Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha Tahun 2017 di Guwo, Latsari, Mojowarno, Jombang

Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan gajah dari perburuan liar di Indonesia oleh Hardi Cantrik
Gambar ilustrasi upaya penyelamatan hewan gajah dari perburuan liar di Indonesia oleh Hardi Cantrik

Masyarakat muslim di Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah pada Jumat, 1 September 2017. Umat Islam bergembira pada hari raya Idul Adha setelah malam sebelumnya mengikuti takbir keliling Idul Adha di tempat tinggalnya masing-masing. Demikian pula dengan penduduk muslim yang berada di Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Masyarakat muslim Guwo larut dalam kegembiraan Hari Raya Idul Adha sejak pagi hingga siang.

Masyarakat muslim Guwo mengikuti sholat Idul Adha di Masjid Baitussalam yang laksanakan pada Jumat pagi sekitar pukul enam. Meski tidak semeriah pelaksanaan Sholat Hari Raya Idul Fitri, pelaksanaan Sholat Hari Raya Idul Adha kali ini menarik minat banyak kalangan untuk mengetahui jumlah hewan qurban yang akan disembelih.

“Kami ingin tahu persebaran hewan qurban di Dusun Guwo,” ujar Fadil, salah satu warga yang mengikuti kegiatan sholat Idul Adha. Sholat Idul Adha dilaksanakan dengan tertib dan berakhir sekitar pukul tujuh. Usai melaksanakan sholat Idul Adha, warga berkumpul di halaman masjid sambil membawa makanan yang disedekahkan kepada seluruh warga yang mengikuti ibadah di masjid. Anak-anak tampak antusias memilih jenis makanan yang mereka sukai.

Setengah jam kemudian sedekah makanan usai digelar dan masyarakat berkumpul untuk menyembelih hewan qurban. “Hewan kambing yang disembelih tahun ini terdiri dari 4 kambing di Masjid Baitussalam, 8 kambing di Musholla Utara, 5 kambing di Musholla Timur, dan 12 kambing di Musholla Selatan,” ujar Zaenal Arifin, ketua takmir Masjid Baitussalam.

Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Jumat. Oleh karena itu, panitia penyembelihan hewan qurban di Dusun Guwo bergegas melaksanakan tugasnya agar bisa terselesaikan secepatnya sebelum pelaksanaan Sholat Jumat pada pukul setengah dua belas siang. Puluhan anggota Remaja Masjid Baitussalam tampak sigap membantu para pria dewasa yang bertugas menyembelih kambing. Mereka ikut mencuci bagian organ dalam kambing sebelum dibagikan kepada warga.

Petugas penyembelihan hewan qurban dibagi menjadi beberapa tugas, yaitu tukang jagal, tukang potong daging, tukang potong tulang, bagian kebersihan organ dalam, dan bagian penimbangan. Para petugas bekerjasama mengejar waktu. Semua daging qurban telah selesai dipotong, dibersihkan dan dibagikan kepada warga sekitar pukul sepuluh pagi. Para pria dewasa segera membersihkan diri untuk bersiap melaksanakan ibadah sholat Jumat.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Dusun Guwo tahun ini berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Berdasarkan pengamatan penulis, tidak terdapat penyalahgunaan pengelolaan daging qurban sebagaimana terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Minimnya hambatan pengelolaan hewan qurban tahun ini disebabkan oleh sedikitnya peranan wanita bertangan panjang yang ikut mengelola daging qurban. Tidak adanya pencurian daging qurban menghasilkan persebaran daging qurban yang lebih merata kepada warga.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir sebuah perusahaan minuman kesehatan pria dewasa yang mendirikan sebuah stand untuk mempromosikan produk mereka. Keterlibatan perusahaan komersil dalam proses penyembelihan hewan quran merupakan kerjasama yang diharapkan bisa menguntungkan kedua pihak, yaitu korporasi dan masyarakat. Selain itu, melalui publikasi kegiatan Idul Adha di desa-desa, perusahaan yang terlibat dalam kerjasama dengan masyarakat dapat menyiarkan ragam kearifan lokal penduduk Jombang dalam meramaikan Hari Raya Idul Adha tahun 2017 ini.

3 Replies to “Penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha Tahun 2017 di Guwo, Latsari, Mojowarno, Jombang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *