Obyek Wisata Jatim Park di Kota Wisata Batu Malang

Liburan seru ke Cafe Sawah di Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang
Liburan seru ke Cafe Sawah di Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang

Bagaimana kabar pembaca The Jombang Taste hari ini? Semoga anda selalu bersemangat dalam menjalani aktivitas bekerja. Salah satu cara menumbuhkan semangat bekerja adalah dengan berlibur ke tempat wisata. Berlibur bersama keluarga menjadi kegiatan yang menyenangkan setiap akhir tahun. Kali ini saya memberikan rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur yang menarik untuk anda kunjungi. Provinsi Jawa Timur memiliki objek wisata Jawa Timur Park atau disingkat Jatim Park. Jatim Park merupakan objek wisata keluarga yang berlokasi di Jalan Kartini Nomor 2 Kota Wisata Batu. Obyek wisata di sekitar Malang ini menawarkan puluhan wahana rekreasi hiburan baru untuk segala usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga kakek-kakek.

Menurut Yodi Kurniadi (2017) dalam buku Objek Wisata Provinsi Jawa Timur, tempat wisata Jatim Park memiliki luas sekitar 22 hektar dengan ketinggian 850 meter di atas permukaan laut. Tempat berlibur di Kota Wisata Batu ini bisa menjadi area berlibur yang sangat tepat untuk memanjakan putra-putri Anda. Jawa Timur Park memiliki taman bermain yang luas sehingga destinasi wisata Batu ini sering digunakan sebagai tempat belajar yang disertai alat peraga ilmu pengetahuan. Kita akan mendapatkan pengetahuan baru selain bersenang-senang dan traveling di Jatim Park. Obyek wisata ini bisa menjadi tempat wisata edukasi untuk pelajar dan mahasiswa.

Harga tiket masuk ke tempat traveling Jatim Park bervariasi antara hari biasa dan hari libur. Pada waktu hari libur tiket masuk ke Jatim Park sebesar Rp100.000 per orang. Dengan tiket tersebut, setiap pengunjung dapat menikmati puluhan wahana menarik di Jatim Park secara gratis. Sedangkan harga tiket masuk Jatim Park pada weekday (Senin-Kamis) adalah Rp70.000 per orang. Menurut ulasan Google Maps, waktu kunjungan ke Jatim Park paling ramai adalah hari Selasa. Pastikan Anda memilih hari kunjungan yang tepat untuk kemudahan akomodasi dan penghematan biaya liburan.

Keceriaan anak-anak berlibur ke Museum Islam Nusantara Hasyim Asyari di Kawasan Wisata Makam Gus Dur Tebuireng Jombang
Keceriaan anak-anak berlibur ke Museum Islam Nusantara Hasyim Asyari di Kawasan Wisata Makam Gus Dur Tebuireng Jombang

Sebelum menikmati seluruh sarana hiburan, pada saat awal masuk lokasi objek wisata jatim park pengunjung akan disuguhkan sajian berubah galeri nusantara. Inilah tempat menyaksikan ragam budaya Indonesia yang unik dan tidak ada duanya. Keistimewaan lain yang bisa dinikmati wisatawan di kawasan wisata jatim park adalah taman agro. Taman Agro menyajikan tanaman dan buah-buahan serta sarana bermain anak seperti bowling, galeri foto, lempar bola, berperahu di atas kolam, rumah hantu, zona petualangan, mini coaster, jet coaster rumah pipa, dan masih banyak wahana yang lainnya.

Bagi anda yang menyukai wisata pemandangan alam pegunungan, maka objek wisata jatim park sangat tepat untuk dikunjungi. Disana terdapat taman burung, taman reptil dan taman ikan yang semuanya memiliki ciri khas dalam penyajian di dunia pendidikan pengetahuan dan hiburan. Bagi anda yang menyukai obyek wisata sejarah maka anda bisa menemui sejumlah miniatur candi-candi terkenal di jawa timur di area jatim park. Wisata jatim park menampilkan miniatur candi sumber awan di singosari kabupaten malang, candi borobudur di magelang, candi prambanan, rumah adat Kyai Hasan Besari Ponorogo, dan stupa Sumber Awan. Anda juga bisa menyaksikan gerbang istana Keraton Pamekasan di jatim park. Bukan hanya itu, setiap pengunjung objek wisata jatim park juga dapat menyaksikan koleksi replika arca-arca agama Hindu dan Budha.

Pada jam-jam tertentu pengunjung tempat wisata Jatim Park dapat menikmati dan menyaksikan peragaan gunung berapi meletus dari tribun yang sudah disediakan Jatim Park. Pengetahuan ini penting diberikan kepada para pelajar sekolah mengingat akhir-akhir ini Indonesia sering dilanda bencana alam. Selain itu, wisatawan dapat mengunjungi toko-toko di kampung seni, pasar buah, pasar hewan, dan galeri supermarket sebelum mencapai tempat keluar. Harga produk makanan di pasar Jatim Park lumayan mahal menurut saya. Ada baiknya Anda membeli oleh-oleh khas Malang di Koperasi Susu Sae Pujon atau Pasar Dewi Sri saja.

Jika anda tertarik berlibur ke Jatim Park maka anda tidak perlu khawatir mengenai jalur transportasi. Jatim Park terletak 20 km sebelah barat kota malang. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum berupa bus dan angkot dari Terminal Arjosari Malang dapat sampai dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Sedangkan bagi anda yang berangkat dari terminal kota batu menuju ke objek wisata jatim park membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja. Wisatawan yang berangkat dari stasiun kota baru malang dapat menggunakan taksi atau mobil angkot yang siap mengantar ke lokasi. Perkembangan teknologi terkini memungkinkan Anda pesan transportasi via aplikasi online. Selamat berlibur ke Jatim Park!

Bagikan artikel ini melalui:

16 Replies to “Obyek Wisata Jatim Park di Kota Wisata Batu Malang”

  1. Wisata pendidikan seperti Jatim Park adalah rekomendasi bagi setiap guru yang mengajar muridnya berlibur sekaligus edukasi tidak banyak tempat wisata seperti ini di Indonesia. Kalaupun ada, itu hanya ada di Jakarta yaitu Taman Mini Indonesia Indah. Oleh karena itu warga Jawa Timur harus meluangkan waktu untuk berlibur ke Jatim Park.

  2. Tempat wisata di Indonesia umumnya didominasi tempat wisata alam yang indah dan berbagai kearifan lokal budaya Nusantara. Jatim Park pun Kayaknya seperti itu mengandalkan budaya Indonesia yang beragam dan sedikit kreativitas agar wisatawan betah mengunjunginya.

  3. Objek wisata Jatim Park memang memiliki luas lahan yang lumayan besar setelah liburan di sana jangan lupa mencoba wisata kuliner malang Sambel Layah.
    sensasi rasa pedasnya membuat kita kembali bersemangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *