Pemanfaatan Jejaring Sosial Sebagai Media Belajar Bagi Mahasiswa

Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free
Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free – From Pinterest

Motivasi belajar bisa datang dari dalam diri sendiri maupun orang lain. Rasanya tak bijak jika Anda mengandalkan dukungan motivasi dari orang lain secara terus menerus. Miliki semangat dalam diri untuk menjadi yang terbaik, kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Apa kabar kawan blogger Indonesia? Semoga Anda selalu bersemangat dalam menjalani hidup dan kehidupan ini. Terlebih lagi bagi kawan-kawan blogger yang saat ini masih menjalani aktifitas akademis dalam kelas perkuliahan. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa minat belajar mahasiswa saat ini kian menurun, terutama semenjak makin maraknya layanan internet murah maupun gratisan. Motivasi belajar mahasiswa menjadi naik-turun, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Kita semua pasti setuju bawah layanan internet murah dan gratis adalah buah dari kecanggihan teknologi. Sebagaimana para ahli menyatakan bahwa teknologi saat ini menjadi pisau bermata ganda. Di satu menguntungkan masyarakat, namun pada sisi lainnya siap memberikan kehancuran bagi satu atau lebih aspek kehidupan. Sebagai kelompok akademis, mahasiswa hendaknya bijak dalam memilih sikap. Jadikan teknologi sebagai kawan, bukan lawan.

Saya sendiri pun mempraktekkan hal tersebut. Saya termasuk orang yang memiliki gaya belajar bertipe visual. Saya bisa menangkap materi lebih baik jika saya menuliskan dan membaca materi tersebut. Sebaliknya, saya kurang mampu menangkap pengajaran yang dilakukan dengan cara bercakap-cakap. Oleh karena itu, saya memilih menggunakan media blog pribadi, situs jejaring sosial, dan tablet untuk mempelajari materi perkuliahan yang jumlahnya sangat banyak.

Saya terbiasa menuliskan poin-poin pengajaran dosen melalui timeline Twitter, sesekali di status Facebook. Namun secara umum saya lebih suka mencatat materi di timeline Twitter karena lebih atraktif dan fleksibel. Status Facebook saya gunakan hanya untuk menyapa kawan-kawan yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung. Dari catatan-catatan singkat tersebut saya lebih mudah mencerna maksud pembahasan materi. Interaksi dari follower saya terkadang menambah wawasan saya menjadi lebih baik.

Cara belajar yang lebih asyik dan tidak membosankan dengan memanfaatkan teknologi juga bisa dilakukan dengan aktif menulis di website blog pribadi. Tulisan ini juga merupakan salah satu bentuk pembelajaran saya dalam mengasah kemampuan menulis artikel, baik artikel ilmiah maupun non-ilmiah. Untuk mempermudah segmentasi pembaca, saya terbiasa menulis pada beberapa blog yang berbeda.

Semoga artikel singkat ini bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan hidup Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *