Kumandangkan Lirik Syair Shalawat Tarhim Subuh Untuk Syiar Islam

Penampilan seni musik Islami Banjari oleh TPQ Al-Mujahiddin Guwo Mojowarno Jombang
Penampilan seni musik Islami Banjari oleh TPQ Al-Mujahiddin Guwo Mojowarno Jombang

Bagaimana kabar sobat blogger Jombang hari ini? The Jombang Taste kembali menyapa Anda dengan artikel kehidupan masyarakat Jombang. Public speaking adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang ketika hidup di tengah pergaulan masyarakat. Seringkali manusia berotak cerdas gagal sukses hidup di masyarakat karena kemampuan public speaking-nya lemah.

Saya pernah mencatatkan sebuah pengalaman baru, yaitu mengumandangkan Syair Shalawat Tarhim sebelum sholat jamaah subuh di Masjid Baitussalam Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Setelah latihan mengambil nada-nada tinggi pada lirik sholawat tarhim selama seminggu, saya bertekad harus mempraktekkan apapun hasilnya. Biar kata nafas saya nggak sampai pada pitch control-nya (itu kata Trie Utami), saya mencoba sebaik mungkin mengumandangkan sholawat tarkim (cara pelafalan ‘tarhim’ menurut orang Jawa tempoe doeloe). Perlu latihan lebih banyak agar lebih baik.

Menurut saya, suara saya tidak terlalu jelek, 11/12 sama Opick-lah. Hehehe. Namanya juga orang narsis tingkat kabupaten. Boleh dong kita percaya diri. Tantangannya sebenarnya bukan pada masalah kualitas suara. Tetapi lebih mengarah pada kepercayaan diri dan niat ikhlas dalam menyiarkan agama Islam di akhir zaman. Meskipun baru bangun tidur dan udara sangat dingin, dan ini berpengaruh bagi ketebalan pita suara, kalau kita sudah punya niat baik maka harus dijalankan.

Selama setahun saya tinggal di desa ini pasca back to home dari ‘berkelana’, saya belum pernah mendengar ada pemuda remas yang mengumandangkan Syair Sholawat Tarhim subuh di masjid ini. Yang ada hanyalah suara kaset yang diputar melalui sistem pengeras suara masjid. Karena selama ini yang mengucapkan syair Shalawat Tarhim tak lain dari sebuah mesin, jadinya ya nggak terlalu berkesan. Asal bunyi dan melakukan rutinitas belaka.

Kalimat Sholawat Tarhim Subuh

Berikut ini lirik dan syair Shalawat Tarhim subuh. Jika ada kesalahan tulis atau ejaan, silakan dikoreksi di kolom komentar.

Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk

Yâ imâmal mujâhidîn

yâ Rasûlallâh

Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk

Yâ nâshiral hudâ

yâ khayra khalqillâh

Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk

Yâ nâshiral haqqi

yâ Rasûlallâh

Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk

Yâ Man asrâ bikal muhayminu laylan

Yâ Man asrâ bikal muhayminu laylan nilta mâ nilta wal-anâmu niyâmu

Wa taqaddamta lish-shalâti fashallâ kulu man fis-samâ wa antal imâmu

Wa ilal muntahâ rufi’ta karîman

Wa ilal muntahâ rufi’ta karîman wa sabi’tan nidâ ‘alaykas salâm

Yâ Man asrâ bikal muhayminu laylan nilta mâ nilta wal-anâmu niyâmu

Wa taqaddamta lish-shalâti fashallâ kulu man fis-samâ wa antal imâmu

Wa ilal muntahâ rufi’ta karîman wa sabi’tan nidâ ‘alaykas salâmu

Yâ karîmal akhlâq

yâ Rasûlallâh

Shallallâhu ‘alayk

wa ‘alâ âlika wa ashhâbika ajma’în

wal hamdulillahi robbil alamin

Semaraknya syiar Islam di masa mendatang tergantung pada kemauan para pemuda untuk mempelajari dan mengamalkan syariat Islam. Mungkin kita bisa mengandalkan golongan orang tua saat ini. Tapi bagaimana dengan masa sepuluh tahun mendatang? Apakah ada jaminan mereka masih hidup dunia? Jika kita tidak menyiapkan sistem regenerasi yang bagus, sangat mungkin masjid dan musholla akan sepi jamaah. Gejala menjauhnya anak muda dari kegiatan agama sudah kita rasakan saat ini ketika dunia modern menggempur nilai-nilai religi dari berbagai sisi.

Dengan melatih anak-anak muda, terutama para anak laki-laki, mengucapkan sholawat tarhim sebelum shalat berjamaah subuh, setidaknya kita bisa membiasakan perilaku terpuji kepada mereka. Kebiasaan bangun lebih awal untuk mengumandangkan lirik shalawat tarhim subuh akan melatih kedisiplinan mereka dalam hidup. Mereka akan berusaha sholat lima waktu secara berjamaah di awal waktu, sekaligus mempersiapkan diri lebih pagi untuk berangkat sekolah maupun bekerja.

Semoga artikel syair sholawat tarhim ini bisa berguna untuk Anda. Mari semarakkan syiar Islam di bumi Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *