Peran Serta Masyarakat Dalam Mewujudkan Cita-cita Bangsa

Kemajuan sebuah negera tidak terlepas dari produktifitas masyarakatnya. Peran serta masyarakat dalam semua bidang kehidupan sangat diharapkan guna mewujudkan cita-cita bangsa. Sejarah membuktikan bahwa masyarakat yang kreatif akan mampu membawa bangsanya unggul di atas negara lain.

Menurut Medali MGMP Kabupaten Jombang, masyarakat adalah subyek bagi pelaksanaan perjuangan menuju cita-cia bangsa. Peran serta prestasi masyarakat tampak diberbagai bidang kehidupan antara lain di bidang politik, ekonomi, budaya, sosial-budaya, hukum, pertahanan dan keamanan.

Pertama, peran serta masyarakat dalam bidang politik. Stabilitas politik merupakan salah satu syarat bagi keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Oleh karena itu, stabilitas politik perlu terus diwujudkan dan dipertahankan bersama. Di era reformasi sekarang ini bagi setiap warga negara Indonesia baik laki-laki maupun perempuan terbuka lebar kesempatan untuk menduduki berbagai jabatan di pemerintahan, dengan demikian peran serta warga negara dalam berbagai aktivitas di bidang politik untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan dapat dilihat dalam hal-hal.

Prestasi tersebut tampak ketika menjadi ketua suatu organisasi sosial politik yang ada dalam masyarakat, menjadi pejabat publik (misalnya Presiden dan wakil Presiden, anggota DPR dan DPD, Gubernur, Bupati dan Walikota) yang memperhatikan kesejahteraan rakyat dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Prestasi di bidang politik juga tampak pada keberanian menyuarakan aspirasi rakyat dalam bentuk demonstrasi yang tertib sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kedua, peran serta masyarakat dalam bidang ekonomi. Kekayaan alam dan sumber daya manusia Indonesia yang jumlahnya besar dengan disertai pembinaan mental, moral dan ketrampilan menjadi potensi ekonomis yang besar bagi usaha membangun prestasi bangsa. Upaya pembangunan di bidang ekonomi memberi kesempatan bagi semua pihak untuk maju.

Contoh peran serta masyarakat dalam bidang ekonomi adalah menjadi pengusaha sukses yang mampu memberikan devisa bagi negara dan menyerap banyak tenaga kerja, mengembangkan usaha mandiri bidang perdagangan, jasa, keuangan dan perbankan, transportasi dan perindustrian.

Ketiga, peran serta masyarakat dalam bidang sosial dan budaya. Jati diri sebagai bangsa yang memiliki kepribadian luhur serta kebanggaan akan bangsa sendiri sangat diperlukan dewasa ini. Kepribadian bangsa mampu membedakan warga Indonesia dalam pergaulan di tingkat dunia

Contoh peran serta masyarakat dalam bidang budaya adalah menjadi pelajar atau mahasiswa yang berprestasi untuk meraih penghargaan di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional sehingga dapat mengharumkan nama bangsa, menjadi guru atau dosen teladan di tingkat provinsi, nasional maupun Internasional, menjadi duta seni dan budaya karena memiliki sejumlah keahlian dan prestasi dibidangnya.

Bentuk prestasi peran serta masyarakat dalam bidang sosial, budaya dan pendidikan adalah meraih penghargaan dalam bidang sosial dan budaya seperti penghargaan di bidang musik, film, sastra, seni tari, seni lukis, pariwisata, lingkungan hidup, kesehatan, IPTEK, media cetak dan elektronik, meraih penghargaan dalam bidang olah raga seperti tenis, bulu tangkis, basket, sepak bola, renang, tinju, dan lain-lain.

Keempat, peran serta masyarakat dalam bidang hukum, pertahanan dan keamanan. Peran ini berkaitan erat dengan upaya melindungi kepentingan bangsa dan negara. Dengan stabilitas nasional yang aman dan mantap suatu bangsa akan dapat membangun dan memajukan kesejahteraan hidupnya.

Untuk mewujudkan prestasi ini, penilaian dapat dilihat dalam hal-hal menjadi alat penegak hukum, yaitu polisi, jaksa, hakim, dan pengacara yang mampu menciptakan keadilan dan ketertiban dalam masyarakat. Peran serta masyarakat dalam bidang hukum tampak dalam menjadi warga negara yang baik dan taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti tertib lalu lintas, ikut serta dalam menciptakan suasana yang aman.

Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *