Saat Kebahagiaan Ditentukan Oleh SMS

SMS menentukan kebahagiaanku anda...
SMS menentukan kebahagiaanku Anda?

Peradaban manusia telah berkembang begitu cepatnya dan melahirkan berbagai perilaku aneh. Berbagai penemuan mutakhir berhasil dipatenkan. Pola perilaku manusia pun turut berubah seiring dipakainya alat-alat berteknologi modern. Tentu saja hal itu mempengaruhi pola perilaku mereka, terlebih lagi dalam hal komunikasi melalui telepon genggam atau HP. Manusia telah disetir oleh HP. Tak seharipun manusia dapat melepaskan diri dari berkirim kabar melalui SMS.

Inilah masa dimana SMS telah mempengaruhi tingkat kebahagiaan manusia. Pernyataan itu terdengar cukup aneh, tapi memang suatu kebenaran yang ada di masyarakat. Emosi seseorang dipengaruhi oleh informasi yang dia baca melalui kabar pesan singkat SMS. Berita SMS menghasilkan respons sedih dan gembira, kecewa dan bahagia, pro dan kontra, serta berbagai reaksi lainnya. Pada akhirnya, respons tersebut menuntun langkah seseorang untuk bertindak.

SMS juga mempengaruhi nasib seseorang. Kita lihat saja fakta dalam dunia bisnis dan hiburan. Betapa banyak publik figur yang memiliki nasib lebih baik karena adanya dukungan SMS dari masyarakat penggemar mereka. Ajang pemilihan tokoh idola, jajak pendapat melalui SMS, layanan seni dan musik di HP, dan berbagai aksi simpatik lainnya berlangsung melalui teknologi SMS. Kondisi ini telah diterima oleh publik sebagai kewajaran. Justru manusia yang menolak berkomunikasi dengan teknologi dianggap sebagai manusia terbelakang.

Tak pelak lagi, sebuah SMS bisa memotivasi seseorang untuk hidup lebih baik ataupun menjadi seseorang bertambah buruk pola pikirnya. Apa yang bisa kita lakukan? Kecanggihan teknologi tidak bisa kita tolak kehadirannya. Tapi kita sebagai manusia yang berakal dan memiliki hati nurani memiliki kuasa untuk memilih berbagai pilihan media komunikasi. Teknologi terbaik adalah yang memiliki resiko paling sedikit bagi kehidupan manusia. Minimalkan resiko, maksimalkan manfaat.

Berita SMS tidak selalu merupakan suatu kebenaran mutlak. Tidak selayaknya pikiran kita berfokus pada sebuah SMS sebelum semuanya benar-benar menjadi sebuah kenyataan. Kita bisa menjadi kecanduan SMS, kita juga pasti bisa menghentikan dominasi HP pada perilaku sehari-hari. Sudah saatnya kita lebih banyak melakukan tatap muka dan berkomunikasi dari hati ke hati. Kemudahan yang terlalu memudahkan suatu saat akan menjadi kesulitan yang sangat menyulitkan. Semoga posting ini bisa memberikan inspirasi untuk Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “Saat Kebahagiaan Ditentukan Oleh SMS”

  1. yap, sms memang penyampai berita baik masa kini, kadang kalo pending nunggunya bikin gmana gitu… 😀
    terkadang berita baik itu juga mengandung kesedihan, kalo sms.nya undian berhadiah, tentu bagi sebagian orang yang percaya begitu saja… :/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *