Selalu Ada Kesempatan Kedua, Kawan!

Kesempatan itu datangnya laksana awan yang berlalu. Maka manfaatkanlah selagi ia masih tampak di hadapanmu. Kalimat inspiratif itu telah saya yakini sejak saya masih duduk di bangku sekolah SMP. Gara-garanya adalah saya terpesona oleh ucapan Guru Bahasa Indonesia yang mengajar saya di kelas 3 SMP. Kalimat tersebut selalu terngiang-ngiang di telinga saya sampai dengan tahun lalu.

Namun semua berubah ketika tahun ini saya mengalami banyak peristiwa yang menggugah otak dan hati. Ternyata kesempatan itu datangnya bukan hanya sekali saja. Ternyata masih ada kesempatan kedua, ketiga dan seterusnya. Bolehlah kita berkeyakinan bahwa kita harus all out sejak sekarang atau tidak ada usaha sama sekali. Tapi begitu kita mendapatkan keadaan yang buruk, semuanya akan hancur seketika.

Yakinilah selalu ada kesempatan kedua dalam melakukan sebuah usaha yang sama. Allah itu Maha Adil. Dia akan memberikan hasil tergantung seberapa serius manusia mencapai niatnya. Kalau baru sekali mencoba sudah keok dan selesai, ya selesai juga cerita kesuksesan tersebut. Kita akan bisa lebih bersemangat dalam hidup kalau meyakini kesempatan kedua akan datang juga.

Meski demikian, kita jangan terlalu bergantung pada keberuntungan dan menemukan kesempatan kedua. Keberuntungan adalah faktor yang tidak bisa kita prediksi kehadirannya. Kita harus tetap berusaha seoptimal mungkin dan bergembira ketika kesempatan kedua datang untuk memperbaiki kekurangan diri.

Enjoy blogging, enjoy writing!

3 Replies to “Selalu Ada Kesempatan Kedua, Kawan!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *