Liburan Asyik di Wisata Kampung Indian Kediri Sambil Joget Tarian Suku Indian

Liburan Asyik di Wisata Kampung Indian Kediri Sambil Foto Rame-rame
Liburan Asyik di Wisata Kampung Indian Kediri Sambil Foto Rame-rame

Ide membangun tempat wisata kreatif berkembang pesat di berbagai belahan tempat wisata di Jawa Timur. Salah satu obyek wisata kreatif yang saat ini sedang ngehits adalah wisata Kampung Indian Kediri. Destinasi wisata Kampung Indian Kediri berada di Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Tempat wisata edukasi di Kediri ini bisa Anda kunjungi dari arah Kota Kediri.

Rute Menuju Lokasi

Jalur mudah menuju Wisata Kampung Indian adalah anda mencari rute perjalanan wisata ke Gunung Kelud. Lokasi obyek wisata Kampung Indian berdekatan dengan Kampung Anggrek dan wisata Gunung Kelud. Anda bisa berlibur di tiga lokasi sekaligus dalam satu hari karena lokasi ketiganya cukup berdekatan.

Penulis berkesempatan berkunjung ke Destinasi Wisata Kampung Indian pada Rabu, 12 Juni 2019 kemarin. Penulis sampai di lokasi Kampung Indian sekitar pukul sembilan pagi. Suasana di tempat wisata ini cukup sejuk. Obyek wisata Kampung Indian dikelilingi oleh pepohonan besar yang rindang sehingga terasa asri.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke wisata Kampung Indian Kediri sebesar Rp8.000 per orang. Sedangkan tarif parkir kendaraan mobil sebesar Rp10.000 per mobil. Dengan biaya tiket sebesar itu Anda sudah bisa menikmati berbagai pemandangan alam yang indah dan khas perkampungan suku Indian di benua Amerika.

Anda akan disambut oleh seorang petugas tempat wisata yang berpakaian layaknya kepala suku Indian di depan loket masuk. Keramahan petugas itu mampu menyejukkan hati setelah perjalanan panjang selama dua jam dari Jombang ke pelosok Kabupaten Kediri. Lokasi tempat wisata kampung Indian berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar sehingga lokasi ini cukup jauh dari pusat Kota Kediri.

Obyek wisata di Kediri ini dikelilingi oleh hutan dan perkebunan nanas. Buah nanas adalah produk andalan masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Kelud. Pemandangan hijaunya daun nanas tersaji di depan mata. Rasa lelah setelah perjalanan panjang akan terbayar lunas ketika anda sudah sampai di obyek wisata kampung Indian.

Harga Sewa Topi Indian

Wisata Kampung Indian adalah tujuan wisata yang tepat bagi para traveller penyuka fotografi. Anda bisa menyewa tapi suku Indian seharga Rp5.000 sampai Rp15.0000 per buah untuk bergaya. Selain itu anda juga bisa menyewa pakaian suku Indian yang berkisar Rp20.000 hingga Rp25.000 per buah. Anda dapat berfoto bersama teman-teman sesama traveler dengan bergaya dan berpakaian ala suku Indian di lokasi tempat wisata ini.

Wisata Kampung Indian Kediri memiliki koleksi puluhan rumah berbentuk kerucut. Kompleks rumah tenda ini menyerupai perkampungan suku Indian di Amerika tempo dulu. Suasana berlibur di Kampung Indian terasa makin semarak karena pengelola tempat wisata menyediakan sistem pengeras suara dengan lagu-lagu khas suku Indian.

Atraksi Tari Suku Indian

Keseruan berlibur ke tempat wisata Kampung Indian Kediri tidak cukup sampai disitu. Anda juga bisa menikmati atraksi tarian ritual suku Indian. Tarian suku Indian dibawakan oleh empat orang penari pada pukul 10.00 WIB. Pengunjung obyek wisata Kampung Indian Kediri seolah terhipnotis oleh daya magis tarian suku Indian.

Atraksi tari suku Indian ditampilkan oleh para penari selama 15 menit di halaman utama perkampungan suku Indian Kediri. Gerakan ritmis dan suasana magis musik Indian seolah-olah menebarkan suasana horor di siang hari. Ratusan traveler, wisatawan dan backpacker yang berlibur ke obyek wisata Kampung Indian seolah tidak mau membubarkan diri dari lapangan pertunjukan.

Asyik Menari Bersama

Usai menampilkan sebuah tarian ritual suku Indian, empat orang penari itu mengajak para wisatawan yang berkunjung ke sana untuk menari bersama. Gerakan tari suku Indian yang diajarkan oleh empat orang penari itu mirip dengan gerakan tari orang-orang Papua di pedalaman. Gerakan kaki lincah dan hempasan tangan bertenaga dilakukan seiring alunan musik. Para penari dan wisatawan bergerak dengan gaya menari yang sederhana. Meski demikian, kekompakan para penari dan puluhan wisatawan menghasilkan pemandangan yang cukup menarik.

Penulis pun menyewa topi suku indian dan ikut menari bersama para penari lainnya disana. Gerakan tari yang sederhana itu mudah diikuti oleh semua orang, baik tua maupun muda. Selain itu, irama musik yang rancak dan bertenaga bisa menghasilkan kegembiraan pagi setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Kampung Indian Kediri.

Penulis ikut menari bersama puluhan orang lainnya selama sepuluh menit. Ada rasa malu dan ragu di awalnya, namun lama-lama penulis bisa berbaur dengan wisatawan yang lain untuk bergembira bersama. Liburan ke Kampung Indian Kediri ini memberikan pengalaman yang berbeda kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke sana. Anda bisa mempelajari ragam budaya dari berbagai suku di dunia, khususnya budaya orang-orang Indian jaman dulu.

Wisata Alam di Kediri

Usai mengikuti tarian kolosal suku Indian, penulis menjelajahi berbagai sudut obyek wisata Kampung Indian Kediri. Tempat wisata di Kediri ini terdiri dari daerah dataran rendah dan perbukitan. Di atas bukit sana terdapat perkampungan suku Indian yang berupa rumah panggung. Inilah spot berfoto yang cukup menarik untuk Anda coba. Ketika penulis berkunjung kesana terlihat puluhan wisatawan sedang berfoto di rumah panggung dan ayunan yang berhiaskan topeng kepala suku Indian.

Selain itu, tempat wisata kampung Indian di Kediri juga memiliki dua buah kolam renang untuk anak-anak. Pengunjung anak-anak dapat berenang di sana secara gratis. Dua buah kolam renang itu cukup untuk menampung sekitar 50 anak sekaligus. Kualitas air kolam renang di tempat wisata Kampung Indian terbilang cukup baik. Tiket masuk sebesar Rp8.000 rasanya sudah cukup terbayar oleh kepuasan jalan-jalan di obyek wisata Kampung Indian Kediri.

Tak jauh dari pintu masuk obyek wisata Kampung Indian Kediri terdapat sebuah food court atau kedai makanan. Harga makanan yang dijual di foodcourt kampung indian terbilang cukup murah untuk ukuran tempat wisata yang sudah terkenal. Satu porsi siomay lengkap harganya Rp7.000 saja. Sedangkan satu botol sprite harganya Rp6.000 per botol. Kisaran harga makanan ini cukup terjangkau bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata Kampung Indian di Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.

Selain makanan ringan, tak banyak jenis menu makanan yang ditawarkan oleh pengelola obyek wisata Kampung Indian Kediri. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membawa sendiri bekal makanan dari rumah yang sesuai dengan selera makan anda sekeluarga. Anda bisa membawa paket makanan piknik keluarga dan juga tikar untuk digunakan sebagai alas acara makan bersama. Menikmati makanan lezat di alam pegunungan sekitar Gunung Kelud sungguh terasa sangat nikmat.

Obyek Wisata di Kediri

Secara umum tempat wisata Kampung Indian di Kediri saat ini telah menjadi obyek wisata favorit bagi kebanyakan wisatawan dari daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Wisata Kampung Indian Kediri telah dikunjungi oleh ribuan pengunjung setiap bulan. Mereka tak segan memasang foto liburan pada akun sosial media yang mereka miliki. Inilah promosi gratis yang efektif dan berbiaya murah.

Obyek wisata di Kediri ini pertama kali dibuka untuk umum pada pertengahan tahun 2017 lalu. Hingga saat ini telah banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri yang telah berkunjung dan menikmati beragam pemandangan alam khas desa Indian di sana.

Wisatawan berkunjung ke tempat wisata Kampung Indian Kediri umumnya dilakukan secara berkelompok. Hanya sedikit di antara mereka yang datang secara sendiri-sendiri tanpa ditemani oleh kawan maupun anggota keluarga.

Tempat wisata Kampung Indian Kediri buka setiap hari mulai jam 08.00 pagi sampai dengan jam 10.00 sore. Anda bisa berkunjung ke sana bersama teman dan keluarga serta menikmati latar belakang foto yang cukup unik dan menarik.

Kreativitas pengelola obyek wisata Kampung Indian Kediri patut diacungi jempol. Berbekal ide kreatif, kebun nanas yang dulunya kurang menghasilkan keuntungan kini disulap menjadi tempat wisata kreatif yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Semoga langkah inspiratif ini bisa diikuti oleh desa-desa lain di Indonesia.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang bisa kita ambil ketika berlibur ke obyek wisata Kampung Indian di Kediri, maka sudah semestinya obyek wisata di Kediri ini kita jadikan tempat wisata paling diminati di Jawa Timur. Apakah anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata kampung Indian di Kediri? Mari jelajahi ragam tempat wisata edukatif yang ada di sekitarmu!

Bagikan tulisan ini:

11 Replies to “Liburan Asyik di Wisata Kampung Indian Kediri Sambil Joget Tarian Suku Indian”

  1. Wow… Seru nih kayaknya. Nggak bnyk tmpt wisata di Indonesia yg bikin tema khusus kampung indian. Bisa ditiru nih sama kota2 lain di Indo.

  2. Itu tarian ritual kok kayak menyembah setan ya? Apa emang gitu dari sononya atau cuma kreasi koreografer kampung indian?

  3. Sepertinya ini bukan tempat wisata yang sesuai untuk Syariah agama Islam
    hati-hati perilaku Syirik ada di sekitar kita tanpa kita sadari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *