sibuk jalan-jalan terus nih

Arti Nasionalisme Bagi Pelajar Indonesia

Menurut Anda apakah definisi nasionalisme? Kata nasionalisme identik dengan kebangsaan. Dan kebangsaan Indonesia sendiri sifatnya pluralisme, itulah seperti yang dikatakan oleh almarhum Gus Dur.

Jadi kalau kita memaknai nasionalisme itu sendiri adalah cinta tanah air, dan cinta tanah air itu bisa kita maknai salah satunya dengan pengorbanan diri sesuai dengan profesi kita. Jika pekerjaan kita sebagai pelajar maka bentuk nasionalisme adalah dengan cara belajar dengan sungguh-sungguh dan berprestasi dengan baik.

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, nasionalisme menjadi tonggak bagi pemuda sebagai pemimpin di masa depan. Bedanya, saat ini banyak pemuda yang memakai nasionalisme budaya Barat dan jarang yang mempedulikan rakyat jelata. Jika nasionalisme tidak ditanamkan saat ini, maka pemuda bisa menjadi agresif dan lupa pada bangsanya.

Pendidikan Nasionalisme Indonesia

Pendidikan bukan hanya di kampus dan sekolah saja, lebih dari itu, pelajar harus melompat jauh dari tempo kuliah dan pendidikan dengan cara menyerap pengetahuan dari pergaulan masyarakat. Istilah yang dipakai adalah ‘kampusku kampus alam terbuka, dosenku siapapun yang memberikan pengetahuan’.

Jika kita bersedia merenungkan, pendidikan formal tidak dibutuhkan dalam membangun nasionalisme. Banyak orang yang berpendidikan rendah tapi memiliki jiwa nasionalisme tinggi. Sebaliknya, kita lebih dibutuhkan pendidikan karakter yang bisa membuat Indonesia maju di masa depan. Kreatifitas dan keberanian berinovasi merupakan keterampilan yang mahal harganya dalam penanaman karakter pelajar.

Misalkan kita berkaca pada hasil ujian nasional dan menjumpai banyak siswa yang tidak lulus. Pelajar hanya tertuju pada nilai, padahal mereka memiliki bakat dan keterampilan selain di nilai akademis. Akan tetapi negara mewajibkan pelajar harus menempuh nilai, kalau tidak, mereka tidak akan lulus. Sistem pendidikan yang demikian membuat karakter pelajar Indonesia mati.

Penanaman karakter Indonesia bisa kita mulai dari keluarga. Yang pertama harus kita sadari adalah kita semua warga Indonesia. Sudah sepatutnya kita merasa menjadi orang Indonesia dan berkepribadian Indonesia. Jiwa bangsa Indonesia itulah yang hilang dari generasi muda saat ini. Mereka tidak lagi bangga menjadi bangsa Indonesia.

Lalu siapa yang mengaku sebagai warga Indonesia? Apakah hanya saya, Anda, atau beberapa orang saja?

One thought on “Arti Nasionalisme Bagi Pelajar Indonesia

Leave a Reply