Guru Kreatif Adalah Pendidik yang Mampu Berperan Memperbaiki Sistem Pengajaran

Pertebal Motivasi Diri Dokter di Training Pengembangan Perilaku Welas Asih yang sangat inspiratif
Pertebal Motivasi Diri Dokter di Training Pengembangan Perilaku Welas Asih yang sangat inspiratif

Seorang guru yang mengajar dengan sungguh-sungguh dan ikhlas merasa tugasnya tidak hanya terbatas pada apa yang ia berikan di dalam kelas. Ketika guru memikirkan keinginan ini dibenaknya dan dia mengetahui bahwa tugas ini adalah bagian dari tanggung jawabnya, maka dia akan berperan aktif memberikan saran yang membangun demi kelangsungan sekolah. Guru juga dapat mengingatkan kekurangan atau ikut berdialog secara tenang tentang suatu keputusan. Dialog interaktif antara guru dengan guru, guru dengan murid, dan guru dengan wali murid dapat mengikis resiko terjadinya miskomunikasi dalam proses pendidikan.

Saya paham betul bahwa motivasi guru mengajar di dalam kelas saat ini bukan murni untuk mencerdaskan anak didiknya. Motif ekonomi masih mendominasi kerangka berpikir kebanyakan guru di Indonesia. Semoga anggapan saya ini salah. Namun sepanjang pengamatan saya selama ini, masih banyak guru yang mengajar murid sekedar menuntaskan beban mata pelajaran yang diasuhnya. Selebihnya, guru-guru itu menunggu datangnya awal bulan untuk menunggu gajian. Inilah salah satu hambatan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.

Alhasil, kreatifitas guru dalam mengajar semakin hilang. Mereka tidak memiliki minat untuk mengembangkan sistem pengajaran yang lebih baik. Padahal kenyataan di lapangan boleh jadi telah berbeda dibanding dengan teori di buku teks yang disusun beberapa tahun lalu. Kehidupan manusia mengalami dinamisasi yang begitu pesat sehingga manusia modern memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda-beda dan berubah-ubah setiap saat. Ketidakmampuan guru membaca perubahan jaman inilah yang menyebabkan kegagalan efektifitas penyampaian materi kegiatan belajar mengajar di kelas.

Mulai sekarang sebaiknya Anda membuka telinga lebih lebar dan melihat keadaan murid lebih jeli agar dapat menangkap sinyal-sinyal perubahan yang diberikan oleh murid. Guru kreatif akan senantiasa memperbaiki sistem pengajaran karena tidak ada satupun sistem pendidikan yang ideal untuk semua manusia dan untuk semua jaman. Mungkin perbaikan itu bermula dari mata pelajaran yang Anda ampu. Namun bukanlah tidak mungkin ide kreatif Anda mampu menginspirasi guru-guru lain agar mampu mengajar muridnya lebih baik. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *