Liburan ke Pantai Gondomayit dan Pantai Tambakrejo Blitar Bersama Guru Genius Jombang

Awal Desember 2017 kemarin penulis mengikuti acara liburan bersama Guru Genius Jombang ke Pantai Gondomayit dan Pantai Tambakrejo yang berada di Kabupaten Blitar. Acara traveling ini berlangsung seru. Ada 12 orang yang bergabung dalam perjalanan seru bukan di akhir pekan.

Kami berangkat dari Jombang sekitar pukul tujuh pagi dan sampai di Tambakrejo pukul setengah sepuluh siang. Pantai Tambakrejo dan Pantai Gondomayit sebenarnya masih berada dalam satu kelurahan, yaitu kelurahan Tambakrejo. Jadi, kalau Anda jalan-jalan kesana bisa sekalian berkunjung ke dua obyek wisata pantai sekaligus.

Namanya kok angker ya, Gondomayit. Bagaimanakah asal-usul nama Pantai Gondomayit? Dalam Bahasa Jawa, Gondo artinya bau atau aroma. Sedangkan mayit artinya jenazah atau mayat manusia yang sudah meninggal dunia. Jadi, kalau digabungkan, kata Gondomayit artinya bau mayat. Nama itu tidaklah mengherankan karena disana terdapat tempat bersemedi orang-orang yang mencari wangsit di Pantai Selatan.

Tiket masuk ke obyek wisata Pantai Pasetran Gondomayit sebesar Rp6.000 per orang. Di sekitar pantai tersebut sudah banyak warung atau kios yang menjual makanan dan minuman sekedar untuk menghilangkan lapar dan haus. Menu yang tersedia masih standard, yaitu mie instan, kopi, minuman botol dan snack berbahan MSG.

Jangan berpikir Anda bisa menikmati sajian makanan laut ketika berkunjung ke Pantai Pasetran Gondomayit. Disana tidak ada penjual ikan bakar dan sejenisnya. Kalau Anda ingin menikmati ikan bakar, cumi, dan beragam sajian berbahan ikan laut, Anda bisa mampir ke Pantai Tambakrejo yang letaknya cuma dibatasi sebuah bukit menjulang tinggi.

Tempat wisata Pantai Gondomayit di Blitar memiliki udara yang segar meski cuaca sedang panas. Di sekeliling pantai terdapat barisan pohon cemara yang bisa Anda gunakan berkemah di sekelilingnya. Menurut informasi dari pemiliki salah satu warung tempat saya istirahat disana, biaya sewa tenda untuk berkemah sekitar Rp60.000 per buah.

Namun ada pengalaman mengecewakan yang penulis alami saat liburan kemarin. Di pintu masuk Tambakrejo dikatakan bahwa tiket masuk berlaku untuk dua lokasi sekaligus. Tapi giliran kami masuk ke area pantai Gondomayit disuruh bayar karcis lagi. Duh, kenapa tidak jujur dari awal saja. Sebenarnya tidak masalah kalau pihak pengelola tempat wisata menjelaskan sejak awal agar tidak mengecewakan wisatawan.

Ya sudahlah. Yang penting bisa liburan bermain air laut ditemani pasir putih. Gondomayit masih sangat bagus alamnya. Hampir tidak ada orang lain selain kelompok penulis. Liburan kesana serasa punya pantai pribadi. Cuaca panas tidak menyurutkan langkah kami untuk berfoto bersama. Hari itu kami melupakan sejenak semua beban pekerjaan.

Bagikan artikel ini melalui:

11 Replies to “Liburan ke Pantai Gondomayit dan Pantai Tambakrejo Blitar Bersama Guru Genius Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *