Segarkan Harimu dengan Mengunjungi Wisata Air Terjun di Batu Malang

keindahan-tempat-wisata-alam-di-malang
Sumber foto: www.piknikasik.com

Setiap orang membutuhkan penyegaran dari rutinitas sehari-hari yang monoton dan membosankan. Berwisata adalah salah satu kegiatan yang memberikan nuansa berbeda. Wisata alam di Batu, Malang patut untuk dicoba oleh Anda yang masih belum banyak mengetahui keindahan alam Indonesia. Malang, dikenal sebagai kota yang memiliki cuaca rata-rata berhawa dingin, sejuk dan tempat wisata menakjubkan.

Ketika berwisata, terutama tempat wisata yang jauh dari tempat tinggal, tentunya kita membutuhkan tempat menginap. Ada ratusan hotel di Batu Malang yang bisa kita pilih dan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Kita bisa klik di sini dan memilih hotel di Batu Malang, terutama yang dekat dengan tujuan tempat wisata.

Salah satu obyek wisata yang harus dikunjungi untuk menyegarkan hari libur Anda adalah wisata air terjun. Yap, karena dengan bermain air di bawah air terjun, semua pikiran suntuk Anda akan segera hilang. Muka yang kusamakan bersinar cerah kembali. Apa sajakah wisata air terjun di Batu Malang yang bisa kita kunjungi untuk menyegarkan hari?

Air Terjun Coban Pelangi

Air terjun yang satu ini sudah sangat dikenal, tak hanya oleh warga Malang, tetapi juga sebagian besar wisatawan lokal dan internasional. Jika anda juga seorang pendaki gunung, anda akan melewati kawasan air terjun Coban Pelangi ini sebelum mendaki Gunung Semeru. Berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, air terjun ini memang akan dihiasi pelangi ketika matahari bersinar antara jam sepuluh pagi sampai jam dua siang.

Tentunya, jika Anda ingin menikmati pelangi yang menghiasi air terjun ini, Anda harus datang saat cuaca cerah dan pada jam yang disebutkan di atas. Memang, menikmati air terjun itu seharusnya saat cuaca cerah dan tidak hujan. Pasti seru bermandikan air terjun sambil menikmati pelangi yang membias.

Sebelum berkunjung ke air terjun ini, Anda harus menyiapkan stamina yang bagus karena kondisi fisik yang kuat sangat diperlukan mengingat lokasi ini harus ditempuh dengan berjalan kaki lebihdarisatu kilometer dari tempat parkir. Jangan khawatir, jika ingin beristirahat sudah disediakan gubuk-gubuk sederhana dan tersedia pula warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Tiket masuk ke air terjun ini sangat terjangkau, hanya sekitar Rp3.000 per orang.

Air Terjun Coban Tundo

Bila Anda memiliki energi berlimpah dan menyukai tantangan, Anda harus mengunjungi air terjun Coban Tundo ini. Berlokasi di Desa Sukodono, air terjun yang satu ini harus ditempuh dengan perjalanan yang lebih menantang, melewati jalan setapak dari tanah yang berbatu, menurun, dan menanjak membelah perkebunan kopi.

Tentu mengasyikkan pemandangan alam menuju ke air terjunini. Jika tidak kuat berjalan kaki, Anda bisa menumpang ojek yang sudah disediakan di sana. Lebih baik menaiki ojek daripada memaksa naik motor sendiri jika Anda belum piawai berkendara di jalur yang sulit karena bisa membahayakan nyawa.

Setelah sampai di lokasi air terjun, perjuangan Anda akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Air terjunnya cukup rendah dengan bebatuan besar-besar yang bisa dijadikan tempatduduk. Kalau mau mandi pun disediakan ban bila Anda tidak bisa berenang. Sebaiknya datang di pagi hari, terutama pada hari libur, agar tidak berebut tempat dengan wisatawan lain.

obyek-wisata-alam-di-kabupaten-malang
Sumber foto: anomharya.com

Air Terjun Coban Sumber Pitu

Satu lagi air terjun yang indah di Batu, Malang, yaitu air terjun Coban Sumber Pitu. Pitu artinya tujuh, karena air terjunnya memang ada tujuh. Wuih, seru sekali pastinya, sekali datang, langsung melihat tujuh air terjun. Memang perjalanannya agak sulit ditempuh, karena harus melewati jalan setapak yang licin terutama di musim hujan. Justru itulah tantangannya.

Sumber foto: teguhtigor.wordpress.com

Berlokasi di Desa Tulung Rejo, biaya masuknya sekitar Rp15.000 per orang. Untuk masuk ke lokasi ini, kita harus berjalan sejauh kurang lebih empat kilometer dan memakan waktu hingga dua jam. Tentu saja kita membutuhkan ketahanan fisik yang prima. Untuk para wisatawan yang suka tantangan dan berjiwa muda, pastinya air terjun Coban Sumber Pitu ini akan memuaskan Anda.

Belum lagi, Anda juga harus menaiki tangga dari batu yang curam dan tinggi. Semua perjalanan yang melelahkan itu terbayar saat kita sudah sampai di air terjun Coban Sumber Pitu. Agar sampai di tujuan dengan selamat dan nyaman, sebaiknya datang di luar musim hujan, bawa juga barang yang penting-penting saja.

tempat-wisata-alam-air-terjun-cuban-pitu-di-malang
Sumber foto: teguhtigor.wordpress.com

Demikianlah tiga wisata air terjun yang bisa Anda datangi di Batu, Malang yang tentunya akan kembali menyegarkan hari-hari Anda. Untuk menuju ke tempat wisata tersebut, Anda harus melewati jalan setapak yang jauh dan memerlukan kewaspadaan tinggi. Sesampainya di sana, Anda bisa langsung menceburkan diri dan berenang sepuasnya di dalam air yang jernih.

Hal yang perlu diperhatikan, bawalah baju ganti dan alat bantu berenang jika Anda tidak bisa berenang. Di lokasi juga sudah disediakan alat bantu berenang yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Sebaiknya datang saat cuaca sedang bersahabat, bukan saat curah hujan sedang tinggi karena jalanan yang licin akan semakin mempersulit.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Segarkan Harimu dengan Mengunjungi Wisata Air Terjun di Batu Malang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *