Contoh Akhlak Terpuji Untuk Membentuk Watak Remaja Bertakwa

Islam memandang bahwa remaja adalah obyek dan subyek pendidikan yang memerlukan perhatian khusus. Remaja merupakan generasi masa depan yang menjadi harapan bangsa. Mereka adalah aset berharga yang harus dipelihara dan dijaga sebaik-baiknya. Segala urusan dan permasalahan yang terkait dengan remaja harus selalu diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

Mengingat peran penting remaja bagi masa depan negara, maka kita harus menanamkan kebiasaan akhlak terpuji bagi remaja. Kebiasaan terpuji akan membentuk watak terpuji pula dalam kehidupan mereka. Akhlak terpuji dibagi menjadi tiga kategori, yaitu akhlak kepada Allah, akhlak kepada orang lain, dan akhlak terhadap diri sendiri. Mari kita bahas contoh-contoh perbuatan terpuji yang harus dibiasakan oleh remaja.

Contoh akhlak terpuji remaja dalam beribadah kepada Allah antara lain:

  1. Bersyukur kepada Allah ketika memperoleh nikmat. Remaja yang berakhlak terpuji akan bersyukur ketika memperoleh prestasi dalam hidup.
  2. Bersabar ketika menghadapi musibah. Ketika orang tua, sahabat, maupun dirinya tertimpa kemalangan, seorang remaja hendaknya bersabar dan tabah dalam menghadapi ujian.
  3. Bertobat kepada Allah setelah berbuat dosa. Setelah melakukan maksiat atau dosa, remaja amat terpuji untuk segera bertobat dan memperbaiki diri.
  4. Ikhlas dalam mengerjakan amal saleh, ketika berada di rumah, di sekolah atau di dalam pergaulan masyarakat.
  5. Bertawakal kepada Allah atas hasil prestasi yang diperoleh setelah berusaha keras dan bersungguh-sungguh dalam belajar.

Beberapa akhlak terpuji remaja kepada orang lain dan terhadap diri sendiri, antara lain:

  1. Taat dan berbakti kepada kedua orang tua (birrul-walidain), selalu mengindahkan perintahnya dan mendengarkan nasihatnya.
  2. Menghormati guru dan ustadz serta orang-orang yang lebih tua dengan menampilkan sikap sopan-santun kepada mereka.
  3. Menghargai teman sebaya atau orang lain yang lebih muda, misalnya dengan bertutur kata yang baik dan sopan.
  4. Memilih pergaulan yang positif untuk masa depannya. Misalnya berteman dengan anak yang pintar, baik dan saleh. Remaja juga perlu aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan, serta senang menimba ilmu dari pengalaman orang yang berwawasan agama dan lebih tua.
  5. Menjauhi pergaulan negatif yang dapat merusak prestasi belajar, seperti berpacaran, pergaulan bebas, tawuran, dan bergabung ke geng remaja yang bersifat anarkis.
  6. Meninggalkan hal-hal yang menjerumuskan diri mereka ke dalam maksiat kepada Allah dan pembangkangan terhadap perintah serta nasihat orang tua dan guru.
  7. Menghindari perilaku yang merusak diri sendiri, seperti membolos sekolah, merokok, berjudi, meminum minuman keras, mengkonsumsi narkoba, dan lain-lain.

Di tangan generasi muda inilah perjalanan bangsa, masyarakat, negara dan peradaban umat manusia ditentukan. Demikian pula halnya dengan maju dan mundurnya masyarakat, serta keterpurukan yang dialami oleh sebuah bangsa bergantung kepada karakter generasi muda. Mari kita beri mereka keteladanan dan pendidikan karakter terpuji untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Contoh Akhlak Terpuji Untuk Membentuk Watak Remaja Bertakwa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *