Tidak Cukup Niat Baik Saja

I give it to you…

Setiap manusia memiliki cara berpikir yang berbeda-beda dalam menanggapi kebaikan yang diberikan oleh orang lain. Sebagian orang yang bersedia menerima kebaikan itu dengan tangan terbuka, tanpa mempedulikan siapa yang memberikan. Namun ada pula orang yang memerlukan pemikiran panjang untuk bisa menerima orang lain.

Apapun pilihan sikap Anda terhadap kebaikan yang diberikan oleh orang lain, tidak sepatutnya Anda menghalangi orang lain untuk menjalankan amal ibadah baik. Menghalangi orang lain beramal baik sama saja dengan menghalangi seseorang menjalankan ajaran agamanya. Itulah konsep dasar mengapa kita harus selalu berbaik sangka terhadap pemberian orang lain.

Manusia pada umumnya cenderung berburuk sangka terhadap pemberian orang lain. Apakah benda yang diberikan itu halal atau haram? Bagaimana cara dia mendapatkan barang tersebut? Dan berbagai bentuk kecurigaan lainnya. Itulah manusia. Menjalankan perbuatan buruk sepertinya lebih mudah daripada melaksanakan amal ibadah baik karena ketidakpercayaan diantara sesam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *