Pantai Pasir Putih Baru Situbondo, Tempat Traveling Murah untuk Backpacker

Keindahan tempat wisata pantai di Bali
Keindahan tempat wisata pantai di Bali memang sudah melegenda. Kali ini Jawa Timur punya tempat wisata pasir putih di Situbondo.

Apa kabar kawan-kawan pembaca blog The Jombang Taste? Saya hadir kembali dengan ulasan obyek wisata di Jawa Timur yang menarik untuk Anda kunjungi. Kali ini kita bergerak ke pantai utara Pulau Jawa, tepatnya di kota Situbondo. Saya pernah berkunjung ke pantai pasir putih situbondo. Obyek wisata pantai pasir putih situbondo terletak di kabupaten situbondo provinsi jawa timur. Obyek wisata pantai di situbondo ini dikenal dengan pasirnya yang berwarna putih dan bersih sehingga banyak anak-anak suka bermain di tepi pantai yang memiliki ombak tenang ini. Pantai Pasir Putih juga bisa menjadi tempat traveling murah bagi para backpacker. Sarana transportasi kesana bisa dijangkau dengan bus umum dan berbiaya murah. Jika Anda berangkat dari Surabaya, pilih bus jurusan Probolinggo atau Banyuwangi.

Harga tiket masuk ke obyek wisata Pantai Pasir Putih Baru adalah Rp7.000 per orang pada hari biasa (Senin-Kamis). Sedangkan harga tiket masuk ke tempat wisata Pantai Pasir Putih Baru pada hari libur dan weekend sebesar Rp10.000 per orang. Harga tiket masuk ini tergolong murah untuk para solo backpacker maupun untuk wisatawan rombongan. Bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar lokasi wisata pantai, Anda bisa menyewa kamar hotel murah di dekat pantai Pasir Putih Baru Situbondo. Harga sewa kamar bervariasi mulai dari Rp150.000 per kamar per malam (weekday) hingga Rp450.000 per kamar per malam (weekend). Pastikan Anda memilih hari berlibur yang tepat untuk mendapatkan harga sewa kamar yang terjangkau isi kantong. Selain itu, biaya parkir sepeda motor Rp5.000, biaya parkir mobil Rp10.000 dan biaya parkir bus Rp20.000.

5 Tips Berwisata Murah Ala The Jombang Taste
Tips Berwisata Murah Ala The Jombang Taste

Obyek wisata pantai pasir putih situbondo memiliki bentuk pantai melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan membentuk gugusan pemandangan yang sangat indah. Menurut Yodi Kurniadi (2017) dalam buku Obyek Wisata Provinsi Jawa Timur, keunikan pantai pasir putih adalah di belakang pantai tersebut terdapat timbunan hutan yang menyegarkan dan menyejukkan suasana. Inilah tempat wisata alam yang tepat untuk anda kunjungi di waktu liburan bersama keluarga. Alamat lengkap obyek wisata Pantai Pasir Putih Baru adalah Jalan Raya Pasir Putih No.87, Selomukti, Mlandingan, Pandansari, Pasir Putih, Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68353. Untuk mudahnya, dari Surabaya pilih bus jurusan ke Probolinggo. Lalu oper bus jurusan Paiton bilang turun ke arah Besuki. Pantai Pasir Putih dekat jalan raya. Dijamin Anda tidak kesasar.

Anda bisa melakukan beberapa macam olahraga laut saat berkunjung ke tempat wisata pantai pasir putih di situbondo. Anda bisa berenang, menyelam dan berselancar di pantai itu. Pengunjung obyek wisata pantai pasir putih situbondo juga dapat berlayar menggunakan perahu sambil menikmati pemandangan bawah laut. Untuk mengundang kehadiran wisatawan dari usia muda, pengelola tempat wisata pantai pasir putih sering mengadakan konser musik dan berbagai macam lomba seperti lomba memancing, lomba perahu nelayan tradisional, dan lomba selancar. Terumbu karang disana masih baik dan bagus. Ikan-ikan kecil tampak berenang di dekat pantai menandakan alam disana masih terjaga keasriannya. Obyek wisata pantai di Situbondo ini sekarang banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Kearifan lokal masyarakat situbondo ditampakkan oleh pengelola objek wisata pantai pasir putih. Hal ini berupa pelaksanaan upacara petik laut setiap bulan oktober yang dilaksanakan setiap tahun. Upacara petik laut merupakan salah satu kegiatan tradisional warga sekitar pantai pasir putih situbondo. Mereka melarung makanan, jajanan dan kepala lembu ke tengah laut sebagai upaya memohon berkah hasil laut dari Tuhan. Bukan hanya itu, pada upacara petik laut di situbondo sering diadakan pementasan musik tradisional yang terkenal di daerah banyuwangi dan sekitarnya. Biasanya mereka mengundang beberapa penari gandrung Banyuwangi. Sungguh kombinasi sajian liburan yang menyenangkan antara alam yang indah dan kesenian daerah yang dinamis. Sudah siap berlibur ke tempat wisata di Situbondo? Let’s go!

Bagikan artikel ini melalui:

11 Replies to “Pantai Pasir Putih Baru Situbondo, Tempat Traveling Murah untuk Backpacker”

  1. Ketenaran Pantai Pasir Putih di Situbondo sekarang sudah tidak begitu naik. Wisata jatim yang makin dikenal masyarakat justru Pulau Merah yang sekarang ini jadi Primadona para wisatawan.

  2. Enaknya liburan ke pantai pasir putih Situbondo adalah harga makanan relatif murah.
    Dengan harga Rp15.000 kita sudah bisa menikmati makanan prasmanan di restoran Pasir Putih indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *