Menerapkan Hukum Alam Dalam Memperjuangkan Hidup

natural life
natural life

Barangsiapa ingin mendapatkan kekuatan, maka dia harus berjuang untuk mendapatkannya. Idiom tersebut sudah lama kita kenal sebagai hukum timbal balik yang berlaku secara alami. Manusia adalah bagian dari alam semesta ini. Di alam ini hukum-hukum alam berlaku pada siapapun tanpa pandang bulu. Apakah Anda seorang bos maupun seorang karyawan, semuanya menjalani hukum alam.

Batang kayu yang kuat, batang pohon yang tidak mudah retak, dan batang tanaman yang tidak mudah patah, adalah batang kayu yang berasal dari pohon yang hidup di tempat terbuka. Artinya, pohon tersebut hidupnya tidak terlindung. Pohon tersebut hidup di alam terbuka tanpa perlindungan.

Pohon tersebut sepanjang hidupnya melakukan perjuangan melawan ganasnya alam, panasnya sinar matahari, air hujan yang mengguyur deras, angin kencang yang meniup, bahkan angin badai yang mencoba merobohkan dahannya. Karena perjuangan yang dilakukannya maka batang kayu tadi mendapatkan kekuatannya.

Hal yang sama berlaku pada manusia. Kita menjadi manusia dewasa yang berdiri dengan gagah, megah, dan perkasa seperti sekarang ini karena perjuangan terus-menerus untuk mendapatkan kekuatan. Tanpa perjuangan yang kita lakukan sejak kecil, seperti merangkak, berdiri dan berjalan, barangkali kita akan hidup melata.

Berjuang Membutuhkan Waktu

Menerapkan Hukum Alam Dalam Memperjuangkan Hidup
Menerapkan Hukum Alam Dalam Memperjuangkan Hidup

Selain itu, kita bisa menyaksikan training centre sebagai tempat perjuangan untuk mendapatkan kekuatan. Pada event-event penting olahraga tingkat nasional, atau bahkan olimpiade tingkat internasional, para atlet dikumpulkan di training centre. Disanalah para atlet ditempat latihan keras dengan tambahan beban pelatihan secara lebih intensif. Jadwal pelatihan dan disiplin diri mereka pun juga makin ketat dari hari ke hari.

Anton Irianto menggambarkan bahwa dengan perjuangan tersebut sesungguhnya para atlet sedang melakukan perjuangan untuk menambah kekuatan yang diperlukan untuk memperbaiki prestasi dan menjadi pemenang. Anda bisa bayangkan bagaimana jadinya jika seorang atlet tidak pernah melakukan latihan dan langsung ikut berlomba pada hari perlombaan? Saya yakin hasil yang dicapai tidak akan optimal.

Ada banyak hikmah dari hukum perjuangan ini. Diantaranya adalah apapun situasi kita saat ini, itu adalah hasil perjuangan kita di masa lalu. Kalau kita belum puas dengan kondisi saat ini, jangan-jangan selama ini kita memang belum cukup berjuang. Lakukan instrospeksi diri, temukan bagian-bagian lemah kehidupan Anda. Lalu lakukan perjuangan untuk mendapatkan kekuatan, untuk memperbaiki bagian-bagian lemah tersebut.

Percayalah, Anda tidak akan menjadin kuat tanpa berjuang. Jadi mulailah melakukan perjuangan untuk kehidupan Anda. Semoga artikel ini mampu membangkitkan motivasi diri Anda agar dapat berjuang lebih keras dalam hidup. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *