Geliat Pembukaan Kembali Tempat Wisata di Jombang pada Masa New Normal

Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang
Cari ide kreatif? Ayo Liburan ke Bale Tani Banjaragung Jombang, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

Apa kabar sobat komunitas blogger Jombang? Anda patut bergembira karena tempat wisata di Jombang kembali berbenah diri di masa new normal. Pembukaan kembali tempat-tempat wisata di Jombang didasarkan pada besarnya animo masyarakat untuk kembali merasakan suasana liburan setelah berbulan-bulan rebahan di rumah saja. Bahkan libur Lebaran Idul Fitri kemarin masyarakat Jombang tidak bisa jalan-jalan ke tempat wisata dengan anggota keluarga akibat penutupan sejumlah ruas jalan selama masa pandemi virus corona terjadi.

Pertimbangan lain mengapa tempat-tempat wisata di Jombang dibuka kembali adalah untuk menggairahkan kembali bisnis pariwisata yang lesu sejak Maret 2020 lalu. Bagaimanapun juga pengelola tempat wisata ingin tetap survive di tengah pandemi meksi protokol kesehatan tetap berlaku. Ingat juga berapa banyak karyawan yang bekerja di puluhan tempat wisata Jombang dan menggantungkan penghasilan tetap dari sana. Tak lupa, ada ratusan masyarakat sekitar lokasi obyek wisata yang memiliki kepentingan ekonomis dari sektor pariwisata.

Pembukaan kembali tempat-tempat wisata di Jombang dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Diantara obyek wisata di Jombang yang kembali melakukan reopening adalah Agrowisata Bale Tani. Bale Tani terletak di Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Obyek wisata Bale Tani membuka kembali kunjungan wisata untuk publik sejak Minggu, 14 Juni 2020 lalu. Semula, pengelola Agrowisata Bale Tani berencana reopening pada 2 Juni 2020. Namun setelah mempertimbangkan himbauan dari pimpinan daerah, tempat wisata di Jombang selatan ini baru buka pada 14 Juni 2020.

Penulis tidak hadir di lokasi reopening tempat wisata Bale Tani Bareng beberapa hari lalu. Penulis hanya mengikuti informasi pembukaan tempat wisata di Jombang ini dari Facebook. Akun Kabare Wong Jombang menuliskan tempat wisata Bale Tani buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Sejumlah teman Facebook penulis memposting foto liburan mereka di obyek wisata Bale Tani Jombang. Mareka tampak senang saat berlibur dengan teman-teman di tempat wisata. Pembukaan kembali tempat wisata Bale Tani memberikan kesempatan bagi para ibu muda untuk berfoto bersama teman-teman mereka. Ekspresi mereka tampak bahagia setelah berbulan-bulan minim kegiatan jalan-jalan dan liburan ke tempat wisata.

Pembukaan kembali tempat wisata Jomban di masa pandemi new normal - Gambar diambil dari Facebook Thica Basuki
Pembukaan kembali tempat wisata Jomban di masa pandemi new normal – Gambar diambil dari Facebook Thica Basuki

Protokol Kesehatan Saat Liburan

Protokol kesehatan tetap diberlakukan untuk setiap pengunjung obyek wisata Bale Tani di Banjaragung, Bareng, Jombang. Mula-mula para wisatawan diwajibkan memakai masker mulai dari tempat parkir hingga selama mereka berada di area wisata Bale Tani. Kemudian wisatawan harus mencuci tangan di 3 (tiga) buah bak pencuci tangan yang tersedia di depan pintu masuk, tak jauh dari tempat parkir kendaraan. Kemudian para wisatawan diperiksa suhu tubuhnya dengan thermo-gun (alat tembak pengukur suhu tubuh). Selanjutnya, wisatawan pun harus antri di titik antri yang ditentukan saat akan membeli tiket masuk liburan Bale Tani. Usai menerima tiket masuk wisata Bale Tani, wisatawan diberikan semprotan cairan hand sanitizer yang telah dilakukan oleh pengelola tempat wisata.

Pelaksanaan protokol kesehatan tetap diberlakukan selama wisatawan berlibur di tempat wisata Bale Tani Jombang. Wisatawan diwajibkan memakai masker kesehatan selama jalan-jalan dan berfoto di area wisata. Merasa risih? Mungkin ya. Tapi pemberlakuan kebijakan ini dilakukan untuk alasan kenyamanan dan kesehatan wisatawan sendiri. Begitu pula setiap kali selesai memakai alat-alat liburan bersama, misalkan mikrofon untuk hiburan karaoke dan aksesoris payung untuk berfoto, wisatawan tetap disarankan mencuci tangan dengan hand sanitizer yang tersedia. Jangan khawatir, obyek wisata Bale Tani Jombang menyediakan 37 titik untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihan tangan pengunjung tempat wisata. Wisatawan harus tetap menjaga jarak selama mereka jalan-jalan di obyek wisata Bale Tani.

Keberadaan tempat wisata di Jombang pada era menuju tatanan normal baru bisa menjadi awal yang bagus untuk membangkitkan kebahagiaan masyarakat. Masyarakat Jombang menginginkan hiburan yang menyenangkan di tengah hadirnya berbagai hambatan hidup. Bagaimana dengan pengalaman Anda menyambut pemberlakuan masa tatanan baru di masa pandemi ini? Apakah Anda sudah mengajak keluarga untuk berlibur ke tempat wisata Jombang yang Anda sukai? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar di bawah ini?

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Geliat Pembukaan Kembali Tempat Wisata di Jombang pada Masa New Normal”

  1. Saranku, jgn keburu liburan dulu mas. Tunggu trend covid19 sampai bbrp minggu lagi. Misalnya bulan dpn grafik covid sdh melandai jgn lantas langsung bersorak traveling.

  2. Idiihbl… Kok berani ya pengelola tempat wisata Jombang itu membuka kembali kegiatannya. Apakah mereka sudah berani menjamin bahwa protokol kesehatan yang dijalankan bisa memberikan kenyamanan dan kesehatan untuk para wisatawan? kalau pengelola tempat wisata tidak berani menjamin keselamatan wisatawan lebih baik objek wisata itu ditutup dulu sampai dengan keadaan lebih memungkinkan. Reopening hrs didukung oleh peraturan pemerintah yang membolehkan pembukaan tempat-tempat liburn & fasilitas umum lain.

  3. tidak usah memaksakan diri untuk berlibur dulu kalau memang suasana belum aman. Lebih baik kita dirumah saja daripada membiarkan anak-anak beresiko terpapar virus corona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *