Liburan Anak Hepi di Kolam Renang Tirtoyoso Kediri

Apa kabar kawan-kawan pembaca blog The Jombang Taste? Penulis online kembali untuk menyapa anda dengan liputan acara jalan-jalan ke tempat wisata di Kediri. Kali ini penulis berbagi pengalaman liburan ke tempat wisata kolam renang Tirtoyoso Kediri pada Rabu, 29 Januari 2020 kemarin. Kolam renang Tirtoyoso merupakan salah satu bagian dari Taman Wisata Tirtoyoso Kediri.

Lokasi Tempat Liburan

Lokasi objek wisata ini berada di jalan utama Kota Kediri, tepat di depan obyek wisata Pagora. Jika Anda belum pernah bepergian tempat wisata Tirtayasa maka ancer-ancer mudahnya adalah Anda tinggal mencari lokasi tempat wisata Pagora. Tempat wisata Pagora Kediri sudah terkenal sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu sebagai tempat liburan yang menyenangkan untuk anak-anak. Lokasi wisata Pagora dan objek wisata kolam renang Tirtoyoso berseberangan jalan sehingga Anda akan mudah mencarinya.

Liburan seru main prosotan di tempat wisata air Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang
Liburan seru main prosotan di tempat wisata air Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang

Sebenarnya penulis tidak memiliki niat untuk berlibur ke tempat wisata kolam renang Tirtoyoso Kediri. Setelah jalan-jalan santai di obyek wisata Kampung Indian Kediri, awalnya penulis ingin berlibur ke tempat wisata Kediri Eco Park. Namun entah apa yang merasuki kami semua sehingga penulis dan beserta rombongan liburan akhirnya memilih tancap gas meninggalkan daerah Ngancar dan menuju ke pusat kota Kediri, yaitu kawasan Taman Wisata Tirtoyoso Kediri.

Meskipun tujuan liburan kami tidak sesuai dengan rencana awal namun pada akhirnya acara jalan-jalan ke tempat wisata di Kediri kali ini berjalan dengan menyenangkan dan memuaskan. Kami pun telah sampai di depan pintu masuk objek wisata taman wisata Tirtoyoso Kediri. Ada perbedaan versi tentang penyebutan nama tempat ini. Sebagian wisatawan menulisnya sebagai taman wisata Tirtayasa. Perbedaan logat Jawa dan bukan Jawa kiranya tidak menjadi persoalan cukup penting untuk menyebut nama obyek wisata di Kabupaten Kediri ini.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke obyek wisata kolam renang Tirtoyoso Kediri sebesar Rp20.000 per orang. Mungkin anda akan mengira harga tiket masuk ini cukup mahal bagi para wisatawan lokal di Jawa Timur. Tapi harap simpan dulu komentar Anda sebelum Anda menyelesaikan membaca artikel ini sampai habis.

Walaupun harga tiket masuk ke obyek wisata kolam renang Tirtoyoso Kediri cukup mahal namun hal itu sebanding dengan layanan dan fasilitas yang didapatkan wisatawan ketika liburan ke sana. Fasilitas air bersih dan kamar mandi yang juga bersih cukup memanjakan setiap pengguna kolam renang. Selain itu penjagaan sanitasi pengunjung pun sangat diperhatikan oleh pengelola objek wisata ini.

Fasilitas Melimpah

Objek wisata kolam renang Tirtoyoso Kediri menerapkan manajemen pengelolaan tempat wisata yang cukup baik. Anda akan mendapatkan layanan fasilitas yang cukup memuaskan sejak dari tempat parkir. Lalu Anda dapat lanjut eksplor ke mushola di ruang terbuka hingga memasuki lobby obyek wisata kolam renang Tirrtoyoso Kediri.

Lobby kolam renang Tirrtoyoso sangat ramah anak. Di sana terdapat tempat mewarnai gratis untuk anak-anak. Pengelola kolam renang Tirtoyoso menyediakan lembaran kertas yang siap diwarnai beserta dengan krayon berwarna-warni yang siap digunakan untuk anak-anak. Bagi Anda yang membawa anak balita, Anda juga bisa mengajak mereka untuk mandi bola di dekat lobby masuk menuju kolam renang tirtoyoso.

Ternyata limpahan fasilitas untuk pengunjung tidak sampai di situ saja. Anda juga bisa mengajak putra-putri anda untuk menabuh beberapa alat musik Jawa yang ada di di lobby kolam renang tirtoyoso. Sejumlah instrumen musik yang tersedia di antaranya adalah gendang kecil, gendang besar, Gong, kenong dan beberapa gamelan Jawa lainnya. Wah makin menarik saja ya berlibur ke kolam renang tirtoyoso. Ternyata meski namanya wisata kolam renang tapi tetap ada unsur edukasinya untuk wisatawan anak-anak dan remaja.

Wahana Permainan Air

Semakin masuk ke dalam area kolam renang tirtoyoso, anda akan disambut dengan puluhan wahana permainan air yang tersedia untuk anak-anak. Hampir sama seperti halnya permainan air di Gumul Paradise Island Kediri, objek wisata kolam renang Tirtayasa Kediri pun memanjakan pengunjung dengan aneka mainan air. Misalkan jebakan timba air sebanyak 9 buah timba yang bisa mengguyur Anda secara tiba-tiba.

Anda juga bisa bermain prosotan air bersama anak-anak di wahana yang sediakan. Jangan khawatir semua tempat bermain itu telah dilengkapi dengan petugas keamanan yang akan membantu anak-anak anda tetap semangat bisa bermain dengan menyenangkan.

Semakin masuk ke dalam area wisata kolam renang tirtoyoso, anda akan semakin dibuat takjub dengan sajian fasilitas kolam renang berstandar internasional yang telah disediakan oleh pengelola. Kolam renang dewasa memiliki kedalaman mulai dari 1 meter hingga 2 meter. Ukuran kolam renang itu pun cukup lega sehingga Anda bisa berolahraga renang dengan bebas di sana.

Asal tahu saja, kolam renang Tirtoyoso Kediri telah memiliki klub renang. Para anggota klub Tirtoyoso berlatih setiap sore di sana. Kebanyakan anggota kebenaran itu adalah anak-anak dan remaja yang tertarik untuk menekuni olahraga renang mereka berlatih renang di bawah bimbingan Pelatih renang yang telah lahir.

Di sebelah timur kolam renang dewasa terdapat taman bermain kebun bermain untuk anak-anak. Kebun bermain itu berbatasan langsung dengan Jalan Raya. Kendati demikian udara sejuk tetap terpelihara di kebun bermain itu karena puluhan Pondok pohon Rindang tumbuh dengan subur di sana. Sejumlah tanaman bunga pun tampak berkembang sehingga menambah asli pemandangan mata.

Kuliner nasi soto ayam dengan tambahan sate telur
Kuliner nasi soto ayam dengan tambahan sate telur

Wisata Kuliner Kediri

Liburan dengan konsep kolam renang tentu saja membutuhkan tenaga ekstra. Setelah berenang Anda pasti akan merasa lapar dan ingin mencicipi ragam wisata kuliner yang ada di kolam tempat wisata kolam renang tirtoyoso Kediri. Jangan khawatir di sana sudah ada setidaknya 5 buah stand foodcourt yang menjajakan berbagai makanan khas Kediri.

Anda bisa mencoba kuliner nasi pecel Kediri, nasi soto, nasi rawon, bakso dan beberapa makanan berat lainnya. Sedangkan bagi Anda yang ingin ngemil bisa mencoba makanan batagor, siomay, mie instan, simple es krim dan beberapa jajanan anak-anak lainnya. Tenang saja semua makanan itu harganya murah. Misalkan jika anda tertarik mencoba nasi pecel Kediri harga yang ditawarkan hanyalah Rp10.000 per porsi. Sebaliknya jika anda ingin mencoba sempol lezat buatan Kediri harganya adalah Rp5.000 per porsi.

Pilihan Liburan Renang di Kediri

Saingan berat dari tempat wisata kolam renang Tirtoyoso Kediri adalah Gumul Paradise Island Kediri. Lokasi dua tempat wisata di Kediri ini cukup berdekatan. Keduanya berada di pinggiran kota Kediri. Meski demikian Gumul Paradise Island memiliki harga tiket masuk yang lebih mahal. Penulis terakhir kali berkunjung ke Gumul Paradise Island tahun lalu dengan harga tiket masuk sebesar Rp45.000 per orang.

Sedangkan harga tiket masuk kolam renang Tirtoyoso per 29 Januari 2020 sebesar Rp20.000 per orang. Dengan harga tiket yang yang cukup terjangkau ini Kolam Renang Tirtayasa masih lebih menarik di mata penulis. Meskipun Gumul Paradise Island memiliki wahana ermainan air yang lebih yang luas namun penulis lebih suka kualitas air dan keamanan yang disajikan oleh pengelola kolam renang tirtoyoso.

Bagaimana dengan pengalaman anda berlibur ke tempat wisata di Kabupaten Kediri? Apakah anda sudah pernah berkunjung ke kolam renang tirtoyoso Kediri? Silakan berbagi pengalaman Anda pada kolom komentar dibawah ini.

Bagikan tulisan ini:

7 Replies to “Liburan Anak Hepi di Kolam Renang Tirtoyoso Kediri”

  1. Review yg keren mas. Aku juga nggak nyangka kalau Kediri punya tempat wisata alam yang indah di tengah kota mereka. Apalagi kolam renang ini juga dikelola oleh PT Gudang Garam yang sudah terkenal punya aset melimpah.
    Mudah-mudahan objek wisata ini bisa berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kediri.

  2. Apakah ada pilihan paket Outbound di wisata tirtoyoso Kediri? Berapa saja Pilihan harga paket outbound untuk anak-anak usia sekolah dasar?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *