Sungguh Kasihan Pemimpin Yang Takut Mendelegasikan Tugas Kantor

Werner Heisenberg
Werner Heisenberg

Alkisah, terdapat seorang manajer pria yang merasa tidak aman dan takut untuk mendelegasikan pekerjaan kepada bawahannya. Orang yang seperti itu merasa ketakutan untuk menghadapi kenyataan bahwa bila bawahan-bawahannya mampu menjalankan tugasnya maka ia akan menjadi lebih pintar bekerja. Singkat kata, manajer tersebut takut tersaingi kemampuan anak buahnya.

Seorang pemimpin dalam sebuah usaha yang takut kehilangan kendali merasa akan kehilangan pekerjaannya karena diberikan kepada salah satu diantara bawahannya, demikian dikatakan Jack Collis. Hal serupa juga akan terjadi dalam kehidupannya di rumah. Bisa saja dia akan melarang isterinya untuk bekerja dengan alasan takut kehilangan kekuasaan sebagai kepala rumah tangga.

Seperti rasa takut pada umumnya, rasa takut kehilangan kendali adalah rasa takut yang muncul tanpa disadari. Memposisikan diri sebagai bos besar dalam sebuah organisasi usaha hanya akan mencegah Anda pribadi dan orang lain masuk dalam proses pengembangan potensi pribadi yang sebenarnya. Sikap ini tidak seharusnya dijalankan dalam setiap organisasi yang melibatkan kerjasama tim.

Bila Anda memainkan peran yang seperti itu, cepat atau lambat orang-orang di sekitar Anda akan mengetahui permainan tersebut. Dan selanjutnya, mereka akan mengajukan pertanyaan pada diri mereka sendiri: siapakah yang membutuhkan Anda? Ketidakmampuan mendelegasikan tugas hanya akan menjadikan Anda lelah secara fisik dan mental. Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi bagi kemajuan organisasi Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

4 Replies to “Sungguh Kasihan Pemimpin Yang Takut Mendelegasikan Tugas Kantor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *