Guru Gentleman Adalah Pendidik yang Mampu Memenuhi Janji

Guru Gentleman Adalah Pendidik yang Mampu Memenuhi Janji
Guru Gentleman Adalah Pendidik yang Mampu Memenuhi Janji

Memenuhi janji adalah salah satu sifat orang yang beriman. Ketika seorang guru menjanjikan hadiah atau kajian suatu masalah, maka berusahalah memenuhi janji itu. Perlakukan murid layaknya seorang dewasa yang lengkap memiliki hak serta kewajiban yang patut diperhitungkan. Jika ada penghalang atau tidak bisa mewujudkannya karena sebuah alasan, maka memintalah maaf dengan baik dan mungkin hal itu bisa mengobati kekecewaan murid. Anda tidak akan menjadi rendah hanya karena meminta maaaf kepada murid.

Memberikan reward atau hadiah kepada murid masih diyakini mampu membangkitkan semangat belajar mereka. Namun ada kalanya seorang guru gagal mengantisipasi biaya yang ditimbulkan oleh pengadaan hadiah tersebut. Kalau sudah begitu keadaannya, biasanya seorang guru akan menunda pembagian hadiah dan menjanjikannya di lain hari. Penuhilah janji Anda segera saat Anda mampu menjalankannya. Anda tidak perlu mengungkapkan keluh kesah di hadapan mereka atas ketidakmampuan Anda mewujudkan janji itu.

Janji seorang guru terhadap muridnya bukan hanya berkisar masalah hadiah atau penghargaan atas prestasi murid. Tetapi juga menyangkut pembahasan materi pelajaran sekolah yang tidak Anda kuasai. Contoh sederhana telah saya alami. Setiap kali tatap muka di kelas saya selalu memberikan kesempatan kepada murid-murid untuk bertanya tiga buah pertanyaan di sepuluh menit terakhir jam pelajaran. Kalau saya mampu menjawab pertanyaan tersebut maka saya langsung menjawabnya. Jika saya tidak menguasai atau belum tahu sama sekali tentang hal yang ditanyakan murid, maka saya menjadikannya sebagai PR.

PR yang diberikan murid kepada saya memaksa saya untuk lebih banyak belajar lagi, baik melalui buku teks, internet maupun surat kabar. Ketika saya sudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan sulit tersebut maka saya segera menyampaikan kepada murid-murid di kelas. Itu adalah hutang pendidikan yang harus saya bayar. Saya tidak mau membasmi rasa ingin tahu murid-murid yang telah tumbuh bersemi di dalam alam berpikirnya. Semoga tulisan sederhana ini bisa memberi inspirasi bagi Anda.

3 Replies to “Guru Gentleman Adalah Pendidik yang Mampu Memenuhi Janji”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *