Bahaya Memiliki Energi dan Motivasi Diri Yang Tidak Terkendali

kelebihan energi?
kelebihan energi?

Berpikir tanpa belajar bisa jadi hal yang sangat membahayakan. Oleh karena itu, pengalaman terdahulu harus diberdayakan untuk langkah masa kini. Lompatan indah dalam bisnis online pun dan blogging harus memperhitungkan cengkeraman pihak lain. Hindari kecamuk perasaan demi terbentangnya pengharapan.

Apa kabar blogger dan pebisnis online Indonesia? Kita ketemu lagi dengan artikel motivasi diri bersama blog ini. Tahukah kalian bahwa semangat ngeblog dan berbisnis online bisa mengalami perkembangan yang tidak terkendali. Oleh sebab itu, apabila setahun lalu ambisi disarankan untuk selalu dipertegas, maka mulai tahun ini tidak perlu dilakukan lagi karena aspek itu sendiri yang kelak akan mengukuhkan eksistensinya.

Kalau menurut konsep Yin-Yang yang dibuat oleh budaya China, kondisi seperti itu akan memiliki tujuan dan akibat yang berbeda. Yang pertama, ambisi akan memacu lahirnya aspek semangat hingga berpotensi menggelora seperti unsur api. Yang kedua, ambisi itu akan menjadi bercabang-cabang dan membiaskan tujuan itu sendiri. Misalnya ingin sukses di dua bidang yang tidak memiliki kaitan, atau bahkan bertolak belakang.

Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Sekali lagi kerja keras menjadi sebuah kebiasaan efektif yang tidak perlu diragukan lagi keampuhannya. Kerja keras mampu membunuh kemalasan dan mencicil kesuksesan masa depan sedikit demi sedikit. Hanya saja, mengingat kemungkinan dua arah yang berbeda seperti dia atas, maka kita perlu memahami perkembangan situasi yang akan terjadi. Minimal kita bisa memprediksi arah perjalanan yang akan kita lalui.

Di lain pihak, sehubungan dengan kobaran semangat blogger dan pebisnis online yang semakin meningkat, maka kondisi ini dikhawatirkan akan memicu kreatifitas berolah pikir ke kondisi maksimal, melebihi kemampuan individunya. Segala hal yang berjalan secara berlebihan tentu akan berakibat tidak baik. Oleh karena itu, kita perlu mengendalikan diri dalam bersikap dan berperilaku agar bisa sewajarnya.

Bekerja melebihi kemampuan pada dasarnya mengandung makna bahwa kemampuan berolah pikir tersebut tidak didasari oleh pengetahuan yang dimilikinya. Kata-kata bijak para sesepuh dunia blogging dan bisnis online berbunyi:

Belajar dengan berpikir kelak menghasilkan manfaat optimal. Sebaliknya, berpikir tanpa belajar kelak hanya akan mendatangkan petaka yang merugikan.

Sehubungan dengan keinginan untuk mencapai sukses dalam aneka peluang yang tampaknya seperti baik, bisa diibaratkan sebagai orang yang mengendarai kendaraan dengan sekencang mungkin tapi tidak memiliki tujuan pasti. Akibatnya adalah energi yang dibuangnya tersebut tidak akan menghasilkan sesuatu yang memadai. Sudah capek-capek mengayuh sepeda tetapi tidak tahu tempat pemberhentian. Kasian sekali.

Semoga artikel motivasi diri ini bisa memberi manfaat untuk Anda.

One Reply to “Bahaya Memiliki Energi dan Motivasi Diri Yang Tidak Terkendali”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *