Serunya Traveling ke Obyek Wisata Bukit Gandrung Tanggulasi di Desa Medowo, Kandangan, Kediri

Bagaimana kabar kawan-kawan komunitas blogger Jombang hari ini? Mudah-mudahan kalian selalu bersemangat menjalani aktivitas di masa pandemi. Hari ini Kamis, 20 Agustus 2020 penulis menghabiskan waktu pagi hari di Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. Penulis hadir di sana karena malam sebelumnya penulis mengikuti acara peringatan tahun baru Islam di Musholla Baitul Hikmah Dusun Jaraktegal. Acara di mushola tersebut merupakan bentuk dakwah Islami dengan memadukan kreativitas seni Islami bagi masyarakat Dusun Jaraktegal Desa Jarak Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. 

Acara menyambut Tahun Baru Hijriyah dengan Sholawat Diba’ di Kampung Mandiri dan Berdaya Desa Jarak Kecamatan Wonosalam berlangsung cukup meriah dan melelahkan. Udara pagi hari di Wonosalam tadi pagi terasa sangat dingin. Info dari Google, temperatur udara Wonosalam mencapai 17° Celcius. Kami bergegas untuk mengadakan kegiatan travelling hari ini. Awalnya kami berencana berlibur ke obyek wisata Batu Pelangi yang ada di Desa Jarak. Siapa sangka terjadi perubahan rute liburan hari ini hanya beberapa saat sebelum keberangkatannya saja.

Lokasi Bukit Tanggulasi

Setelah berunding dengan teman-teman komunitas blogger Jarak, kami pun sepakat untuk mengisi liburan hari ini ke obyek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi.  Tempat wisata Bukit Gandrung Tanggulasi berada di Dusun Medowo Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Penulis sudah lama mendengar nama tempat wisata ini sejak beberapa bulan yang lalu sebelum masa pandemi namun baru berkesempatan liburan ke tempat wisata di Kediri tersebut hari ini. 

Akses Menuju Lokasi Wisata

Tempat wisata Bukit Gandrung Tanggulasi yang berada di Dusun Medowo dapat dicapai dari dua lokasi titik kumpul, yaitu dari arah Pasar Kandangan dan dari arah Pasar Bareng. Jika Anda berangkat liburan dari Kota Malang, Kediri, Nganjuk dan sekitarnya maka anda bisa memilih rute menuju Pasar Kandangan. Perjalanan dari Pasar Kandangan akan mengikuti arah perjalanan menuju ke Desa Medowo. Jaraknya tidak terlalu jauh. Anda bisa menempuh dengan kendaraan sepeda motor sekitar 20 menit saja.

Jika Anda berangkat liburan dari arah Kota Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, Lamongan, maupun arah Jombang Kota maka arahkan perjalanan Anda adalah menuju ke Pasar Bareng. Perjalanan dari Pasar Bareng Anda arahkan kendaraan terus saja ke selatan sampai menuju ke pertigaan yang bertuliskan papan petunjuk arah bertuliskan ke arah Medowo. Perjalanan dari Pasar Bareng ke Desa Medowo membutuhkan waktu kira-kira 30 menit dengan naik kendaraan sepeda motor.

Jangan khawatir jika anda tersesat menuju ke Medowo karena terdapat banyak papan petunjuk arah menuju ke obyek wisata. Gunakan Google Map untuk membantu anda melakukan navigasi perjalanan kendaraan darat. Anda juga bisa bertanya ke warga setempat karena mereka cukup ramah. Mereka siap membantu wisatawan yang ingin mengetahui lokasi tempat wisata alam di Kediri Bukit Tanggulasi.

Kondisi jalan dan akses jalan raya menuju ke obyek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo cukup baik. Setelah melalui jalan beraspal di depan Kantor Kepala Desa Medowo, maka anda memilih jalur ke kanan bertuliskan papan penunjuk arah ke lokasi obyek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi. Selanjutnya, akses jalan perkampungan berupa jalan cor yang cukup baik kualitasnya. Anda patut berhati-hati selama berlibur dan berkendara menuju obyek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi karena medannya cukup menanjak. 

Wisata Bukit Gandrung Tanggulasi di Medowo Kandangan

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke tempat wisata Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo sebesar Rp6.000 per orang untuk sekali masuk. Saat ini tengah diterapkan kebijakan protokol kesehatan di obyek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi. Anda diwajibkan untuk memakai masker selama berlibur di area wisata ini di Kecamatan Kandangan ini. Anda juga perlu mencuci tangan sebelum memasuki area wisata di Medowo ini. Tempat cuci tangan untuk wisatawan terletak di depan loket pembelian tiket masuk objek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi. 

Harga tiket masuk ke tempat wisata Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo terbilang cukup murah. Dengan harga tiket masuk wisata sebesar Rp6.000 per orang maka anda bisa berfoto dan selfie sepuasnya di area wisata. Tidak banyak lokasi berfoto yang cukup menarik untuk anda gunakan. Jika dibandingkan dengan Agrowisata Bale Tani maka obyek wisata di Medowo ini masih kalah jauh dalam hal jumlah spot berfoto yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bergaya.

Meski baru dibangun, kunjungan wisatawan hari ini ke obyek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi di Medowo cukup ramai. Terlihat beberapa anak berenang di kolam renang anak. Sementara itu, remaja dan orang dewasa memenuhi beberapa sudut taman bunga dan warung tradisional yang ada di sekitar pintu masuk objek wisata. Tidak ada menu makanan khusus yang bisa anda cicipi di Medowo. Jenis makanan yang dijual masih standar, misalnya mi instan, kopi, teh, dan aneka makanan ringan kesukaan anak-anak. 

Daya Tarik Wisata

Secara umum obyek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi di Desa Medowo masih dalam tahap pengembangan area wisata. Ketika anda berkunjung ke sana nanti mungkin anda akan belum sepenuhnya puas terhadap kondisi area wisata. Hari ini (20/8/2020) penulis berkunjung ke obyek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi dan masih menemukan sejumlah area wisata yang sedang diperbaiki maupun baru dibangun.

Lokasi obyek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi cukup sulit dijangkau dan masih butuh pengembangan yang lebih lanjut. Daya tarik wisata obyek wisata tempat wisata Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo adalah spot berfoto di sebuah menara dengan latar belakang Gunung Anjasmoro yang indah. Itulah satu-satunya lokasi berfoto yang sangat menarik dan patut Anda coba jika anda berlibur ke sana.

Sisi Minus Wisata Bukit Tanggulasi

Popularitas tempat wisata Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo Kandangan Kediri sudah telanjur menjulang tinggi sejak beberapa bulan terakhir ini. Berdasarkan pengamatan penulis hari ini di lokasi wisata ini, terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki oleh pengelola objek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo.

Sisi minus pertama adalah tempat parkir mobil yang tidak memadai. Saat ini belum ada tempat khusus untuk parkir kendaraan mobil karena lahan yang terbatas. Begitu juga dengan parkir kendaraan sepeda motor harus rela berdesak-desakan di sisi jalan yang tidak terlalu luas. Area parkir sepeda motor tidak memiliki atap penutup maupun bahan penutup kendaraan bermotor. Anda harus rela membiarkan kendaraan Anda kepanasan ketika berlibur ke tempat wisata di Medowo ini.

Keadaan menjadi lebih sulit lagi jika anda membawa kendaraan mobil karena tidak ada juru parkir khusus yang mengatur lalu lalang kendaraan mobil yang parkir di area yang lebih atas. Wisatawan yang berkunjung dibiarkan memarkir kendaraan mobil di puncak bukit yang lebih tinggi daripada area pintu masuk dekat loket pembelian tiket wisata.

Mudah-mudahan pembangunan objek wisata Bukit Gandrung Tanggulasi di Medowo bisa segera terselesaikan. Para wisatawan yang berkunjung ke sana tentu berharap bisa berlibur dengan lebih nyaman dan menyenangkan di tempat wisata di Kediri ini. 

Bagikan tulisan ini:

6 Replies to “Serunya Traveling ke Obyek Wisata Bukit Gandrung Tanggulasi di Desa Medowo, Kandangan, Kediri”

  1. Apakah ada koneksi wifi gratis disana? Atau setidaknya adakah warkop yg jualan voucher wifi di wisata bukit tanggulasi?

  2. Kolam renang wisata Bukit Gandrung tanggulasi Kayaknya lebih menarik daripada video berfoto lainnya. Kenapa tidak diambil kan foto di situ?

  3. Apakah ada tempat penginapan atau losmen murah di sekitar lokasi objek wisata Bukit Gandrung tanggulasi? Kalau ada saya minta nomor kontaknya karena Kebetulan kami sekeluarga berencana berlibur ke daerah Kandangan, Wonosalam, dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *