh, Niels Bohr memperlihatkan pada Albert Einstein di mana ia salah jalan. Ia juga menyamakan Fisika modern dengan mistisisme Timur di dalam kata-kata ini:

Untuk suatu kesejajaran dengan pelajaran teori atomik, kita harus kembali pada jenis-jenis masalah itu yang telah dihadapi para pemikir seperti Budha dan Lao Tzu, ketika mencoba mengharmoniskan posisi-posisi kita sebagai penonton dan pelaku di dalam drama agung keadaan.

Kita dapat menarik kesimpulan dari motivasi sukses kali ini bahwa dalam setiap usaha dan kerja keras manusia, selalu terlibat tangan tak kasat mata (invisible hand) yang mempengaruhi kisah sukses manusia. Semoga motivasi sukses ini bisa memberi inspirasi bagi Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

4 Replies to “Motivasi Sukses Dari Ilmuwan Fisika Niels Bohr dan Max Planck”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *