Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Tahun 2019

Pemukul Alat Musik Banjari di Gebyar Sholawat Murid SD
Para Pemukul Alat Musik Banjari di Gebyar Sholawat Murid SD se-Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang pagi ini dipenuhi oleh guru-guru agama Islam se-Kabupaten Jombang. Rabu, 20 November 2019 ini merupakan kesempatan penuh berkah bagi setiap guru Pendidikan Agama Islam, pembimbing muatan lokal keagamaan Islam, dan pembimbing Pendidikan Diniyah di lingkungan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jombang untuk bertatap muka dan bersilaturahmi. Mereka semua hadir bersama dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2019 bersama para pejabat dan staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dimulai dengan pembacaan surat Yasin oleh seluruh hadirin yang berjumlah sekitar 2000 orang. Mereka tampak mengikuti bacaan Surat Yasin secara bersama-sama dengan khusyu’. Para jamaah memenuhi halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang mulai dari arah utara hingga penuh ke selatan. Sebagian tamu undangan memilih duduk berjajar ke arah timur mendekati Aula 1 dari kompleks gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. Cuaca tadi pagi tidak terlalu terik sehingga sangat mendukung kelancaran acara ini.

Pembacaan Yasin dan Maulid Diba’

Usai mengikuti pembacaan surat yasin, seluruh tamu dan hadirin mengikuti pembacaan maulid diba’ oleh grup sholawat Seribu Rebana Kabupaten Jombang. Wajah-wajah mereka sudah tidak asing lagi bagi setiap tamu undangan karena acara seperti ini pernah dilaksanakan tahun lalu di tempat yang sama oleh Dinas Pendidikan Kabupaten jombang. Di antara wajah-wajah para vokalis sholawat Seribu Rebana Kabupaten Jombang tampak antara lain ustadz kembar Abdul Hakim dan Abdul Hakam, serta ustadz Zudi Sarwojati. Lantunan suara mereka berhasil membius ruang pendengaran para tamu undangan.

Acara terus berjalan sesuai harapan. Sekitar pukul 09.00 WIB telah tiba tamu undangan utama dari acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, yaitu Bupati Jombang. Bupati Jombang Ibu Nyai Hajjah Mundjidah Wahab hadir dan memberi sambutan di hadapan para tamu hadirin sekalian yang memenuhi halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang. Bupati Jombang menyatakan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir dan bersedia membiayai kegiatan ini secara mandiri dari masing-masing kelompok kerja guru pendidikan agama Islam di setiap kecamatan se-Kabupaten Jombang.

Pidato Bupati Jombang

Selain itu, Bupati Jombang juga menyatakan perlunya pendidikan agama dan pendidikan keagamaan di jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di seluruh Kabupaten Jombang. Beliau juga menyinggung dampak pelaksanaan mata pelajaran muatan lokal keagamaan Islam yang pada awalnya dikhawatirkan akan menimbulkan konflik dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Taman Pendidikan Al-qur’an (TPQ) di desa-desa. Namun pada kenyataannya ternyata pelaksanaan mata pelajaran muatan lokal keragaman Islam dan taman pendidikan Al-qur’an justru berjalan saling mendukung satu sama lain.

Bagian pamungkas dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2019 di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang adalah ceramah agama dari Kyai Haji Nur Habibillah. Pria bertubuh subur ini menyampaikan pentingnya membaca shalawat bagi setiap umat Islam. Nabi Muhammad adalah idola dan panutan setiap umat Islam sehingga namanya layak disebut setiap saat melalui bacaan Sholawat Nabi. Beliau mengingatkan kembali kepada para guru agama Islam di Jombang untuk selalu bersabar dalam mendidik murid di sekolah.

KH. Nur Habibillah juga berujar pendidikan agama yang berlangsung di kabupaten Jombang telah sangat berjalan sangat baik. Oleh karena itu setiap guru harus bisa menjadi teladan bagi para siswa yang diajarnya. Selain itu beliau juga berpesan kepada seluruh wanita agar menjaga keharmonisan rumah tangganya dan tidak banyak menuntut suaminya untuk memberikan nafkah yang melebihi kemampuannya. Pola hidup sederhana menghasilkan rumah tangga keluarga bahagia, terutama keluarga guru bisa berlangsung dengan harmonis.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di kantor dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Jombang tahun 2019 berakhir sekitar pukul 11.00 WIB. Setiap tamu undangan dan hadirin pun bergegas untuk meninggalkan lokasi kegiatan secara teratur. Mereka berjalan kaki menuju tempat parkir kendaraan yang berlokasi di halaman sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 1 Jombang dan tempat parkir sekolah menengah atas negeri (SMAN) 2 Jombang. Para tamu undangan pun berharap berkah bacaan shalawat di acara maulid nabi ini bisa memberikan keberkahan hidup kepada mereka, baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Tahun 2019”

  1. Semangat gotong royong dan hidup rukun selalu tercermin dari perilaku masyarakat Jombang. semoga para guru ini bisa menjadi teladan yang baik bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *