Halal Bihalal BMQ At-Tartil Se-Kabupaten Jombang di Mojowarno

Rumah Cerdas Islami - Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center
Rumah Cerdas Islami – Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center

Beberapa bulan lalu berlangsung halal bihalal para ustadz/ustadzah pengajar BMQ At-Tartil se-Kabupaten Jombang di Masjid Al-Hidayah, depan KUA Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Acara ramah-tamah dan silaturahim ini merupakan penanda dimulainya kembali kegiatan PGPQ At-Tartil di Jombang setelah sempat libur selama sebulan karena moment Hari Raya Idul Fitri. Event akbar ini disebut juga sebagai TEGURAN (Temu Guru Al-Quran) Se-Kabupaten Jombang.

Kegiatan halal bihalal pada awalnya direncanakan akan digelar pada Ahad, 16 September 2012 nanti. Tapi entah karena alasan apa, maka event pertemuan antar ustadz/ustadzah ke sekabupaten Jombang ini dimajukan menjadi Ahad tanggal 9 September 2012 kemarin. Saya mendapat undangan melalui SMS pada hari Sabtu, 8 September 2012 sekitar pukul 20.00 WIB. Meski acara ini terkesan dadakan, alhamdulillah saya bisa datang.

Acara halal bihalal BMQ At-Tartil Kabupaten Jombang kali ini mengambil lokasi tidak seperti biasanya di pusat kota Jombang. Lokasi yang dipilih relatif jauh dari ibukota Kabupaten, yaitu di kecamatan Mojowarno yang berada pada ujung timur wilayah Kabupaten Jombang. Ketua Koordinator BMQ At-Tartil Kab. Jombang, ustadzah Fauziyah, awalnya pesimis acara ini akan diminati oleh para undangan. Tapi ternyata perkiraan tersebut meleset.

Meningkatkan Motivasi dan Kepercayaan Diri

Silaturahmi dan ramah tamah yang berlangsung di masjid yang juga berada pada satu kompleks dengan MI Perwanida itu dihadiri para pengajar PGPQ dari Bandar Kedungmulyo, Perak, Mojoagung, Megaluh, Ngoro, Bareng, Mojowarno, Gudo, serta beberapa kecamatan lainnya yang sudah memiliki kegiatan PGPQ. Yang lebih mengharukan lagi adalah acara silaturahmi BMQ At-Tartil ini dihadiri oleh tamu dari PGPQ Kabupaten Madiun.

TEGURAN dimulai dengan khotmil Quran. Saya sampai di lokasi sekitar pukul 08.15 WIB. Terlambat 15 menit dari jawal undangan semula. Meski demikian, belum banyak undangan yang hadir. Sesudah absen di meja panitia, saya kebagian membaca Al-Quran juz 16. Singkat cerita, dalam waktu satu jam para undangan sudah meng-khatamkan Al-Quran dari juz 1 sampai juz 30. Sungguh menyenangkan bisa berada di jajaran kawan-kawan sesama pengajar di BMQ At-Tartil. Sangat menggembirakan bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang memiliki visi dan misi yang seirama.

Dalam sesi tausiyah, Ustadz Kasiyanto berbagi pengalaman mengenai beberapa karakter yang harus dimiliki oleh setiap ustadz atau ustadzah. Beberapa diantaranya adalah harus cerdas dan kreatif, sabar dalam mensyiarkan agama Islam, mampu memberi teladan bagi santri, adil dalam mengajar, dan bersifat amanah dalam menyampaikan ilmu pengetahuan agama Islam. Unsur kreatifitas dan inovasi pengajaran menjadi perhatian utama ceramah agama kali ini.

Sepulang dari acara halal bihalal BMQ At-Tartil di Mojowarno tersebut pikiran saya lantas berproses. Saya merespons banyak ide-ide menarik dan kreatif tentang memajukan pendidikan anak-anak Islam di lingkungan tempat tinggal. Saya memiliki rencana jangka panjang tentang bagaimana mencerdaskan para santri di Desa Guwo sehingga mereka bisa memiliki pengetahuan agama dan pendidikan akademis yang sama hebatnya. TEGURAN kali ini memberikan suntikan motivasi diri yang hebat bagi saya. Semoga saya bisa menjalankan semuanya.

3 Replies to “Halal Bihalal BMQ At-Tartil Se-Kabupaten Jombang di Mojowarno”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *