Study Tour Murid SDN Latsari ke Obyek Wisata Museum Trowulan Mojokerto

Airy Room - Aplikasi Booking Hotel Murah Terpercaya
Airy Room – Aplikasi Booking Hotel Murah Terpercaya

Masih belum hilang rasa capek saya karena tadi malam saya mengikuti perkemahan pramuka penggalang di Padepokan Wonosalam Lestari, pagi hari ini (19/10/2019) saya kembali melanjutkan aktivitas. Pukul 05.00 WIB saya bergegas menuruni punggung Gunung Anjasmoro dengan sepeda motor. Rasa dingin udara pegunungan tidak terasa akibat saya terburu waktu. Pagi ini saya dan tujuh orang guru lain mendampungi kegiatan study tour murid-murid kelas 4, kekas 5 dan kelas 6 SD Negeri Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Saya telah melakukan survey pendahuluan ke Trowulan pekan lalu. Saya sangat antusias menyambut study tour ini.

Tempat Wisata Sejarah di Mojoketo

Acara study tour kali ini merupakan bagian dari program Kegiatan Tengah Semester (KTS) SDN Latsari. Kegiatan tengah semester mengambil tujuan di beberapa tempat wisata bersejarah di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur. Sepekan yang lalu saya telah melakukan survey terkait harga tiket masuk, tarif jasa pemandu wisata dan penyewaan mobil untuk menunjang kegiatan studi tour ke Trowulan. Liburan ke beberapa tempat wisata bersejarah di Trowulan Mojokerto meliputi Pusat Informasi Majapahit, obyek wisata Mahavihara Budha Tidur, dan tempat wisata Candi Brahu.

Acara liburan ke obyek wisata bersejarah di Trowulan dimulai pukul 07.30 WIB. Setelah mengikuti kegiatan berdoa bersama, para siswa bergerak ke arah kendaraan yang akan mengantar mereka ke tujuan study tur pertama, yaitu Pusat Informasi Majapahit (PIM). Pusat Informasi Majapahit atau lebih dikenal sebagai Museum Trowulan adalah tempat penyimpanan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit. Tempat wisata Museum Trowulan adalah tempat wisata bersejarah yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Kabupaten Mojokerto. Destinasi wisata Museum Trowulan menjadi obyek wisata di Mojokerto yang menawarkan ilmu pengetahuan sejarah Kerajaan Majapahit yang menjadi cikal bakal berdirinya Nusantara.

Harga Tiket Masuk Museum Trowulan

Tiket masuk ke obyek wisata Museum Trowulan di Mojokerto untuk anak-anak sebesar Rp2.500 per orang. Sedangkan wisatawan dari kelompok usia dewasa harga tiket masuknya sebesar Rp5.000 per orang. Jangan khawatir, ada diskon harga tiket masuk untuk rombongan wisatawan pelajar. Petugas tiket melayani dengan ramah dan beraahabat. Harga tiket masuk Museum Trowulan terbilang murah jika dibandingkan dengan besarnya informasi dan manfaat yang akan kita dapatkan setelah mengunjungi tempat wisata bersejarah ini.

Selain membayar tiket masuk, anda perlu membayar biaya parkir kendaraan mobil sebesar Rp5.000 per mobil. Jika anda ingin menyewa jasa pemandu wisata atau tour guide, maka besarnya komisi (fee) pemandu wisata tergantung kepada kemampuan masing-masing lembaga tempat anda bekerja. Sebagai gambaran umum adalah tarif pemandu wisata di daerah Mojokerto berkisar antara Rp100.000 hingga Rp200.000 per jam per orang. Sesuaikan kemampuan Anda dalam memberi fee kepada tour guide.

Wisata Edukasi di Mojokerto

Setiap murid SDN Latsari yang mengikuti kegiatan studi tour di Museum Trowulan diwajibkan membuat laporan tertulis. Laporan tersebut berisi nama-nama benda bersejarah, tahun penemuan, tempat penemuan, bahan pembuatan, dan kegunaan benda tersebut. Anak-anak tampak bersemangat menjalankan tugas mereka di area museum. Penjelasan dari pemandu wisata (tour guide) Museum Trowulan cukup membantu mereka dalam menyelesaikan tugas laporan studi tour kali ini. Sesekali mereka bertanya kepada Bu Ambar, pemandu yang menemani kami berkeliling museum selama kurang lebih 60 menit.

Setiap siswa tampak mengamati koleksi museum dengan serius. Mereka mencatat setiap detil nama-nama benda bersejarah yang ada di Museum Trowulan. Sesekali terdengar canda-tawa diantara mereka. Tawa mereka pecah saat membaca nama-nama arca yang aneh. Setidaknya setiap anak mampu mencatat 50 buah nama-nama benda bersejarah disana, baik berupa arca batu, barang-barang logam, maupun peralatan dari tanah liat. Hampir semua koleksi tempat wisata sejarah Pusat Informasi Majapahit telah mereka kunjungi.

Manfaat Berlibur ke Museum

Anak-anak mengikuti kegiatan berlibur dan belajar ke tempat wisata Museum Trowulan Mojokerto dengan senang. Mereka berlarian di atas tangga dan panggung yang mengelilingi tiga kompleks pemukiman Majapahit. Kompleks pemukiman Majapahit itu tertata secara rapi. Wisatawan anak-anak dapat melihat kompleks bangunan pemukiman Majapahit dari atas dan membayangkan seolah-olah mereka sedang berada di kehidupan masa lalu. Inilah salah satu bentuk pembelajaran di luar ruangan yang membantu anak dalam mengembangkan imajinasi dan daya kreasi. Setiap guru perlu menerapkan metode ini sebagai variasi kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan berlibur ke tempat wisata bersejarah di Trowulan Mojokerto juga membantu meningkatkan kesadaran para siswa untuk menjaga dan melestarikan berbagai peninggalan bersejarah yang ada di sekitar mereka. Mungkin selama ini mereka kurang tahu bahwa peralatan rumah tangga yang mereka gunakan sehari-hari merupakan warisan budaya nenek moyang mereka sejak zaman dahulu. Semoga anak-anak dapat menghargai kearifan lokal dan budaya daerah yang ada di sekitarnya. Nantikan kelanjutan artikel acara jalan-jalan dan study tur berikutnya di Mahavihara Budha Tidur dan Candi Brahu. Mari menjelajahi beragam tempat wisata bersejarah di Indonesia!

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Study Tour Murid SDN Latsari ke Obyek Wisata Museum Trowulan Mojokerto”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *