Berburu Hotel Bujet di Aplikasi Traveloka dan Tiket.com, Mana yang Termurah?

 

Surabaya, Kota Pahlawan yang selalu punya cerita di setiap sudutnya (Sumber: www.skycrapercity.com)

Apakah sobat The Jombang Taste? Akhir tahun sudah tiba dan saatnya kita berlibur untuk melupakan kepenatan sejenak. Liburan ke beragam tempat wisata akan berlangsung seru kalau kita bisa istirahat di hotel yang nyaman dan tenang. Bicara soal hotel, pasti tak jauh dari yang namanya bujet. Bagi saya, hotel bujet adalah pilihan akomodasi yang tepat saat liburan. Kenapa? Soalnya hotel bujet bisa menghemat biaya saat liburan. Dengan begitu, sisa uangnya bisa dialihkan buat jalan-jalan atau makan-makan. Lumayan kan?

Salah satu cara paling mudah mencari hotel bujet adalah dengan menggunakan aplikasi mobile  (seterusnya saya singkat “app”) dari beberapa online travel agent (OTA), seperti Tiket.com, Traveloka, Pegipegi.com dan masih banyak lagi. Masalahnya adalah, mana di antara nama-nama tadi yang bisa kasih penawaran termurah? Nah, untuk membuktikannya, sekarang saya ingin coba membandingkan tarif hotel di masing-masing app milik dua OTA populer di Indonesia: Tiket.com app dan Traveloka app.

Mengapa dua OTA ini yang saya pilih? Salah satu alasan saya, karena baik Traveloka maupun Tiket.com cukup gencar memberikan penawaran spesial, yang bisa kita lihat di iklan TV, bahkan sampai kabin pesawat juga! Untuk pilihan hotelnya, saya akan mengambil tiga hotel bujet beken di salah satu kota besar tujuan wisata di Indonesia, yaitu Surabaya. Penasaran kan mana yang lebih murah? Yuk, simak saja perbandingan harganya di bawah ini:

1. Hotel 88 Embong

Kamar tipe Superior Room di Hotel 88 Embong, Surabaya (Sumber foto www.hotel88.co.id)

Hotel 88 Embong adalah salah satu hotel bujet di Surabaya, yang bertarif kurang dari Rp400.000. Hotel bintang dua ini menjadi primadona bagi pelancong yang berlibur ke Surabaya. Kok saya tahu? Gampang, cukup lihat tingkat popularitasnya berdasarkan review pengguna TripAdvisor. Sebanyak 142 pengunjung rata-rata mengaku puas dengan hotel ini.

Rincian harga final Hotel 88 Gembong Surabaya di Tiket.com app (kiri) dan Traveloka app (kanan)

Setelah melakukan pengecekan dengan waktu inap yang sama (tanggal 18 November 2015), tarif Hotel 88 Gembong yang ditawarkan oleh Traveloka untuk tipe kamar Superior adalah sebesar Rp301.882, sedangkan Tiket.com mematok Rp400.000 per malam untuk tipe kamar serupa. Meski kedua app ini sama-sama memberi harga final sesuai dengan harga yang tertera di awal, namun Traveloka tetap lebih murah Rp100.000 dibanding Tiket.com. Menurut saya, selisih ini terbilang jauh untuk hotel bujet yang memiliki kisaran harga di bawah Rp400.000. Bayangin saja, selisih harganya bisa mencapai 25%!

2. POP! Hotel Gubeng

Kamar tipe Double Room di POP! Hotel Gubeng (Sumber foto: www.pophotels.com)

Beralih ke hotel bujet lainnya, saya akan coba membandingkan hotel bujet yang sudah tersebar di kota-kota besar seantero Indonesia, termasuk di Surabaya. Benar, POP! Hotel Gubeng adalah salah satunya. Hotel bintang dua ini juga tak kalah populer dibanding hotel sebelumnya, karena sebanyak 67 review pengguna TripAdvisor merekomendasikan hotel ini sebagai salah satu penginapan terbaik di Surabaya.

Rincian harga final POP! Hotel Gubeng Surabaya di Tiket.com app (kiri) dan Traveloka app (kanan)

Bicara soal harga, tarif POP! Hotel Gubeng di Tiket.com app adalah Rp347.990 per malamnya. Sedangkan melalui Traveloka app, harga final hotel bujet ini per malamnya sebesar Rp278.118, atau sekitar Rp69.882 lebih murah. Coba deh, selisih uangnya ini bisa kita manfaatkan untuk beli oleh-oleh Sambal Bu Rudi, gak cuma satu, tapi tiga botol! Yah, lumayan kan buat oleh-oleh keluarga pacar.

3. Red Planet Surabaya

Kamar tipe Double Room di Red Planet Surabaya (Sumber foto: www.redplanethotels.com/id)

Hotel bujet lainnya di Surabaya yang saya jadikan objek perbandingan adalah Red Planet Surabaya. Alasannya, selain populer, hotel bintang dua ini juga memiliki konsep minimalis yang bisa kamu lihat dari gambar di atas. Lalu, bagaimana soal harganya?

Rincian harga final Red Planet Surabaya di Tiket.com app (kiri) dan Traveloka app (kanan)

Setelah melakukan pengecekan, lagi-lagi saya menemukan bahwa Traveloka menawarkan harga yang lebih murah dibanding Tiket.com. Tarif final Red Planet Surabaya di Tiket.com per malamnya mencapai Rp325.000, atau berjumlah Rp50.625 lebih mahal dibanding Traveloka yang memberikan tarif final Rp570.000 per malamnya.

Kesimpulan:

Dari riset ini, dapat disimpulkan bahwa harga hotel yang ditawarkan kedua OTA ini berbeda jauh. Saya rasa, perbedaan harga hingga 25% ini cukup besar dampaknya bagi yang ingin mempertimbangkan hotel bujet untuk menghemat biaya berlibur. Bayangin, kita bisa memanfaatkan selisih uangnya untuk keperluan lain, seperti mencicipi kuliner lezat, oleh-oleh, hingga transportasi selama berada di sana. Pengecekan kecil-kecilan ini membuat saya percaya bahwa Traveloka bisa kasih harga sewa kamar hotel termurah dibanding OTA lainnya.

Oke, sekarang saya tahu harus pakai aplikasi yang mana kalau mau mencari hotel bujet untuk berlibur! Bagaimana dengan kamu, apakah ada pengalaman berburu hotel via OTA yang ingin kamu bagi?

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *