Bagaimana Cara Membangun Kekompakan Kerjasama Anggota Tim?

Bagaimana Cara Membangun Kekompakan Kerjasama Anggota Tim
Bagaimana Cara Membangun Kekompakan Kerjasama Anggota Tim

Kerjasama tim mutlak diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi. Seberapa hebat pun seorang pemimpin, ia tidak akan sanggup mencapai sasaran kegiatan bila ia tidak memiliki semangat kerjasama tim. Kerjasama tim tampak dalam kebersamaan menjalankan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan dan dieksekusi berdasarkan tugas dan tanggungjawab masing-masing orang. Lalu, bagaimana cara membangun kekompakan dan kerjasama tim?

Kekompakan tim dapat tercipta kalau setiap person di dalam tim tersebut menyadari posisinya dan memiliki rasa untuk membesarkan organisasi. Karena perasaan dan jiwa manusia sifatnya personal, maka pendekatan secara pribadi harus dilakukan sejak awal. Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda. Slogan iklan parfum tersebut sangat benar. Persepsi perjumpaan pertama sangat mempengaruhi langkah selanjutnya. Kegagalan menciptakan citra baik di awal dapat merusak usaha membangun personal branding di kemudian hari.

Pendekatan pribadi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tidak harus di kantor ataupun tempat kerja. Bahkan sebagian marketer merasa lebih dihargai bila mereka diajak makan siang oleh pemimpin mereka di luar kantor. Pembicaraan tanpa batas egoisme masing-masing orang adalah peluang untuk mengetahui kelemahan dan keunggulan masing-masing orang. Dengan memahami keingina pribadi dan kebutuhan organisasi, seorang pemimpin dapat masuk secara intensif ke dalam sisi personal anak buah.

Tidak ada salahnya jika seorang pemimpin sekali waktu meluangkan kesempatan untuk merasakan susahnya hidup di lapangan. Salah satu tanda bahwa pemimpin itu telah berhasil mengambil hati anak buah adalah anak buah bersedia curhat atau bercerita dari hati ke hati tentang permasalahannya. Jika komunikasi baik tidak terjalin, jangan harap seorang pemimpin mampu menggerakkan anak buah secara kompak dalam kerjasama mewujudkan tujuan bersama.

Semoga terinspirasi. Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *