wallpaper islam berwarna hijau

Motivasi Kehidupan Islami Dari Mempelajari Al-Qur’an

Kitab suci Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi umat muslim di seluruh dunia. Al-Quran sebagai rahmatan lil ‘alamin berfungsi sebagai rahmat dan membawa petunjuk bagi setiap tindakan manusia di dunia. Motivasi kehidupan Islami bersumber dari Al-Quran dengan niat menjalankan kebaikan untuk beribadah kepada Alah dan demi kemaslahatan umat.

Artikel kali ini merupakan sharing motivasi yang ingin saya tularkan kepada kawan-kawan blogger muslim di Indonesia. Selama beberapa bulan terakhir ini saya mendapatkan ‘kesempatan hidup yang kedua’ karena mendalami ilmu membaca Al-Quran sebagai guru pengajar Quran. Sudah tidak terhitung jumlah artikel yang telah saya bagi melalui blog The Jombang Taste mengenai hal tersebut.

Yang bisa saya katakan kali ini adalah bahwa Al-Quran adalah mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad. Al-Quran tidak butuh dipelajari. Justru manusia yang sebenarnya membutuhkan Al-Quran agar kehidupan mereka teratur, harmonis dan tidak menimbulkan kekacauan. Al-Quran mampu memberikan syafa’at bagi siapa siapa yang mempelajari dan mengamalkannya.

Motivasi Menjalankan Agama Islam

wallpaper islam berwarna hijau

wallpaper islam berwarna hijau

Apakah yang dimaksud dengan syafa’at Al-Quran? Secara sederhana, saya dapat menjelaskan bahwa syafa’at adalah manfaat yang dihasilkan dari mempelajari Al-Quran. Dan Allah tidak tanggung-tanggung dalam memberi syafa’at bagi mereka yang meyakini kebenaran isi kitab suci Al-Quran. Tidak perlu menunggu di akhirat, syafa’at Al-Quran bisa langsung diturunkan ketika manusia masih hidup di akhirat.

Fakta unik yang saya temui di lapangan adalah: Al-Quran melakukan seleksi alam kepada muslim yang bersungguh-sungguh mempelajari dan mengamalkan kandungan isi Quran. Kita tidak perlu memaksa setiap orang mempelajari Quran agar motivasi hidup mereka bertambah. Alam akan memilih secara otomatis siapa saja manusia-manusia yang layak mendapat tempat terdekat disisi-Nya. Mungkin Anda, mungkin juga saya. Atau bahkan kita semua.

Berbekal dari pemahaman di atas maka saya merasa hidup kembali karena mendapat pencerahan dari Al-Quran. Saya sudah belajar membaca Al-Quran sejak di bangku sekolah hingga masa bekerja kantoran. Baru pada usia 27 tahun saya menemukan suntikan semangat hidup yang luar biasa dari belajar Al-Quran. Anda pun bisa mendapatkan manfaat serupa dengan mempelajari isi kandungan Al-Quran dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan nyata.

Semoga artikel ini bisa memberi tambahan motivasi kehidupan Islami bagi kawan-kawan muslim. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply