Keindahan Tempat Wisata Religi Masjid Al-Abror Kemantren, Paciran, Lamongan di Malam Hari

Seni Kaligrafi pada Pintu Masuk Obyek wisata unik Masjid Perut Bumi di Kota Tuban
Seni Kaligrafi pada Pintu Masuk Obyek wisata unik Masjid Perut Bumi di Kota Tuban

Halo kawan blogger Jombang! Bagaimana kabar Anda hari ini? The Jombang Taste menyapa Anda melalui artikel review tempat-tempat wisata indah di Jawa Timur. Kali ini penulis membahas destinasi wisata agama di Kabupaten Lamongan. Nama tempat tersebut adalah Masjid Al-Abror yang terletak di Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. Inilah tempat ibadah yang sekaligus dapat dijadikan obyek wisata yang indah di Kabupaten Lamongan.

Masjid Al-Abror Kemantren memiliki gaya arsitektur masjid yang indah. Masjid Al-Abror Kemantren lebih mencirikan masjid modern daripada klasik. Desain interior dan eksterior Masjid Al-Abror Kemantren mengingatkan Anda pada keindahan Masjid Al-Akbar di Surabaya. Keunikan Masjid Al-Abror Kemantren dibanding masjid-masjid lain di Jawa Timur adalah letaknya yang berada di tepi pantai utara Pulau Jawa. Pengunjung dapat memarkir kendaraan mereka di tepi laut.

Beberapa bulan lalu penulis berkesempatan mengunjungi Masjid Al-Abror Kemantren dalam rangkaian ziarah Wali Limo. Letak Masjid Al-Abror Kemantren masih berada di Kecamatan Paciran dan tidak terlalu jauh dari lokasi wisata religi Makam Sunan Drajat. Oleh karena itu, setiap peziarah yang berkunjung ke Makam Sunan Drajat pada umumnya menyempatkan diri berkunjung ke Masjid Al-Abror Kemantren untuk tujuan menjalankan ibadah sholat lima waktu sekaligus istirahat sejenak dari perjalanan panjang wisata religi mereka.

Kedatangan penulis ke Masjid Al-Abror Kemantren saat itu berlangsung pada senja hingga malam hari. Matahari yang baru tenggelam menciptakan suasana sendu di sekitar masjid. Debur ombak Laut Jawa tidak terlalu keras terdengar di ruang pendengaran. Hanya sayup-sayup terdengar gemercik air laut terbelah perahu nelayan yang berangkat mencari ikan ke tengah laut. Angin laut berhembus tidak terlalu kencang di musim kemarau. Sungguh suasana pembuka malam yang menenangkan.

Masjid Al-Abror Kemantren memiliki sistem kebersihan yang bagus. Hal itu dibuktikan dengan terjaganya kebersihan tempat wudhu, kamar mandiri, hingg area istirahat di sekitar masjid. Tak jauh dari makam terdapat makam salah satu tokoh penyebar agama Islam di Kabupaten Lamongan. Penulis tidak berkesempatan mendekati lokasi tersebut karena waktu beranjak semakin malam dan perjalanan ziarah Wali Limo harus dilanjutkan ke Kota Surabaya. Masjid Al-Abror Kemantren memberikan pengalaman yang unik untuk liburan umat muslim.

Demikian ulasan singkat The Jombang Taste mengenai obyek wisata Masjid Al-Abror Kemantren di Kabupaten Lamongan. Jika Anda berkesempatan berlibur ke tempat wisata agama jangan hanya mengabadikan keindahan pemandangan alam melalui foto dan video. Ingatlah juga bahwa dibalik keindahan alam terdapat Sang Maha Pencipta keindahan yang wajib kita kagumi dan kita syukuri ciptaan-Nya. Semoga review obyek wisata di Lamongan ini bisa menambah wawasan Anda. Mari jelajahi keindahan tempat-tempat wisata di Indonesia!

One Reply to “Keindahan Tempat Wisata Religi Masjid Al-Abror Kemantren, Paciran, Lamongan di Malam Hari”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *