Liburan Terapi Ikan dan Dayung Perahu di Wisata Kampung Coklat Blitar

Liburan Terapi Ikan dan Dayung Perahu di Kampung Coklat Kademangan Blitar
Liburan Terapi Ikan dan Dayung Perahu di Kampung Coklat Kademangan Blitar

Kabupaten Blitar memiliki banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi di waktu liburan. Salah satu tempat wisata di Kabupaten Blitar yang cukup menarik dan kreatif adalah Kampung Coklat. Obyek wisata Kampung Coklat berada di Kademangan Kabupaten Blitar. Anda bisa menjangkau obyek wisata ini dengan mudah karena lokasinya masih berada satu jalur perjalanan dengan Pantai Tambakrejo Blitar.

Harga Tiket Masuk Kampung Coklat

Tempat wisata ini sudah dibuka untuk umum sejak beberapa tahun yang lalu. Penulis masih ingat pertama kali berkunjung ke obyek wisata Kampung Coklat Blitar sekitar tahun 2015 lalu saat mengadakan penelitian manajemen bisnis wisata. Saat itu penulis masih berstatus sebagai mahasiswa program studi Ekonomi Islam di salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Kampung Coklat Blitar sejak dulu memang telah berfungsi sebagai tempat wisata edukasi di Blitar. Para pelajar dan mahasiswa sering berlibur sekaligus belajar disana. Beragam paket liburan edukasi ditawarkan di Kampung Coklat Blitar. Anda bisa mengajak anak-anak membuat kreasi makanan berbahan coklat. Hasil kreasi tersebut boleh dibawa pulang anak-anak. Tentu sangat menyenangkan bukan.

Tempat wisata Kampung Coklat saat ini telah berkembang dengan sangat baik. Harga tiket masuk ke tempat wisata Kampung Coklat Blitar sebesar Rp5.000 per orang. Terdapat sejumlah penambahan area dan spot berfoto yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung ketika berlibur kesana. Tempat wisata edukasi di Jawa Timur ini instagramable banget. Setiap sudut Kampung Coklat telah disulap pengelola wisata menjadi spot berfoto yang unik.

Penulis mengunjungi obyek wisata Kampung Coklat pada hari ini Minggu, 23 Juni 2019. Penulis berangkat dari kota Jombang pukul 07.30 WIB dan sampai di lokasi Kampung Coklat Blitar pada pukul 10.00 WIB. Suasana tempat wisata Kampung Coklat pada hari libur sangat ramai. Beragam paket liburan edukasi Kampung Coklat ditawarkan kepada lembaga atau institusi pendidikan. Harga yang ditawarkan mulai Rp25.000 per paket.

Untuk wisatawan rombongan para mahasiswa yang sedang melakukan penelitian pun terdapat kelas khusus untuk menggali informasi bisnis Kampung Coklat. Wisata Kampung Coklat saat ini dianggap sukses memberdayakan masyarakat sekitar Plosorejo dalam budidaya tanaman kakao. Obyek wisata Kampung Coklat Blitar pun telah menyediakan lapangan kerja bagi ratusan warga setempat.

Perkembangan Wisata Kampung Coklat

Kunjungan penulis kesana seolah membuat kilas balik kegiatan beberapa tahun lalu saat meneliti bisnis kreatif yang dikembangkan oleh pengelola wisata Kampung Coklat. Hasilnya sungguh mencengangkan. Saat ini tempat wisata Kampung Coklat Blitar menjelma sebagai destinasi wisata favorit bagi setiap wisatawan Jawa Timur yang berkunjung ke Kabupaten Blitar.

Obyek wisata Kampung Coklat Blitar tahun 2019 ini bertambah luas. Lahan Wisata Kampung Coklat Blitar semakin lebar dan tertata rapi. Lingkungan Kampung Coklat Blitar juga semakin sejuk. Kehadiran penulis pada hari Minggu di tempat wisata kuliner di Blitar itu disambut dengan pertunjukan musik secara langsung oleh kelompok seniman setempat. Lagu-lagu pop terkenal dan sedang digemari masyarakat pun dinyanyikan di tempat wisata di Jawa Timur ini.

Meskipun destinasi wisata Kampung Coklat telah diperluas namun kehadiran ribuan pengunjung tempat wisata itu tidak mampu mengusik kesejukan alam perkebunan coklat. Puluhan pohon Rindang tumbuh dengan subur di area Wisata Kampung Coklat Blitar. Wisatawan dari berbagai usia tak segan berfoto selfie di sudut-sudut obyek wisata kampung coklat Blitar. Penulis pun harus rela berjubel dengan ribuan pengunjung untuk mendapatkan sebuah foto yang menarik.

Ada banyak wahana permainan yang bisa anda gunakan ketika berkunjung ke obyek wisata Kampung Coklat Blitar. Jika Anda menyukai olahraga yang menguras keringat, anda dan keluarga bisa mencoba olahraga kano. Wahana liburan ini berupa permainan mendayung perahu karet di atas kolam. Tempat liburan di Blitar ini cukup menguji jiwa adrenalin. Anda bisa melakukan berdayung dengan keluarga.

Harga Tiket Terapi Ikan

Tempat berikutnya yang bisa anda nikmati di tempat wisata Kampung Coklat adalah terapi ikan. Area terapi ikan di Kampung Coklat Blitar merupakan tempat favorit bagi wisatawan ketika berkunjung ke sana. Anda harus membayar Rp5.000 per orang untuk bisa menyewa bantal duduk terapi ikan. Penulis harus rela duduk berdesakan dengan puluhan wisatawan lain yang juga mencoba terapi iklan.

Kolam terapi ikan di Kampung Coklat berisi ikan-ikan kecil. Ratusan ikan berhamburan mendatangi kaki penulis. Mereka menggigit kulit jari jemari kaki pengunjung. Rasanya cukup geli dan menggelitik. Meski demikian banyak pengunjung wisata Kampung Coklat Blitar yang bertahan berendam kaki selama berjam-jam di sana. Sebagian besar pengunjung menyukai terapi ikan karena bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Entah benar atau tidak mitos tersebut, yang pasti banyak orang memanfaatkan ikan sebagai salah satu media terapi kesehatan.

Penulis ikut menjalani terapi ikan di Kampung Coklat Blitar bersama dengan beberapa kawan satu rombongan liburan. Bagaimana kesan penulis setelah mengikuti terapi ikan selama 30 menit? Biasa saja. Kaki terasa dingin akibat direndam dalam air. Selebihnya hanya merasa segar karena cuaca Kota Blitar hari itu tidak terlalu terik. Banyak orang berpikiran bahwa terapi rendam kaki di kolam ikan bisa bikin sehat. Mungkin itu berlaku bagi sebagian orang tua lanjut usia. Selebihnya, penulis berpandangan bahwa ini hanya soal mindset saja.

Berlibur ke tempat wisata Kampung Coklat Blitar rasanya belum lengkap jika kita tidak mencicipi wisata kuliner khas obyek wisata tersebut. Nantikan ulasan ragam wisata kuliner berbahan dasar coklat di tempat wisata Kampung Coklat Blitar. Artikel review wisata kuliner di Kampung Coklat Blitar akan penulis sajikan dalam artikel selanjutnya. Selamat merencanakan liburan keluarga. Semoga anda dan keluarga selalu sehat dan bahagia menjalani aktivitas sehari-hari

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Liburan Terapi Ikan dan Dayung Perahu di Wisata Kampung Coklat Blitar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *