Guru Bijak Bisa Mengarahkan Murid Kepada Spesialisasi yang Sesuai

PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter
PAUD Ar-Rahman Jombang Kembangkan Pendidikan Berbasis Karakter

Kadang-kadang seorang murid memilih spesialisasi yang tidak sesuai. Atau orang tuanya mengarahkan kepada spesialisasi dimana yang selain itu mestinya lebih baik. Namun ketika seorang guru berperan dalam mengarahkan murid kepada spesialisasi yang sesuai, maka dia telah memberikan kebaikan padanya, bahkan kepada masyarakat seluruhnya.

Bakat tidak bisa dibohongi. Ia akan muncul dengan sendirinya terhadap tingkah laku seorang murid. Demikian juga dengan minat tidak akan bisa dipaksakan terhadap seorang murid. Meski begitu, lingkungan tempat tinggal murid bisa direkayasa sesuai kebutuhan dan tujuan pembelajaran.

Lingkungan sekolah dapat dirancang sedemikian rupa sehingga kemampuan murid dapat berkembang sesuai dengan spesialisasi yang diinginkan. Selain lingkungan sekolah, lingkungan rumah tempat tinggal murid dan wali murid pun dapat dikreasikan sebaik mungkin agar anak memiliki pengalaman yang terarah kepada pengoptimalan potensi diri anak.

Bukan bermaksud meniadakan peran serta orang tua dalam mengarahkan cita-cita anak, namun perkembangan jaman saat ini mengisyaratkan bahwa perilaku anak sendirilah yang berperan besar dalam memilih profesi masa depan. Mungkin pilihan itu berubah-ubah sesuai kondisi hatinya, namun semuanya memiliki garis besar yang sama terhadap kecenderungan gaya belajar anak. Semoga terinspirasi.

4 Replies to “Guru Bijak Bisa Mengarahkan Murid Kepada Spesialisasi yang Sesuai”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *