Teori Daya Untuk Kesuksesan Belajar Siswa

Fun games kerjasama murid sekolah dasar
Fun games kerjasama murid sekolah dasar

Sebagai acuan dalam proses belajar untuk memperoleh kesuksesan belajar maka setiap guru terlebih dahulu harus mengetahui teori-teori belajar. Salah satu teori yang digunakan dalam belajar adalah teori daya. Menurut psikologi daya, mental manusia terdiri dari sejumlah daya yang satu sama lain terpisah, misalkan daya mengamati, daya mengingat, daya menanggapi, daya mengkhayal dan daya berpikir. Setiap daya dapat dilatih, misalnya melatih daya mengingat dapat dilakukan dengan cara hafalan. Daya berfikir dapat dilatih melalui matematika dan lain-lain.

Tujuan belajar menurut teori daya adalah meningkatkan kemampuan daya-daya melalui latihan. Nilai suatu bahan pelajaran terletak pada nilai formalnya, bukan pada nilai materialnya. Menurut Muhammad Ali, segala materi yang dipelajari oleh siswa tidaklah penting untuk dipersoalkan sebab yang lebih utama dari sebuah bahan pelajaran adalah pengaruhnya dalam membentuk daya-daya tertentu.

Kemampuan daya yang sudah terbentuk dan berkembang pada diri seorang guru dapat ditransfer atau dialihkan pada situasi baru kepada siswa di dalam kelas. Itulah sebabnya pembentukan daya berpikir adalah hal yang paling penting dalam proses belajar sebab kemampuan berpikir dapat ditransfer ke dalam berbagai situasi baru di dalam kehidupan.

Bagikan tulisan ini:

2 Replies to “Teori Daya Untuk Kesuksesan Belajar Siswa”

  1. Terima kasih sudah berbagi ilmu yang sangat berguna ini. Informasi ini akan saya gunakan untuk mengajak murid-murid di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *