Diklat Standarisasi Guru Al-Quran Se-Jawa Timur di Masjid Jami’ Jombang

Rumah Cerdas Islami - Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center
Rumah Cerdas Islami – Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center

Lembaga Bimbingan Membaca Al-Quran (BMQ) At-Tartil telah sukses mengadakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Standarisasi Guru Al-Quran Se-Jawa Timur di Aula Lantai 2 Masjid Jami’ Jombang. Sudah banyak kegiatan seperti ini dilaksanakan oleh BMQ At-Tartil. Salah satunya acara tersebut berlangsung selama dua hari pada Sabtu dan Ahad, tanggal 2 dan 3 Februari 2013. Acaranya sudah lama, tapi masih membekas dalam ingatan saya. Kegiatan diklat bertujuan menambah kemampuan guru mengaji dalam mengajarkan Al-Quran kepada para santri di TPQ mereka masing-masing.

Sebanyak 120 ustadz dan ustadzah telah terdaftar dan mengikuti Diklat Standarisasi Guru Al-Quran di masjid yang terletak di utara Alun-alun Jombang tersebut. Para peserta diklat berasal dari sejumlah kota di Jawa Timur, antara lain Jombang dan Kediri. Ustadz Imam Syafi’i dan Ustadz Fachrudin Sholih hadir dan memberikan kuliah umum pada hari pertama pelaksanaan diklat. Diklat dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Jombang dan didukung sepenuhnya oleh pengurus Masjid Jami’.

Ustadz Imam Syafi’i memberikan materi kepada peserta diklat pada sesi pertama hari pertama diklat. Sedangkan sesi kedua hari pertama diisi oleh Ustadz Fachrudin Sholih. Diklat hari pertama membahas materi Paket Dasar buku At-Tartil Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3, dan Jilid 4. Materi yang dibahas antara lain makhorijul huruf, shifatul huruf, bacaan panjang, bacaan jelas, bacaan dengung, dan lain-lain.

Diklat hari kedua diisi oleh Ustadzah Bai’ Rohaini dan Ustadz Imam Syafi’i. Sedangkan pembawa acara tetap dipercayakana kepada Ustadzah Eila Mauliddiyah. Pada sesi pertama diklat yang dimulai pukul 07.30 WIB diisi oleh Ustadzah Bai’ Rohaini dengan materi buku At-Tartil Jilid 5 dan Jilid 6. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan metode pengajaran Al-Quran yang telah terbukti efektif untuk dilaksanakan di lapangan.

Sesi kedua hari kedua sekaligus menjadi penutupan acara Diklat diisi oleh Ustadz Imam Syafi’i. Ustadz Syafi’i mempraktekkan cara mengajar santri Jilid Al-Quran Paket Marhalah, baik Marhalah Awal, Marhalah Wustho, maupun Marhalah Akhir. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Diklat. Diklat tersebut menjadi bahan materi tambahan untuk pelaksanaan Munaqosah peserta PGPQ At-Tartil se-Jawa Timur.

Hal yang paling mengharukan dalam kegiatan ini adalah adanya salah satu peserta diklat yang berumur 55 tahun. Beliau adalah Ustadzah Sumarsih yang juga sama-sama berasal dari Mojowarno seperti asal tempat saya. Walaupun usianya tidak lagi muda, semangat beliau terbilang luar biasa untuk terus belajar membaca Al-Quran. Semoga tulisan singkat ini bisa memberi inspirasi kepada Anda agar selalu meningkatkan iman dan takwa kepada Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *