Guru Wajib Mendorong dan Memberi Pujian Kepada Muridnya

Pesantren Ramadhan Kreatif Angkatan 2 Yatim Mandiri Jombang Tahun 2016

Ini dari pendidikan adalah memotivasi murid untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Namanya juga memotivasi, maka setiap guru wajib mampu mendorong murid-muridnya untuk selalu bersemangat dalam kehidupannya. Lalu, bentuk dorongan seperti apakah yang pantas diberikan oleh seorang guru kepada murid? Menumbuhkan motivasi belajar murid dapat dilakukan dengan kata, perbuatan, maupun kombinasi keduanya. Semakin beragam jenis pengalaman hidup yang diberikan, semakin mahir murid dalam mengelola motivasi dirinya sendiri.

Cara memotivasi yang paling umum dilakukan seorang guru kepada muridnya adalah melalui kata-kata. Para pujangga mengatakan jika lidah manusia lebih tajam dari sebilah pedang. Hal itu memang benar adanya. Walaupun hanya melalui sebuah kata, namun ingatan anak akan selalu merekam sepanjang usia mereka. Itulah yang saya katakan bahwa seorang guru harus mampu bermuamalah secara baik dengan muridnya. Anda tidak akan pernah tahu kapan ucapan Anda bisa membangkitkan motivasi hidup para murid Anda. Cobalah terus memompa semangat mereka karena hanya dengan semangat itulah anak-anak bisa mencapai masa depan mereka.

Jangan pelit memberi pujian kepada murid. Berikan sebanyak mungkin ungkapan-ungkapan positif dalam ruang pendengaran mereka. Ingatlah bahwa banyaknya pujian yang Anda berikan akan sebanding dengan tindakan positif yang akan mereka lakukan kelak. Sebaliknya, hindari memberikan caci-maki dan kata-kata yang bermaksud merendahkan harga diri anak. Meskipun mereka belum mampu bersilat lidah, namun mereka memiliki harapan yang sama dengan Anda untuk didengarkan ucapannya, dihargai tindakannya, dan mendapatkan respons yang menyenangkan dari orang-orang di sekitarnya.

Bukan hanya dengan kata-kata, setiap guru juga perlu mendorong muridnya dengan tindakan nyata. Memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada murid dan merayakannya di dalam kelas adalah pengalaman yang tak terlupakan dalam hidup mereka. Meski hal itu terkesan remeh bagi Anda, namun tidak bagi mereka. Setiap bentuk perbuatan yang mengisyaratkan penghargaan terhadap murid adalah sebaik-baik bentuk motivasi pendidikan bagi anak-anak. Mereka tidak membutuhkan berapa banyak hadiah yang akan diterima, namun seberapa sering Anda hadir di dalam mendampingi proses tumbuh kembang alam berpikir mereka sejak kecil.

Memotivasi murid membutuhkan pelatihan karena tidak semua guru mampu berperan ganda menjadi pendidik sekaligus motivator bagi murid-muridnya. Oleh karena itu, teruslah belajar mengenal setiap murid Anda dengan baik. Bayangkan betapa hebatnya negara kita bila setiap murid yang Anda didik mampu menjadi motor penggerak kemajuan bangsa Indonesia. Apakah Anda mau terlibat di dalamnya atau diam saja? Silakan mengambil keputusan penting dalam hidup Anda.

Semoga tulisan sederhana ini mampu memberi inspirasi bagi setiap guru, pendidik dan pengajar di Indonesia dalam mencerdaskan murid-muridnya.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Guru Wajib Mendorong dan Memberi Pujian Kepada Muridnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *