Ketika Bos Khianat Menyalahgunakan Kepercayaan Bawahan

Pertebal Motivasi Diri Dokter di Training Pengembangan Perilaku Welas Asih yang sangat inspiratif
Pertebal Motivasi Diri Dokter di Training Pengembangan Perilaku Welas Asih yang sangat inspiratif

Kalau ingin tahu karakter asli seseorang lihatkan ketika dia sudah berada jauh dari jangkauan Anda. Saat dia masih dihadapan Anda, bisa saja dia bergaul dengan menggunakan topeng. Berpura-pura baik dan berlagak manusia budiman namun dalam hatinya memiliki maksud tersembunyi. Sifat asli seorang pemimpin pun dapat dilihat pada saat dia meninggalkan anak buahnya. Kepemimpinan citra palsu hanya menyisakan bom waktu yang siap meruntuhkan kepercayaan setiap pihak yang terlibat.

Sering kita jumpai seorang pemimpin lemah yang menyandarkan laju gerak organisasi pada seorang mahapatih organisasi. Dia tidak mampu menggerakkan organisasi dengan bijak namun cukup beruntung Tuhan menganugerahkan sejumlah tangan kanan yang andal dan bijak menggantikan fungsinya sebagai seorang leader. Situasi organisasi yang kacau balau tertutupi dengan sejumlah prestasi mengagumkan dari efek gelembung sabun, gebyarnya terlihat sesaat dan segera hilang ditiup angin.

Rotasi kepemimpinan wajar terjadi di perusahaan manapun. Pihak yang paling celaka tentu saja para anak buah yang ditinggalkan. Satu per satu mulai terbuka kedok sang pemimpin khianat. Pengorbanan para anak buah yang selama ini menutupi kekurangannya hilang tak berbekas. Lebih parah lagi, anak buah itu malah mendapatkan hukuman dari kesalahan yang tidak pernah ia lakukan. Menimpakan hukuman pada orang benar sungguh perbuatan fitnah yang keji dan tidak manusiawi. Hanya manusia yang berhati gelap yang tega melakukannya.

Selalu ada celah untuk berkilah. Bagaimanapun juga, bos tidak bertanggungjawab akan berdalih sudah bukan wilayah kekuasaannya lagi untuk memeriksa kesalahan masa lalu. Menyesal? Sudah telat. Kepercayaan yang sudah terjalin selama ini sudah tergantikan oleh kedustaan. Kerjasama yang berawal baik seharusnya mampu menghasilkan kebaikan pula, bukan sebaliknya. Semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi dalam membina hubungan personal yang baik dan menjaga kepercayaan orang-orang di sekitar Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

One Reply to “Ketika Bos Khianat Menyalahgunakan Kepercayaan Bawahan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *